Pertumbuhan Adobe Berkat Langganan dan AI, Tantangan di Tengah Persaingan Besar
Courtesy of YahooFinance

Pertumbuhan Adobe Berkat Langganan dan AI, Tantangan di Tengah Persaingan Besar

Menyampaikan perkembangan positif Adobe dalam pendapatan langganan dan inovasi AI yang mendorong pertumbuhan produk serta prospek keuangan perusahaan meskipun menghadapi persaingan ketat dan sentimen pasar negatif.

03 Sep 2025, 00.30 WIB
139 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Pendapatan langganan Adobe mengalami pertumbuhan yang signifikan, didorong oleh inovasi dalam produk AI.
  • Acrobat dan Express menunjukkan pertumbuhan pengguna aktif yang kuat, dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif bulanan.
  • Adobe berusaha untuk memperluas jangkauan pasar dengan produk baru seperti Acrobat Studio yang mengintegrasikan AI.
Amerika Serikat - Adobe melaporkan pendapatan dari layanan langganan yang meningkat sebesar 11,5% menjadi 5,64 milyar dolar Amerika Serikat di kuartal kedua fiskal 2025. Pendapatan ini membentuk 96% dari total pendapatan perusahaan untuk periode tersebut. Pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh segmen profesional bisnis dan konsumen yang naik 15% menjadi 1,6 milyar dolar, serta segmen kreatif dan pemasaran yang meningkat 10% sampai 11% dalam mata uang konstan.
Produk andalan Adobe seperti Acrobat dan Express terus menunjukkan pertumbuhan kuat dengan jumlah pengguna aktif bulanan yang meningkat lebih dari 25% year over year, mencapai lebih dari 700 juta pengguna. Selain itu, integrasi fitur AI di Acrobat, khususnya Acrobat AI Assistant, membantu pengguna dalam mengakses konten lebih cepat dan membuat presentasi dengan lebih baik dan interaktif.
Adobe menambahkan 8.000 pelanggan baru untuk produk Express, termasuk perusahaan besar seperti Microsoft, ServiceNow, Workday, dan Intuit. Peluncuran Acrobat Studio yang menggabungkan Acrobat, Express, dan AI diharapkan memperkuat posisi Adobe di kalangan profesional bisnis, kreatif, dan pelajar dengan menawarkan pusat pengetahuan berbasis PDF yang interaktif dan dapat disesuaikan dengan asisten AI.
Pada kuartal ketiga fiskal 2025, Adobe memperkirakan pendapatan langganan Digital Experience akan mencapai antara 1,35 sampai 1,36 milyar dolar, dengan perkiraan konsensus Zacks sebesar 1,36 milyar. Digital Media subscription diproyeksi tumbuh 9% secara year over year menjadi 4,27 milyar dolar. Namun, saham Adobe justru mengalami penurunan hampir 20% sejak awal tahun, berbeda dengan kenaikan 12,9% di sektor teknologi secara umum.
Meskipun pendapatan dan penerapan AI meningkat, Adobe tetap berada di posisi kalah jauh dibandingkan Microsoft dan Alphabet dalam hal skala bisnis AI dan jumlah pengguna AI aktif. Microsoft dan Alphabet sudah memiliki produk AI dengan pengguna sangat besar seperti Microsoft 365 Copilot dan Google AI Overview. Adobe harus terus berinovasi untuk mempertahankan posisinya di pasar yang sangat kompetitif ini.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/adbes-ai-focus-aids-subscription-173000319.html

Analisis Kami

"Adobe menunjukkan arah strategis yang tepat dengan mengintegrasikan AI dalam produk utamanya, khususnya Acrobat dan Express, untuk mempercepat proses kreatif dan produktivitas pengguna. Namun, posisi saham yang menurun dan peringkat jual menunjukkan investor masih waspada terhadap tantangan kompetitif dan ketidakpastian pasar AI yang sangat dinamis."

Analisis Ahli

Satya Nadella
"Integrasi AI dalam produk harus fokus pada pengalaman pengguna dan produktivitas nyata agar bisa bersaing dengan Microsoft Copilot yang sudah mendapatkan 100 juta pengguna aktif bulanan."
Sundar Pichai
"Pemanfaatan AI sebagai fitur inti produk bukan hanya soal teknologi, tapi juga tentang bagaimana mengubah cara pengguna berinteraksi dengan konten dan data secara lebih intuitif."

Prediksi Kami

Adobe akan terus memperluas penggunaan AI dalam produk kreatif dan bisnisnya serta meningkatkan jumlah pelanggan berlangganan, meskipun masih perlu memperkuat posisi terhadap pesaing besar dalam segmen AI yang lebih luas.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi penyebab utama pertumbuhan pendapatan langganan Adobe?
A
Pertumbuhan pendapatan langganan Adobe disebabkan oleh peningkatan 11,5% tahun ke tahun dan pertumbuhan dalam grup profesional bisnis dan konsumen.
Q
Bagaimana produk Acrobat dan Express saling melengkapi?
A
Produk Acrobat dan Express saling melengkapi dengan AI Assistant yang membantu pengguna mengkonsumsi konten lebih cepat dan alat pembuatan konten yang kaya dalam Express.
Q
Apa yang diharapkan Adobe untuk pendapatan Digital Experience di kuartal ketiga?
A
Adobe mengharapkan pendapatan Digital Experience sekitar 1,35 hingga 1,36 miliar dolar untuk kuartal ketiga.
Q
Siapa saja perusahaan besar yang menjadi pelanggan baru Adobe Express?
A
Perusahaan besar yang menjadi pelanggan baru Adobe Express termasuk Microsoft, ServiceNow, Workday, dan Intuit.
Q
Bagaimana posisi Adobe dibandingkan dengan Microsoft dan Alphabet dalam hal AI?
A
Adobe memiliki bisnis AI yang lebih kecil dibandingkan Microsoft dan Alphabet, yang lebih maju dalam memanfaatkan AI untuk pertumbuhan.

Artikel Serupa

Adobe vs Pegasystems: Siapa Jawara Transformasi Digital Berbasis AI?YahooFinance
Finansial
21 hari lalu
83 dibaca

Adobe vs Pegasystems: Siapa Jawara Transformasi Digital Berbasis AI?

Strategi AI Adobe Memperkuat Platform Kreatif di Tengah Persaingan Teknologi BesarYahooFinance
Teknologi
26 hari lalu
48 dibaca

Strategi AI Adobe Memperkuat Platform Kreatif di Tengah Persaingan Teknologi Besar

Adobe Hadapi Tantangan AI dan Laporan Keuangan Q2, Saham Turun Tapi Potensi Tetap AdaYahooFinance
Finansial
3 bulan lalu
162 dibaca

Adobe Hadapi Tantangan AI dan Laporan Keuangan Q2, Saham Turun Tapi Potensi Tetap Ada

Adobe Ubah Paket Creative Cloud Pro dengan Fitur Baru dan Harga Naik di Amerika UtaraYahooFinance
Teknologi
4 bulan lalu
241 dibaca

Adobe Ubah Paket Creative Cloud Pro dengan Fitur Baru dan Harga Naik di Amerika Utara

Bagaimana Tarif dan AI Mempengaruhi Saham Adobe dan Prospek EkonomiYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
105 dibaca

Bagaimana Tarif dan AI Mempengaruhi Saham Adobe dan Prospek Ekonomi

Adobe Hadapi Tantangan Monetisasi AI, Saham Turun 4 PersenReuters
Teknologi
6 bulan lalu
123 dibaca

Adobe Hadapi Tantangan Monetisasi AI, Saham Turun 4 Persen