Courtesy of YahooFinance
Ekspansi dan Inovasi Perusahaan Pengiriman Paket Non-Tradisional untuk Hadapi Persaingan Ketat
Memberikan informasi tentang ekspansi jaringan, investasi teknologi, dan kemitraan strategis dari perusahaan pengiriman paket non-tradisional untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dan perubahan dalam industri pengiriman paket.
23 Okt 2025, 22.17 WIB
16 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Persaingan di sektor pengiriman paket semakin ketat dengan banyaknya penyedia baru.
- Perusahaan seperti Veho dan Gofo berinvestasi dalam teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengiriman bagi konsumen.
- Model pengemudi gig menjadi solusi yang menarik bagi perusahaan pengiriman untuk menekan biaya dan meningkatkan efisiensi.
Amerika Serikat - Persaingan dalam bisnis pengiriman paket jarak terakhir di Amerika Serikat semakin ketat, terutama karena perusahaan tradisional seperti FedEx dan UPS mulai kehilangan pangsa pasar. Perusahaan baru yang menggunakan pengemudi gig dan teknologi aplikasi untuk mencocokkan pengiriman menawarkan tarif lebih rendah dan waktu pengiriman satu sampai tiga hari.
Veho, salah satu pemain utama, memperluas layanan mereka ke beberapa kota baru termasuk Ann Arbor, Akron, dan daerah di Carolina Utara, dengan target menjangkau 60 pasar dan 128 juta konsumen pada akhir 2025. Mereka juga menambah kapasitas hub pemrosesan paket di wilayah Selatan untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman saat musim puncak.
Untuk mendukung layanan pengiriman yang lebih efektif dan mendapatkan kepercayaan pelanggan e-commerce, Veho mengangkat Neel Madhvani sebagai chief product officer. Madhvani berfokus untuk mengembangkan produk yang memberi konsumen lebih banyak kontrol dan opsi dalam pengiriman, serta mengintegrasikan pengalaman belanja hingga pengiriman sebagai satu kesatuan.
Selain Veho, perusahaan lain seperti SpeedX berencana untuk memperluas cakupan pelayanan di lebih dari 15.000 kode pos AS pada kuartal pertama 2026. Gofo juga menandatangani kemitraan strategis dengan Cirro E-commerce dan membuka super hub baru di Newark dan Los Angeles untuk mendukung pertumbuhan selama musim puncak.
Meskipun teknologi pengiriman sudah termasuk fitur pelacakan dan pengaturan pengiriman, kemampuan untuk mempercepat atau memperlambat pengiriman secara real-time masih sulit direalisasikan dan dianggap kurang efisien oleh sejumlah pakar. Oleh karena itu, model pengiriman menggunakan pusat pengambilan dan loker menjadi solusi yang lebih praktis bagi konsumen.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/independent-parcel-carriers-continue-network-151703957.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/independent-parcel-carriers-continue-network-151703957.html
Analisis Ahli
Satish Jindel
"Mengusulkan FedEx mengadopsi model pengemudi gig untuk meningkatkan efisiensi dan merebut pasar dari pesaing."
John Costanzo
"Menganggap pengaturan kecepatan pengiriman dalam rute yang sedang berlangsung sulit dan tidak efisien, serta lebih menyarankan penggunaan pusat pengiriman dan loker paket."
Analisis Kami
"Model pengiriman menggunakan pengemudi gig memang dapat menekan biaya, tetapi keberlanjutan jangka panjangnya masih diragukan karena tantangan operasional dan margin keuntungan yang tipis. Di sisi lain, investasi besar dalam teknologi dan kapasitas perlu dipadukan dengan inovasi dalam layanan agar dapat benar-benar menarik konsumen dan mempertahankan kepercayaan merek."
Prediksi Kami
Seiring persaingan yang semakin ketat, akan terjadi konsolidasi di antara perusahaan pengiriman non-tradisional, sementara perusahaan besar seperti FedEx dapat mulai mengadopsi model pengemudi gig untuk tetap kompetitif dan meningkatkan profitabilitas.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang dilakukan Veho dalam ekspansi baru-baru ini?A
Veho baru saja menambahkan Ann Arbor, Akron, dan Greensboro/Winston-Salem ke area layanannya, yang bertujuan untuk mencapai 60 pasar pada akhir 2025.Q
Siapa Neel Madhvani dan apa perannya di Veho?A
Neel Madhvani adalah Chief Product Officer di Veho, yang bertanggung jawab untuk memastikan produk yang dikembangkan sesuai dengan harapan pengirim e-commerce.Q
Apa rencana SpeedX untuk memperluas jangkauan mereka?A
SpeedX berencana untuk melayani lebih dari 15.000 kode pos di AS pada kuartal pertama 2026, meningkat dari 11.000 saat ini.Q
Mengapa FedEx disarankan untuk mengadopsi model pengemudi gig?A
Satish Jindel dari ShipMatrix menyarankan agar FedEx mengadopsi model pengemudi gig untuk meningkatkan pangsa pasar dan laba mereka.Q
Apa yang membuat Gofo menjadi pilihan bagi merek ritel dalam pengiriman paket?A
Gofo mengumumkan kemitraan strategis dengan Cirro E-commerce untuk menambahkan mereka ke dalam daftar penyedia pengiriman yang ditawarkan kepada merek ritel.