Courtesy of SCMP
Comac Kirim Tim Ke CFM Percepat Pasokan Mesin Leap-1C untuk Pesawat C919
Mempercepat pengadaan dan produksi mesin Leap-1C untuk pesawat C919 dengan mengatasi kendala pasokan yang terjadi akibat krisis di industri penerbangan global, agar produksi pesawat nasional China bisa meningkat dan memenuhi permintaan pasar.
11 Nov 2025, 21.00 WIB
170 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Comac sedang berupaya untuk memenuhi permintaan mesin dengan mengirim tim ke pemasok di luar negeri.
- Mesin Leap-1C yang diproduksi oleh CFM International sangat penting untuk produksi pesawat C919.
- Kekurangan mesin saat ini dapat berkurang jika faktor politik dan kapasitas produksi membaik di tahun depan.
Shanghai, China - Comac, perusahaan pembuat pesawat milik negara China, sedang berusaha keras untuk mengamankan pasokan mesin pesawat Leap-1C yang diproduksi oleh CFM International. Mesin ini dibutuhkan untuk produksi pesawat C919, yang merupakan pesawat penumpang buatan dalam negeri China dengan harapan dapat bersaing di pasar global.
Namun, produksi pesawat C919 sedang terhambat karena kekurangan mesin Leap-1C. Beberapa pesawat yang sudah hampir selesai di pabrik Comac di Shanghai tidak bisa dilengkapi mesinnya dan akhirnya tidak bisa diserahkan ke maskapai yang memesan pesawat tersebut.
CFM International adalah sebuah perusahaan patungan antara GE Aerospace dari Amerika Serikat dan Safran Aircraft Engines dari Prancis. Mesin Leap-1C diproduksi di fasilitas mereka dekat Paris, dan Comac mengirimkan tim yang terdiri dari eksekutif dan teknisi ke sana untuk memperbaiki komunikasi dan memastikan pengiriman mesin berjalan lancar.
Para sumber mengatakan bahwa tim dari Comac sering bolak-balik antara Shanghai dan fasilitas produksi mesin di Paris untuk membahas pasokan Leap-1C. Langkah ini penting karena saat ini ada krisis pasokan komponen pesawat secara global yang juga berdampak pada produksi mesin.
Para ahli dan pengamat industri berharap bahwa kondisi pasokan akan mulai membaik pada tahun depan jika ketegangan politik antara China dan negara-negara Barat mereda dan kapasitas produksi dari pemasok mesin ini bisa ditingkatkan. Namun, hal ini masih sangat tergantung pada situasi geopolitik dan kemampuan pabrik memproduksi mesin dalam jumlah lebih besar.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/economy/global-economy/article/3332368/c919-output-falters-chinas-comac-scrambles-western-engines-amid-global-bottleneck?module=china_future_tech&pgtype=section
[1] https://www.scmp.com/economy/global-economy/article/3332368/c919-output-falters-chinas-comac-scrambles-western-engines-amid-global-bottleneck?module=china_future_tech&pgtype=section
Analisis Ahli
Andreas Spaeth (Analis Industri Penerbangan)
"Pendekatan langsung Comac ke pemasok merupakan tanda bahwa mereka serius menangani masalah produksi, namun solusi jangka panjang tetap harus fokus pada pengembangan kapabilitas dalam negeri agar tidak bergantung pada pemasok asing, terutama di tengah ketegangan geopolitik yang terus berlanjut."
Analisis Kami
"Langkah Comac mengirimkan tim langsung ke pabrik CFM adalah strategi cerdas untuk memperbaiki komunikasi dan mengurangi risiko keterlambatan pengiriman, yang selama ini menjadi kendala utama. Namun, ketergantungan pada teknologi luar masih menjadi kelemahan serius bagi industri penerbangan domestik China yang harus mulai benar-benar mempercepat pengembangan mesin sendiri."
Prediksi Kami
Jika ketegangan politik dengan negara-negara Barat berkurang dan kapasitas produksi CFM meningkat, kekurangan mesin Leap-1C yang menghambat produksi pesawat C919 kemungkinan akan teratasi pada tahun depan, sehingga Comac dapat mempercepat pengiriman pesawat ke maskapai.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan Comac mengirim tim ke pemasok di luar negeri?A
Tujuan Comac mengirim tim ke pemasok di luar negeri adalah untuk memperlancar komunikasi dan memastikan pengiriman mesin Leap-1C.Q
Apa yang menjadi fokus diskusi dalam kunjungan Comac ke fasilitas produksi mesin?A
Fokus diskusi dalam kunjungan Comac adalah mengenai mesin Leap-1C yang diproduksi oleh CFM International.Q
Mengapa produksi pesawat C919 terhambat?A
Produksi pesawat C919 terhambat karena beberapa kerangka pesawat yang belum selesai tidak dapat diserahkan kepada maskapai penerbangan karena menunggu mesin.Q
Siapa yang memproduksi mesin Leap-1C?A
Mesin Leap-1C diproduksi oleh CFM International, yang merupakan kerjasama antara GE Aerospace dan Safran.Q
Apa yang diharapkan oleh Comac terkait tekanan politik dan kapasitas di masa depan?A
Comac berharap dapat memperoleh bantuan dan mengatasi kekurangan mesin jika ketegangan politik dan keterbatasan kapasitas mereda di masa depan.