Einride Siap Jadi Perusahaan Publik, Mempercepat Truk Otonom Listrik Global
Courtesy of Forbes

Einride Siap Jadi Perusahaan Publik, Mempercepat Truk Otonom Listrik Global

Menginformasikan tentang langkah strategis Einride menjadi perusahaan publik melalui penggabungan dengan SPAC, memperkuat posisi dalam industri pengiriman barang listrik dan otonom, serta ekspansinya terutama di pasar AS dan Eropa.

13 Nov 2025, 05.58 WIB
255 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Einride berusaha untuk memimpin transisi industri pengangkutan ke kendaraan listrik dan otonom.
  • Perusahaan menunjukkan kemajuan signifikan dalam regulasi dan penerapan teknologi otonom di berbagai negara.
  • Model bisnis mereka yang inovatif memungkinkan pertumbuhan dan diversifikasi pendapatan yang berkelanjutan.
Stockholm, Swedia - Einride AB, perusahaan teknologi asal Swedia yang fokus pada truk listrik dan otonom, berencana menjadi perusahaan publik di NYSE melalui gabungan bisnis dengan Legato Merger Corp. III. Ini merupakan langkah besar yang akan memperkuat posisi Einride sebagai platform teknologi freight otonom dan listrik pertama di pasar modal publik.
Perusahaan ini telah beroperasi di tujuh negara dan memiliki lebih dari 25 pelanggan perusahaan terbuka, dengan sekitar 200 kendaraan listrik yang dikelola. Einride menawarkan layanan Freight-Capacity-as-a-Service dan juga menyediakan lisensi perangkat lunak AI serta sistem mengemudi otonom sebagai Software-as-a-Service kepada pihak ketiga.
Einride menunjukkan catatan kuat dalam operasional otonom, dengan 1.700 jam bebas sopir dan 11 juta0.00 km (mil) perjalanan listrik tanpa kecelakaan. Mereka juga mampu menjaga tingkat ketepatan waktu hingga 99,7% dan menurunkan biaya kepemilikan kendaraan hingga 13% dibandingkan dengan kendaraan diesel.
Mereka juga memperoleh izin resmi pertama di dunia untuk operasi kendaraan berat otonom tanpa kabin di jalan umum, menunjukkan kepemimpinan regulasi dan keamanan yang tinggi. Pasar AS menjadi target utama ekspansi dengan investasi untuk memperluas supply chain domestik, R&D, dan menciptakan lapangan kerja.
Pendanaan melalui SPAC senilai sekitar 219 juta USD dan tambahan investasi PIPE hingga 100 juta USD akan mempercepat pertumbuhan dan perluasan Einride. Di pasar otonom, mereka akan bersaing dengan perusahaan seperti Gatik, khususnya di sektor jarak pendek, namun pasar masih cukup luas untuk banyak pemain.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/richardbishop1/2025/11/12/einride-to-go-public-powering-deployment-of-evav-freight-services/

Analisis Ahli

Roozbeh Charli
"Positif terhadap evolusi regulasi terutama di EU dan AS dengan kemampuan untuk bekerja sama dengan otoritas lokal dan memberdayakan deployment di berbagai wilayah."
Robert Falck
"Yakin bahwa Einride telah membangun fondasi kuat dan siap mengubah industri logistik ke arah operasi listrik dan otonom."
Eric Rosenfeld
"Memandang Einride sebagai pemimpin teknologi yang siap memanfaatkan transformasi besar dalam industri freight dengan posisi pasar yang kuat dan teknologi unggulan."

Analisis Kami

"Strategi Einride untuk membangun sekaligus menjual kendaraan beserta platform AI mereka memberi mereka keunggulan diferensiasi dibandingkan pesaing yang hanya berfokus pada teknologi autonomous tanpa manufaktur kendaraan. Namun, skala dan kecepatan ekspansi di pasar AS akan menjadi tantangan utamanya menghadapi kompetitor yang sudah lebih mapan seperti Gatik."

Prediksi Kami

Dengan pendanaan dari SPAC dan investasi PIPE, Einride kemungkinan akan mempercepat deploy truk otonom dan teknologi AI mereka di AS dan Eropa, bersaing langsung dengan perusahaan seperti Gatik dalam segmen short haul.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diumumkan Einride AB dan Legato Merger Corp. III?
A
Einride AB dan Legato Merger Corp. III mengumumkan perjanjian kombinasi bisnis yang akan membawa Einride menjadi perusahaan publik yang terdaftar di NYSE.
Q
Apa model bisnis yang digunakan Einride?
A
Model bisnis Einride menggabungkan Freight-Capacity-as-a-Service (FCaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS) untuk menawarkan layanan pengangkutan dan lisensi teknologi.
Q
Siapa pelanggan utama Einride?
A
Pelanggan utama Einride termasuk GE Appliances dan Apotea, apotek online terkemuka di Swedia.
Q
Bagaimana Einride mengatasi tantangan regulasi untuk kendaraan otonom?
A
Einride telah berhasil mendapatkan izin untuk operasi kendaraan otonom di beberapa negara, menunjukkan rekam jejak yang baik dalam kepatuhan regulasi.
Q
Apa yang diharapkan setelah transaksi dengan Legato Merger Corp. III?
A
Setelah transaksi, Einride diharapkan untuk memperluas operasi dan meningkatkan skala penerapan sistem otonom di pasar baru.