Terobosan Pengisian Daya Nirkabel Truk Listrik Di Jalan Raya 65 mph
Courtesy of InterestingEngineering

Terobosan Pengisian Daya Nirkabel Truk Listrik Di Jalan Raya 65 mph

Membuktikan bahwa teknologi pengisian daya nirkabel dinamis untuk truk listrik dengan daya tinggi saat melaju di jalan raya tidak hanya layak secara teknis tetapi juga dapat diterapkan secara luas dan berpotensi mengubah cara pengisian kendaraan listrik berat di masa depan.

07 Des 2025, 12.00 WIB
82 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Teknologi pengisian nirkabel dapat merevolusi transportasi kendaraan listrik.
  • Sistem ini mampu mentransfer daya yang signifikan saat kendaraan bergerak.
  • Proyek ini merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan infrastruktur transportasi listrik yang lebih efisien.
West Lafayette, Amerika Serikat - Para insinyur di Amerika Serikat telah berhasil melakukan terobosan penting dengan menguji coba pengisian daya nirkabel pada truk listrik kelas berat yang melaju di jalan raya dengan kecepatan tinggi. Eksperimen ini dilakukan di West Lafayette, Indiana, oleh para peneliti dari Purdue University yang memasang sistem pengisian suhu tinggi di bawah jalan beton.
Truk listrik yang digunakan dimodifikasi khusus dan saat melaju dengan kecepatan 104.61 km/jam (65 mph) mampu menerima daya sekitar 190 kilowatt secara langsung ke baterainya melalui sistem koil daya yang tertanam di bawah permukaan jalan. Daya ini setara dengan penggunaan listrik oleh sekitar 100 rumah tangga, menunjukkan kemampuan besar sistem ini.
Cara kerja sistem ini menggunakan koil pengirim yang menghasilkan medan magnet dan koil penerima yang dipasang di truk. Medan magnet tersebut mentransfer energi listrik secara efisien melintasi beton, memungkinkan pengisian baterai secara real time ketika kendaraan bergerak tanpa henti.
Sistem ini dirancang untuk truk kelas berat dengan kapasitas energi yang sangat besar, sehingga kendaraan yang lebih ringan juga dapat memanfaatkan teknologi ini. Dengan adanya teknologi pengisian daya secara terus-menerus, ukuran baterai kendaraan di masa depan bisa dibuat lebih kecil dan ringan, memperbaiki efisiensi dan menghilangkan rasa takut kehabisan baterai.
Proyek ini merupakan bagian dari ASPIRE, sebuah pusat riset yang didukung oleh National Science Foundation, yang bertujuan mengembangkan infrastruktur transportasi listrik yang lebih maju. Teknologi ini berpotensi menjadi solusi nyata untuk meningkatkan transportasi komersial yang lebih bersih dan efisien di masa depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/us-roadway-charges-electric-trucks

Analisis Ahli

Dionysios Aliprantis
"Mentransfer daya melalui medan magnet untuk kendaraan berat yang bergerak cepat dan melalui beton adalah tantangan teknik yang sangat kompleks yang membutuhkan akurasi tinggi."
John Kresse
"Teknologi ini memiliki potensi besar karena mampu menyediakan daya tinggi dengan biaya yang menjanjikan, sehingga bisa menjadi solusi praktis untuk transportasi komersial masa depan."
John Haddock
"Sistem ini bisa menghilangkan kecemasan jarak tempuh dengan menyediakan pengisian daya terus-menerus, membuka peluang bagi baterai kendaraan yang lebih kecil dan lebih ringan."

Analisis Kami

"Terobosan ini merupakan sebuah lompatan besar dalam teknologi pengisian daya kendaraan listrik yang selama ini terbatasi oleh kecepatan dan kapasitas baterai. Jika dapat diimplementasikan secara luas, hal ini bisa mengubah paradigma transportasi komersial dan menurunkan emisi karbon secara signifikan."

Prediksi Kami

Teknologi ini berpotensi mempercepat transisi kendaraan berat ke listrik, mengurangi ketergantungan pada baterai besar, dan menciptakan infrastruktur baru untuk pengisian daya dinamis di jalan raya utama seluruh dunia.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan oleh para insinyur di AS terkait kendaraan listrik?
A
Para insinyur di AS telah menemukan metode pengisian nirkabel untuk kendaraan listrik yang dapat dilakukan saat truk bergerak.
Q
Di mana percobaan pengisian nirkabel truk berat dilakukan?
A
Percobaan dilakukan di sepanjang jalan raya US Highway 52/231 di West Lafayette, Indiana.
Q
Berapa banyak daya yang berhasil ditransfer selama pengujian?
A
Selama pengujian, truk berhasil menarik daya sebesar 190 kilowatt.
Q
Siapa yang menyediakan truk listrik untuk demonstrasi ini?
A
Truk listrik untuk demonstrasi ini disediakan oleh perusahaan Cummins.
Q
Apa keuntungan dari sistem pengisian nirkabel ini untuk kendaraan listrik?
A
Keuntungan dari sistem ini adalah dapat mengurangi ukuran baterai dan menghilangkan kecemasan tentang jarak tempuh kendaraan listrik.