
OpenAI telah memperbarui alat pencarian web ChatGPT untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik bagi pengguna. Pembaruan ini memungkinkan ChatGPT memberikan rekomendasi produk, menampilkan gambar dan ulasan, serta menyertakan tautan langsung ke halaman web untuk membeli produk. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan yang sangat spesifik dalam bahasa alami dan menerima hasil yang disesuaikan.
Fitur ini diluncurkan di model AI default untuk ChatGPT, GPT-4o, untuk pengguna Pro, Plus, dan Gratis, serta pengguna yang tidak masuk di seluruh dunia. OpenAI mengklaim bahwa hasil belanja akan didasarkan pada metadata terstruktur dari pihak ketiga seperti harga, deskripsi produk, dan ulasan. Selain itu, OpenAI tidak akan menerima komisi dari pembelian yang dilakukan melalui pencarian ChatGPT.
CEO OpenAI, Sam Altman, mengatakan bahwa dia terbuka untuk iklan yang 'berkelas' di mana OpenAI mengenakan biaya afiliasi untuk pembelian yang dilakukan melalui ChatGPT tetapi tidak menjual penempatan prioritas dalam hasil mereka. Fitur memori akan diintegrasikan dengan belanja untuk pengguna Pro dan Plus, memungkinkan rekomendasi produk yang sangat personal. Namun, fitur memori ini tidak akan tersedia untuk pengguna di UE, Inggris, Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.