Courtesy of Forbes
Pada tahun 2024, banyak CMO (Chief Marketing Officers) yang mencoba membedakan antara fakta dan fiksi terkait dengan berita seputar generative AI (genAI) yang terus beredar. Namun, di tahun 2025, mereka diharapkan akan lebih fokus pada pengelolaan operasional pemasaran, termasuk konsolidasi teknologi pemasaran, hukum privasi konsumen, dan otomatisasi AI. CMO akan lebih bergantung pada tim mereka untuk mengelola kegiatan sehari-hari agar bisa memimpin dengan lebih baik di tengah peluang yang ada, meningkatkan efektivitas, dan menumbuhkan kreativitas.
Prediksi untuk tahun 2025 mencakup perubahan signifikan di dunia pemasaran B2C, termasuk integrasi strategi data yang lebih baik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan adanya undang-undang privasi baru yang berlaku, CMO harus menavigasi berbagai persyaratan hukum yang berbeda, yang bisa menjadi tantangan. Oleh karena itu, penting bagi para pemasar untuk bersiap menghadapi kebingungan dan perbedaan dalam pelaksanaan hukum privasi yang baru.