Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Baterai pesawat listrik yang dapat dibengkokkan dan memiliki terobosan ini mempertahankan kapasitas 85% setelah 100 siklus.
Courtesy of InterestingEngineering
Teknologi
Kendaraan Listrik dan Baterai

Baterai pesawat listrik yang dapat dibengkokkan dan memiliki terobosan ini mempertahankan kapasitas 85% setelah 100 siklus.

21 Jan 2025, 20.00 WIB
163 dibaca
Share
Peneliti di Korea Electrotechnology Research Institute (KERI) di Changwon, Korea Selatan, telah berhasil mengatasi salah satu tantangan besar dalam penggunaan baterai lithium-sulfur, yang dianggap penting untuk pengembangan teknologi mobilitas udara perkotaan (UAM). Mereka telah mengembangkan prototipe baterai berkapasitas tinggi dengan area besar, yang dapat menjadi solusi untuk transportasi listrik. Baterai lithium-sulfur memiliki kepadatan energi delapan kali lebih tinggi dibandingkan baterai lithium-ion, sehingga lebih cocok untuk aplikasi UAM. Selain itu, baterai ini menggunakan sulfur yang melimpah, menjadikannya lebih ramah lingkungan dan biaya yang lebih rendah.
Baca juga: Teknologi Cetak Baru Tingkatkan Keamanan dan Umur Baterai Lithium-Metal
Tim yang dipimpin oleh Park Jun-woo di KERI menemukan cara untuk mengatasi reaksi kimia yang tidak perlu yang terjadi selama proses pengisian dan pengosongan baterai. Mereka menggabungkan material nanotube karbon dinding tunggal (SWCNT) dengan kelompok fungsional oksigen untuk menstabilkan elektroda dan mengontrol pembentukan zat antara yang disebut polisulfida. Hasilnya, mereka berhasil merancang baterai fleksibel dengan elektroda besar yang memiliki kapasitas tinggi. Prototipe yang diuji menunjukkan bahwa baterai ini dapat mempertahankan 85 persen kapasitasnya setelah 100 siklus pengisian dan pengosongan. Penemuan ini membuka peluang untuk komersialisasi baterai lithium-sulfur generasi berikutnya di dunia nyata.
Sumber: https://interestingengineering.com/innovation/lithium-sulfur-battery-improved-south-korea

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang telah dicapai oleh peneliti di KERI terkait baterai lithium-sulfur?
A
Peneliti di KERI telah mengembangkan prototipe baterai lithium-sulfur berkapasitas tinggi dan area besar.
Q
Mengapa baterai lithium-sulfur dianggap lebih baik untuk mobilitas udara perkotaan?
A
Baterai lithium-sulfur memiliki densitas energi yang delapan kali lebih tinggi dibandingkan baterai lithium-ion, sehingga lebih cocok untuk aplikasi UAM.
Q
Apa tantangan utama yang dihadapi dalam penggunaan baterai lithium-sulfur?
A
Tantangan utama termasuk reaksi kimia yang tidak perlu selama proses pengisian dan pengosongan yang dapat merusak performa baterai.
Q
Siapa yang memimpin tim penelitian di KERI dan apa perannya?
A
Tim penelitian di KERI dipimpin oleh Park Jun-woo, yang berperan penting dalam mengatasi tantangan utama baterai ini.
Q
Di mana hasil penelitian ini dipublikasikan?
A
Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Advanced Science.

Artikel Serupa

Baterai EV lithium-sulfur baru mencapai densitas energi 380 Wh/kg, menargetkan 450 Wh/kg.
Baterai EV lithium-sulfur baru mencapai densitas energi 380 Wh/kg, menargetkan 450 Wh/kg.
Dari InterestingEngineering
Baterai lithium-sulfur terobosan mempertahankan kapasitas 601 mAh/g bahkan setelah 300 siklus.
Baterai lithium-sulfur terobosan mempertahankan kapasitas 601 mAh/g bahkan setelah 300 siklus.
Dari InterestingEngineering
Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.
Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.
Dari InterestingEngineering
Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.
Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.
Dari InterestingEngineering
25.000 siklus pengisian, kapasitas 80% tercapai dalam terobosan baterai lithium-sulfur.
25.000 siklus pengisian, kapasitas 80% tercapai dalam terobosan baterai lithium-sulfur.
Dari InterestingEngineering
AS merancang elektrolit yang kuat untuk meningkatkan umur, energi, dan efisiensi baterai lithium-sulfur.
AS merancang elektrolit yang kuat untuk meningkatkan umur, energi, dan efisiensi baterai lithium-sulfur.
Dari InterestingEngineering
Baterai EV lithium-sulfur baru mencapai densitas energi 380 Wh/kg, menargetkan 450 Wh/kg.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
103 dibaca

Baterai EV lithium-sulfur baru mencapai densitas energi 380 Wh/kg, menargetkan 450 Wh/kg.

Baterai lithium-sulfur terobosan mempertahankan kapasitas 601 mAh/g bahkan setelah 300 siklus.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
117 dibaca

Baterai lithium-sulfur terobosan mempertahankan kapasitas 601 mAh/g bahkan setelah 300 siklus.

Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
52 dibaca

Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.

Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
188 dibaca

Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.

25.000 siklus pengisian, kapasitas 80% tercapai dalam terobosan baterai lithium-sulfur.InterestingEngineering
Teknologi
6 bulan lalu
154 dibaca

25.000 siklus pengisian, kapasitas 80% tercapai dalam terobosan baterai lithium-sulfur.

AS merancang elektrolit yang kuat untuk meningkatkan umur, energi, dan efisiensi baterai lithium-sulfur.InterestingEngineering
Teknologi
6 bulan lalu
62 dibaca

AS merancang elektrolit yang kuat untuk meningkatkan umur, energi, dan efisiensi baterai lithium-sulfur.