Courtesy of Axios
Perusahaan-perusahaan iklan digital terbesar di dunia mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan pada kuartal lalu, yang memberikan dorongan bagi pasar saham AS menjelang pemilihan 2024 dan memperkirakan musim liburan yang menguntungkan. Setelah beberapa tahun ketidakstabilan akibat pandemi, pasar iklan global mulai stabil. Investasi dalam produk iklan berbasis AI, peningkatan pengeluaran iklan politik terkait pemilihan mendatang, dan pengeluaran konsumen yang sehat menjadi faktor utama pertumbuhan pendapatan dan keuntungan bagi raksasa teknologi.
Pendapatan iklan Google meningkat lebih dari 10% dibandingkan tahun lalu, didorong oleh pengeluaran iklan terkait pemilihan, terutama di YouTube. Meta juga mencatat peningkatan penjualan sebesar 19% dan keuntungan 35%, meskipun sahamnya mengalami penurunan setelah jam perdagangan karena proyeksi pengeluaran yang lebih tinggi untuk AI. Sementara itu, Reddit dan Roku mencatat pertumbuhan pendapatan yang mengesankan, dengan Reddit mencapai laba pertamanya. Namun, beberapa kategori iklan masih menghadapi tekanan, terutama di kawasan Asia-Pasifik dan sektor kesehatan serta hiburan.