WPP Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Iklan Global Karena Kebijakan AS yang Tidak Pasti
Courtesy of YahooFinance

WPP Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Iklan Global Karena Kebijakan AS yang Tidak Pasti

Memberikan gambaran tentang proyeksi pertumbuhan pendapatan iklan global di tengah ketidakpastian ekonomi dan pengaruh adopsi AI dalam industri periklanan.

10 Jun 2025, 06.05 WIB
115 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Pertumbuhan pendapatan iklan global diperkirakan lebih rendah karena ketidakpastian kebijakan perdagangan.
  • Adopsi alat AI dalam periklanan semakin meningkat di tengah ketidakpastian ekonomi.
  • Digital advertising diperkirakan akan mendominasi pendapatan iklan global dalam waktu dekat.
Bengaluru, India - Pendapatan iklan global diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sekitar 6% tahun ini, sedikit menurun dibandingkan prediksi sebelumnya sebesar 7,7%. Penurunan ini disebabkan oleh ketidakpastian kebijakan perdagangan di Amerika Serikat yang membuat para pengiklan menunda keputusan dalam rencana pemasaran mereka.
Iklan digital menjadi sumber utama pendapatan bagi perusahaan besar seperti Google dan platform media sosial seperti Meta, Pinterest, Reddit, dan Snap. Bahkan, iklan digital diperkirakan akan menyumbang lebih dari tiga perempat dari total pendapatan iklan secara global tahun ini.
Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, perusahaan semakin cepat mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memproduksi dan menargetkan iklan secara lebih efisien. Meta misalnya, berencana memungkinkan merek membuat dan menargetkan iklan sepenuhnya lewat teknologi AI pada akhir tahun 2026.
Menurut laporan, pendapatan dari iklan cetak terus menurun, sementara iklan berbasis pencarian masih menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Bahkan, pengguna konten yang dibuat pengguna diperkirakan akan mendominasi pangsa pendapatan iklan melebihi konten yang dibuat secara profesional mulai tahun 2025.
Amerika Serikat tetap menjadi pasar iklan terbesar di dunia, diikuti oleh China dan Inggris. Ditengah semua perubahan ini, merek-merek diperkirakan akan lebih memilih kontrak iklan yang fleksibel serta strategi data yang aman untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi global.
Sumber: https://finance.yahoo.com/news/wpp-media-cuts-2025-global-230552586.html

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diperkirakan oleh WPP Media mengenai pertumbuhan pendapatan iklan global tahun ini?
A
WPP Media memperkirakan pertumbuhan pendapatan iklan global sebesar 6% tahun ini.
Q
Mengapa WPP Media menurunkan target pertumbuhannya?
A
WPP Media menurunkan target pertumbuhannya karena ketidakpastian mengenai kebijakan perdagangan AS.
Q
Apa dampak dari ketidakpastian ekonomi terhadap periklanan digital?
A
Ketidakpastian ekonomi mempercepat adopsi alat AI dalam produksi dan penargetan iklan.
Q
Bagaimana Meta berencana untuk menggunakan alat AI dalam iklan?
A
Meta berencana untuk memungkinkan merek sepenuhnya menciptakan dan menargetkan iklan dengan alat AI mereka pada akhir 2026.
Q
Apa proyeksi untuk pendapatan iklan cetak pada tahun ini?
A
Pendapatan iklan cetak diperkirakan akan turun 3,1% menjadi $45,5 miliar tahun ini.

Artikel Serupa

Meta Akan Gunakan AI untuk Buat dan Target Iklan Otomatis di Tahun DepanYahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
113 dibaca

Meta Akan Gunakan AI untuk Buat dan Target Iklan Otomatis di Tahun Depan

Ekspektasi Wall Street Terhadap Laporan Pendapatan Kuartal Pertama Meta PlatformsYahooFinance
Finansial
3 bulan lalu
64 dibaca

Ekspektasi Wall Street Terhadap Laporan Pendapatan Kuartal Pertama Meta Platforms

Alphabet Melonjak Berkat AI: Pendapatan Iklan Naik 8,5% di Kuartal PertamaReuters
Finansial
3 bulan lalu
176 dibaca

Alphabet Melonjak Berkat AI: Pendapatan Iklan Naik 8,5% di Kuartal Pertama

Alphabet Yakinkan Investor: Investasi AI Dorong Bisnis Iklan di Tengah Ketidakpastian EkonomiSCMP
Teknologi
3 bulan lalu
80 dibaca

Alphabet Yakinkan Investor: Investasi AI Dorong Bisnis Iklan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Laporan Pendapatan Q1 Alphabet: Dampak Tarif dan Tantangan AIYahooFinance
Finansial
3 bulan lalu
113 dibaca

Laporan Pendapatan Q1 Alphabet: Dampak Tarif dan Tantangan AI

Alphabet menghadapi pengawasan terkait pengeluaran AI saat pertumbuhan Google Cloud melambat.YahooFinance
Teknologi
5 bulan lalu
69 dibaca

Alphabet menghadapi pengawasan terkait pengeluaran AI saat pertumbuhan Google Cloud melambat.