Pengaruh AI dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Hiburan dan Media Global
Courtesy of YahooFinance

Pengaruh AI dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Hiburan dan Media Global

Menggambarkan bagaimana penggunaan kecerdasan buatan dalam periklanan membantu meningkatkan pendapatan industri hiburan dan media di tengah tantangan ekonomi global.

24 Jul 2025, 13.01 WIB
71 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kecerdasan buatan akan menjadi pendorong utama pertumbuhan pendapatan di industri media dan hiburan.
  • Iklan digital diharapkan meningkat secara signifikan, mencapai 80% dari total pendapatan iklan.
  • Industri video game diharapkan menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam pendapatan hingga tahun 2029.
Bengaluru, India - Pada masa ekonomi yang penuh ketidakpastian seperti inflasi dan perubahan kebijakan perdagangan, konsumen menjadi lebih berhati-hati dalam pengeluaran terutama untuk hiburan dan media yang dianggap bukan kebutuhan utama. Hal ini menimbulkan tantangan bagi industri hiburan dan media global yang ingin terus tumbuh dan menghasilkan pendapatan.
Menurut laporan PwC, penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam periklanan dapat menjadi solusi penting untuk meningkatkan pendapatan industri tersebut. Diprediksi penggunaan AI akan membantu memperbesar pemasukan hingga mencapai 3,5 triliun dolar AS pada tahun 2029, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 3,7%.
Selain kemajuan di area digital, segmen non-digital seperti acara langsung atau live events juga turut menopang pertumbuhan industri. Format digital sendiri akan semakin dominan, naik dari 72% pada 2024 menjadi 80% pada 2029 berkat teknologi baru seperti personalisasi yang sangat tepat sasaran melalui AI.
Pendapatan iklan dari connected TV juga menunjukkan pertumbuhan signifikan yang diperkirakan mencapai 51 miliar dolar AS pada 2029. Demikian pula, industri video game juga diproyeksikan tumbuh pesat sampai mencapai kurang lebih 300 miliar dolar AS di tahun tersebut, memperkuat posisi industri hiburan sebagai sektor yang menguntungkan.
Bart Spiegel, pemimpin global di bidang hiburan dan media PwC AS, menyatakan pentingnya perusahaan untuk tetap lincah dan inovatif dengan teknologi agar dapat memenuhi harapan konsumen yang menginginkan konten kreatif dan disesuaikan dengan selera mereka, terutama saat iklan menjadi salah satu sumber utama pendapatan di tengah tekanan ekonomi.
Sumber: https://finance.yahoo.com/news/ai-powered-ads-drive-growth-060109391.html

Artikel Serupa

Reliance India mengklaim 'pemetaan otak' untuk menarik pengiklan IPL setelah merger Disney.YahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
148 dibaca

Reliance India mengklaim 'pemetaan otak' untuk menarik pengiklan IPL setelah merger Disney.

Prediksi 2025 untuk Streaming: Inovasi Konten, Pengetatan Harga, dan KonsolidasiForbes
Teknologi
6 bulan lalu
217 dibaca

Prediksi 2025 untuk Streaming: Inovasi Konten, Pengetatan Harga, dan Konsolidasi

Mengapa Masa Depan Permainan Adalah Masa Depan TeknologiForbes
Teknologi
6 bulan lalu
214 dibaca

Mengapa Masa Depan Permainan Adalah Masa Depan Teknologi

Apa yang Selanjutnya untuk Iklan Programatik di Tahun 2025?Forbes
Bisnis
6 bulan lalu
97 dibaca

Apa yang Selanjutnya untuk Iklan Programatik di Tahun 2025?

Lingkaran Penuh? Model Iklan TV Lama Beralih ke Streaming—Tapi Dengan Sentuhan BerbedaForbes
Bisnis
6 bulan lalu
149 dibaca

Lingkaran Penuh? Model Iklan TV Lama Beralih ke Streaming—Tapi Dengan Sentuhan Berbeda

Cara Mengejutkan AI Mengubah Media dan HiburanForbes
Teknologi
7 bulan lalu
93 dibaca

Cara Mengejutkan AI Mengubah Media dan Hiburan