Pengaruh AI dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Hiburan dan Media Global
Courtesy of YahooFinance

Pengaruh AI dalam Meningkatkan Pendapatan Industri Hiburan dan Media Global

Menggambarkan bagaimana penggunaan kecerdasan buatan dalam periklanan membantu meningkatkan pendapatan industri hiburan dan media di tengah tantangan ekonomi global.

24 Jul 2025, 13.01 WIB
83 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kecerdasan buatan akan menjadi pendorong utama pertumbuhan pendapatan di industri media dan hiburan.
  • Iklan digital diharapkan meningkat secara signifikan, mencapai 80% dari total pendapatan iklan.
  • Industri video game diharapkan menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam pendapatan hingga tahun 2029.
Bengaluru, India - Pada masa ekonomi yang penuh ketidakpastian seperti inflasi dan perubahan kebijakan perdagangan, konsumen menjadi lebih berhati-hati dalam pengeluaran terutama untuk hiburan dan media yang dianggap bukan kebutuhan utama. Hal ini menimbulkan tantangan bagi industri hiburan dan media global yang ingin terus tumbuh dan menghasilkan pendapatan.
Menurut laporan PwC, penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam periklanan dapat menjadi solusi penting untuk meningkatkan pendapatan industri tersebut. Diprediksi penggunaan AI akan membantu memperbesar pemasukan hingga mencapai 3,5 triliun dolar AS pada tahun 2029, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 3,7%.
Selain kemajuan di area digital, segmen non-digital seperti acara langsung atau live events juga turut menopang pertumbuhan industri. Format digital sendiri akan semakin dominan, naik dari 72% pada 2024 menjadi 80% pada 2029 berkat teknologi baru seperti personalisasi yang sangat tepat sasaran melalui AI.
Pendapatan iklan dari connected TV juga menunjukkan pertumbuhan signifikan yang diperkirakan mencapai 51 miliar dolar AS pada 2029. Demikian pula, industri video game juga diproyeksikan tumbuh pesat sampai mencapai kurang lebih 300 miliar dolar AS di tahun tersebut, memperkuat posisi industri hiburan sebagai sektor yang menguntungkan.
Bart Spiegel, pemimpin global di bidang hiburan dan media PwC AS, menyatakan pentingnya perusahaan untuk tetap lincah dan inovatif dengan teknologi agar dapat memenuhi harapan konsumen yang menginginkan konten kreatif dan disesuaikan dengan selera mereka, terutama saat iklan menjadi salah satu sumber utama pendapatan di tengah tekanan ekonomi.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/ai-powered-ads-drive-growth-060109391.html

Analisis Kami

"Industri hiburan dan media harus terus berinovasi dengan menggunakan AI dan teknologi yang dapat menyesuaikan konten agar tetap relevan dengan kebutuhan konsumen yang semakin dinamis. Mereka yang gagal mengadopsi teknologi ini akan tertinggal dalam perlombaan menarik perhatian audiens yang terus berubah."

Analisis Ahli

Bart Spiegel
"Tekanan makroekonomi menyebabkan periklanan menjadi penopang utama untuk menjaga stabilitas pendapatan dalam industri hiburan, yang harus tetap lincah dalam mengadopsi inovasi teknologi untuk memenuhi permintaan konsumen."

Prediksi Kami

Kecerdasan buatan dan teknologi baru akan semakin mendominasi dan mengoptimalkan pendapatan iklan digital, menjadikan konten lebih personal dan relevan bagi konsumen, sehingga mempercepat transformasi industri hiburan dan media.

Artikel Serupa

AI Makin Penting untuk Bisnis Konsumen, Dampak Finansial Baru Terlihat NantiYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
117 dibaca

AI Makin Penting untuk Bisnis Konsumen, Dampak Finansial Baru Terlihat Nanti

WPP Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Iklan Global Karena Kebijakan AS yang Tidak PastiYahooFinance
Bisnis
3 bulan lalu
215 dibaca

WPP Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Iklan Global Karena Kebijakan AS yang Tidak Pasti

Legenda Hollywood Tarik Investasi Besar di AI untuk Ubah Dunia Iklan VideoYahooFinance
Teknologi
3 bulan lalu
218 dibaca

Legenda Hollywood Tarik Investasi Besar di AI untuk Ubah Dunia Iklan Video

Netflix dan Platform Streaming Jadi Pionir Iklan AI. Ini Dampaknya!InterestingEngineering
Bisnis
4 bulan lalu
219 dibaca

Netflix dan Platform Streaming Jadi Pionir Iklan AI. Ini Dampaknya!

3 Tren Utama yang Akan Mengubah Streaming di Tahun 2025Forbes
Teknologi
7 bulan lalu
281 dibaca

3 Tren Utama yang Akan Mengubah Streaming di Tahun 2025

Tren Programmatic Advertising 2025: AI, Privasi, dan Kanal Iklan BaruForbes
Bisnis
7 bulan lalu
310 dibaca

Tren Programmatic Advertising 2025: AI, Privasi, dan Kanal Iklan Baru