Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Lyft Gandeng Anthropic Bangun Asisten AI Baru untuk Layanan Pelanggan
Courtesy of TechCrunch
Teknologi
Kecerdasan Buatan

Lyft Gandeng Anthropic Bangun Asisten AI Baru untuk Layanan Pelanggan

06 Feb 2025, 21.00 WIB
143 dibaca
Share
Lyft, perusahaan layanan transportasi, telah bekerja sama dengan startup AI bernama Anthropic untuk membuat asisten AI yang dapat membantu menjawab pertanyaan awal dari pelanggan, baik pengemudi maupun penumpang. Ini adalah langkah pertama dari kolaborasi yang lebih besar untuk mengembangkan produk baru dan perangkat lunak di Lyft. Sebelumnya, Uber juga mengumumkan kemitraan serupa dengan OpenAI untuk meluncurkan asisten AI yang dapat menjawab pertanyaan pengemudi. Asisten AI yang dikembangkan oleh Lyft menggunakan model bahasa besar bernama Claude, yang dikenal mampu memberikan jawaban yang lebih mirip manusia dibandingkan chatbot lama yang seringkali membingungkan.
Baca juga: Anthropic Luncurkan Program Baru untuk Teliti Dampak AI pada Kerja dan Ekonomi
Meskipun ada harapan bahwa AI dapat meningkatkan layanan pelanggan, banyak orang masih lebih suka berbicara dengan manusia saat menghadapi masalah. Sebuah survei menunjukkan bahwa 64% pelanggan lebih memilih perusahaan tidak menggunakan AI untuk layanan pelanggan. Namun, Lyft mengklaim bahwa asisten AI mereka telah mengurangi waktu penyelesaian masalah pelanggan hingga 87% dan dapat menangani ribuan permintaan setiap hari. Selain itu, Lyft dan Anthropic juga akan bekerja sama dalam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan teknis tim Lyft, sehingga mereka dapat lebih baik bersaing dengan Uber.
--------------------
Analisis Kami: Kolaborasi Lyft dengan Anthropic menandai langkah maju penting dalam memanfaatkan AI generatif untuk pelayanan pelanggan, namun tantangan kepercayaan pengguna terhadap AI masih jadi hambatan terbesar. Jika teknologi ini bisa terus disempurnakan agar terasa lebih personal dan efektif, AI berpotensi mengurangi biaya operasional sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan.
--------------------
Analisis Ahli:
Andrew Ng: Integrasi model bahasa besar seperti Claude dalam sistem layanan pelanggan adalah contoh nyata bagaimana AI dapat mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pengguna, tetapi pendekatan ini harus diimbangi dengan transparansi dan human-in-the-loop agar mendapatkan hasil terbaik.
Fei-Fei Li: Penggunaan AI dalam layanan pelanggan harus selalu diorientasikan untuk meningkatkan pengalaman manusia, bukan sekadar efisiensi biaya, karena kepercayaan dan empati adalah kunci utama dalam interaksi pelanggan.
--------------------
Baca juga: Anthropic Luncurkan Program untuk Teliti dan Atasi Dampak Ekonomi AI
What's Next: Kolaborasi AI yang semakin dalam antara perusahaan ride-hailing dan startup AI akan mempercepat digitalisasi layanan pelanggan dan produk baru dalam industri transportasi, sehingga mungkin akan ada pengurangan tenaga manusia di layanan pelanggan sekaligus peningkatan pengalaman pengguna jika teknologi terus disempurnakan.
Referensi:
[1] https://techcrunch.com/2025/02/06/lyfts-new-ai-customer-assistant-is-powered-by-anthropics-claude/

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan kemitraan antara Lyft dan Anthropic?
A
Tujuan kemitraan antara Lyft dan Anthropic adalah untuk mengembangkan asisten AI yang dapat menangani pertanyaan layanan pelanggan dan meningkatkan produk Lyft.
Q
Apa yang dimaksud dengan Claude dalam konteks artikel ini?
A
Claude adalah keluarga model bahasa besar yang dikembangkan oleh Anthropic, yang digunakan oleh Lyft untuk memberikan respons yang lebih manusiawi dalam interaksi dengan pelanggan.
Q
Bagaimana asisten AI yang dikembangkan oleh Lyft dapat membantu layanan pelanggan?
A
Asisten AI yang dikembangkan oleh Lyft dapat membantu layanan pelanggan dengan mengurangi waktu penyelesaian masalah hingga 87% dan menangani ribuan permintaan pelanggan setiap hari.
Q
Apa hasil dari survei yang dilakukan oleh Gartner mengenai penggunaan AI dalam layanan pelanggan?
A
Hasil survei yang dilakukan oleh Gartner menunjukkan bahwa 64% pelanggan lebih memilih perusahaan tidak menggunakan AI untuk layanan pelanggan, karena interaksi dengan chatbot dapat menurunkan kepercayaan emosional.
Q
Apa yang dikatakan Jason Vogrinec tentang perubahan dalam rekayasa perangkat lunak?
A
Jason Vogrinec menyatakan bahwa rekayasa perangkat lunak telah mengalami perubahan besar dengan diperkenalkannya teknologi GenAI, yang memungkinkan pengembangan produk yang lebih efektif.

Artikel Serupa

Anthropic Siap Luncurkan Fitur Mode Suara untuk Saingi ChatGPT
Anthropic Siap Luncurkan Fitur Mode Suara untuk Saingi ChatGPT
Dari TheVerge
Anthropic Kembangkan Fitur Suara untuk Chatbot Claude agar Interaksi Lebih Alami
Anthropic Kembangkan Fitur Suara untuk Chatbot Claude agar Interaksi Lebih Alami
Dari TechCrunch
Anthropic Cari Pendanaan Besar Rp 57.56 triliun ($3,5 Miliar)  untuk Saingi OpenAI di AI Generatif
Anthropic Cari Pendanaan Besar Rp 57.56 triliun ($3,5 Miliar) untuk Saingi OpenAI di AI Generatif
Dari Reuters
Anthropic Hadirkan AI Fleksibel: Pilih Jawaban Cepat atau Mendalam Sesuai Kebutuhan
Anthropic Hadirkan AI Fleksibel: Pilih Jawaban Cepat atau Mendalam Sesuai Kebutuhan
Dari YahooFinance
Lyft Siapkan Robotaksi Swakemudi dan Kerja Sama Baru, Saham Melonjak
Lyft Siapkan Robotaksi Swakemudi dan Kerja Sama Baru, Saham Melonjak
Dari YahooFinance
AI Kini Lebih Menjadi Kolaborator, Bukan Pengganti Pekerja Manusia
AI Kini Lebih Menjadi Kolaborator, Bukan Pengganti Pekerja Manusia
Dari Axios
Lyft Gandeng Anthropic dan Amazon, AI Percepat Layanan Pelanggan Hingga 87%
Lyft Gandeng Anthropic dan Amazon, AI Percepat Layanan Pelanggan Hingga 87%
Dari YahooFinance
Anthropic Siap Luncurkan Fitur Mode Suara untuk Saingi ChatGPTTheVerge
Teknologi
4 bulan lalu
165 dibaca

Anthropic Siap Luncurkan Fitur Mode Suara untuk Saingi ChatGPT

Anthropic Kembangkan Fitur Suara untuk Chatbot Claude agar Interaksi Lebih AlamiTechCrunch
Teknologi
5 bulan lalu
600 dibaca

Anthropic Kembangkan Fitur Suara untuk Chatbot Claude agar Interaksi Lebih Alami

Anthropic Cari Pendanaan Besar Rp 57.56 triliun ($3,5 Miliar)  untuk Saingi OpenAI di AI GeneratifReuters
Teknologi
5 bulan lalu
212 dibaca

Anthropic Cari Pendanaan Besar Rp 57.56 triliun ($3,5 Miliar) untuk Saingi OpenAI di AI Generatif

Anthropic Hadirkan AI Fleksibel: Pilih Jawaban Cepat atau Mendalam Sesuai KebutuhanYahooFinance
Teknologi
5 bulan lalu
63 dibaca

Anthropic Hadirkan AI Fleksibel: Pilih Jawaban Cepat atau Mendalam Sesuai Kebutuhan

Lyft Siapkan Robotaksi Swakemudi dan Kerja Sama Baru, Saham MelonjakYahooFinance
Finansial
6 bulan lalu
52 dibaca

Lyft Siapkan Robotaksi Swakemudi dan Kerja Sama Baru, Saham Melonjak

AI Kini Lebih Menjadi Kolaborator, Bukan Pengganti Pekerja ManusiaAxios
Teknologi
6 bulan lalu
145 dibaca

AI Kini Lebih Menjadi Kolaborator, Bukan Pengganti Pekerja Manusia

Lyft Gandeng Anthropic dan Amazon, AI Percepat Layanan Pelanggan Hingga 87%YahooFinance
Teknologi
6 bulan lalu
185 dibaca

Lyft Gandeng Anthropic dan Amazon, AI Percepat Layanan Pelanggan Hingga 87%