Courtesy of YahooFinance
AS Terapkan Biaya Tinggi untuk Kapal China, Dorong Kapal dan Awak AS
23 Feb 2025, 20.50 WIB
50 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Usulan biaya baru dapat meningkatkan biaya pengiriman dan harga barang impor di AS.
- USTR menargetkan kapal dan operator yang terkait dengan China sebagai bagian dari strategi retaliasi perdagangan.
- Dampak dari kebijakan ini dapat mengubah dinamika rantai pasokan maritim secara signifikan.
Amerika Serikat mengusulkan biaya tinggi untuk kapal yang dibangun di China, yang bisa menambah jutaan dolar biaya bagi perusahaan pengangkutan yang beroperasi di pelabuhan AS. Biaya ini bisa mencapai Rp 24.67 miliar ($1,5 juta) per kunjungan pelabuhan untuk kapal yang dibuat di China, dan Rp 8.22 juta ($500.000) untuk operator kapal yang memiliki bahkan satu kapal yang dibangun di China. Rencana ini muncul setelah penyelidikan yang menemukan bahwa China menggunakan praktik perdagangan yang tidak adil untuk mendominasi pasar pengiriman dan pembuatan kapal global.
Usulan ini dapat mempengaruhi rantai pasokan maritim, karena perusahaan pengangkutan kemungkinan akan membebankan biaya baru ini kepada pengirim, yang kemudian akan menaikkan harga barang impor. Sekitar 17% kapal kontainer yang datang ke pelabuhan AS adalah buatan China, dan keputusan akhir mengenai biaya ini akan ditentukan oleh Presiden Trump. Komentar tentang rencana ini akan diterima hingga 24 Maret, ketika USTR akan mengadakan dengar pendapat publik.
--------------------
Analisis Kami: Langkah ini akan semakin memperkeruh hubungan dagang AS-China dan berpotensi menimbulkan efek domino di pasar pengiriman global. Meskipun bertujuan melindungi industri domestik, biaya tinggi ini juga bisa membebani konsumen dan perusahaan AS sendiri, menyebabkan inflasi biaya impor.
--------------------
Analisis Ahli:
Stuart Chirls: Kebijakan ini adalah respons tegas terhadap praktik perdagangan China yang tidak adil namun berisiko mengacaukan struktur pasokan dan menambah beban biaya bagi rantai pasok, terutama bagi para pelaku usaha di AS.
--------------------
What's Next: Jika proposal ini diterapkan, biaya logistik di pasar AS akan meningkat signifikan, memaksa perusahaan pelayaran dan pengirim barang menaikkan tarif mereka, yang bisa memicu ketegangan dagang yang lebih besar antara AS dan China serta gangguan pada rantai pasok global.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/us-targets-china-ships-operators-135049660.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/us-targets-china-ships-operators-135049660.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diusulkan oleh USTR terhadap kapal yang dibangun di China?A
USTR mengusulkan biaya yang tinggi untuk kapal yang dibangun di China, hingga $1,5 juta per panggilan pelabuhan di AS.Q
Berapa biaya yang akan dikenakan untuk kapal yang dibangun di China?A
Biaya yang akan dikenakan adalah $1,5 juta untuk kapal yang dibangun di China dan $500.000 untuk operator kapal yang memiliki kapal buatan China.Q
Apa dampak dari biaya baru ini terhadap rantai pasokan maritim?A
Dampak dari biaya baru ini akan mengganggu rantai pasokan maritim dan kemungkinan akan meningkatkan harga barang impor.Q
Siapa yang akan menanggung biaya tambahan ini?A
Biaya tambahan ini kemungkinan akan ditanggung oleh pengirim, yang kemudian akan meneruskan biaya tersebut kepada konsumen.Q
Apa yang menjadi latar belakang usulan biaya ini?A
Usulan biaya ini muncul setelah penyelidikan USTR yang menemukan praktik perdagangan tidak adil oleh China di pasar pengiriman dan pembuatan kapal global.