Courtesy of YahooFinance
Rencana Trump Picu Krisis Logistik Global karena Tarif Tinggi Kapal China
08 Mar 2025, 03.51 WIB
191 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Rencana Trump untuk industri pengiriman dapat menyebabkan biaya tinggi bagi konsumen.
- Perusahaan pengiriman mungkin menghindari pelabuhan kecil untuk mengurangi dampak biaya baru.
- Kebijakan pro-AS dapat memiliki konsekuensi yang tidak terduga bagi rantai pasokan global.
Rencana Presiden Donald Trump untuk menghidupkan kembali industri pelayaran AS dapat menyebabkan biaya besar bagi operator transportasi laut dan menciptakan kekacauan baru dalam rantai pasokan global. Menurut rencana tersebut, akan ada biaya pelabuhan yang tinggi untuk kapal yang dibangun di China dan kapal dari armada yang menggunakan kapal buatan China. Hal ini bisa menambah biaya hingga Rp 493.35 triliun ($30 miliar) per tahun bagi konsumen Amerika dan menggandakan biaya pengiriman ekspor AS. Para eksekutif industri memperingatkan bahwa rencana ini dapat mengakibatkan kapal-kapal menghindari pelabuhan AS, yang akan memperlambat pengiriman barang dan menyebabkan kemacetan di pelabuhan besar.
Beberapa perusahaan pelayaran, seperti MSC dan CMA CGM, sedang mempertimbangkan untuk mengubah strategi mereka agar tidak terkena biaya tambahan ini. Mereka mungkin akan menghindari pelabuhan kecil dan fokus pada pelabuhan besar, yang bisa menyebabkan masalah bagi pelabuhan yang lebih kecil. Para eksekutif meminta agar kebijakan baru tidak menghukum mereka atas kesalahan masa lalu dan berharap ada solusi yang lebih baik untuk mendukung industri Amerika tanpa menambah beban biaya yang besar.
--------------------
Analisis Kami: Kebijakan proteksionis ini tampaknya lebih fokus pada jangka pendek dan kepentingan nasional tanpa memperhitungkan kompleksitas rantai pasok global yang saling terkait. Akibatnya, upaya untuk menguatkan industri kapal domestik justru bisa melemahkan posisi ekspor dan membuat konsumen AS menanggung beban biaya tambahan yang besar.
--------------------
Analisis Ahli:
Joe Kramek: Kebijakan tersebut akan memberikan dampak negatif yang besar bagi industri perkapalan dan konsumen AS serta harus segera ditinjau ulang.
Jeremy Nixon: Rencana ini adalah keputusan yang tidak terduga dan dapat merugikan pelayaran dan pelanggan mereka secara signifikan.
Soren Toft: Pendekatan ini menghukum kesalahan masa lalu yang tidak disadari dan berpotensi membebani pelabuhan besar secara tidak tertahankan.
Rodolphe Saadé: Solusi jangka panjang mungkin dengan membangun kapal di AS, tetapi membutuhkan waktu dan biaya besar untuk diwujudkan.
--------------------
What's Next: Jika rencana tersebut diterapkan, akan terjadi restrukturisasi besar dalam pola pengangkutan kapal global dengan pengurangan kunjungan ke pelabuhan-pelabuhan kecil AS dan adanya kemacetan parah di pelabuhan utama, yang pada akhirnya memperburuk krisis rantai pasok dan menaikkan biaya bagi konsumen dan eksportir AS.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/trumps-shipbuilding-plan-could-upend-205154979.html
[1] https://finance.yahoo.com/news/trumps-shipbuilding-plan-could-upend-205154979.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa rencana Trump untuk industri pengiriman AS?A
Rencana Trump bertujuan untuk merevitalisasi industri pengiriman AS dengan mengenakan biaya pada kapal yang dibangun di China.Q
Bagaimana biaya pelabuhan yang diusulkan dapat mempengaruhi konsumen?A
Biaya pelabuhan yang diusulkan dapat menambah hingga $30 miliar biaya tahunan bagi konsumen dan menggandakan biaya pengiriman ekspor AS.Q
Apa dampak dari rencana ini terhadap pelabuhan kecil di AS?A
Rencana ini dapat menyebabkan perusahaan pengiriman menghindari pelabuhan kecil, yang dapat mengakibatkan penumpukan di pelabuhan besar.Q
Siapa yang memperingatkan tentang konsekuensi dari rencana Trump?A
World Shipping Council (WSC) memperingatkan bahwa rencana ini dapat menyebabkan gangguan pada rantai pasokan global.Q
Apa langkah yang diambil oleh CMA CGM terkait armada kapal mereka?A
CMA CGM sedang memperluas armada kapal berbendera AS dan menjajaki kemungkinan pembuatan kapal di AS.