China Tolak Usulan Tarif AS untuk Kapal, Bahaya Ganggu Rantai Pasok Global
Courtesy of YahooFinance

China Tolak Usulan Tarif AS untuk Kapal, Bahaya Ganggu Rantai Pasok Global

14 Mar 2025, 00.33 WIB
74 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Proposal biaya masuk pelabuhan oleh AS ditentang oleh Asosiasi Pemilik Kapal China.
  • Dampak dari proposal ini dapat menyebabkan peningkatan biaya bagi konsumen dan kekacauan dalam rantai pasokan.
  • Kementerian Luar Negeri China berencana untuk melindungi hak dan kepentingan mereka terkait proposal tersebut.
Asosiasi Pemilik Kapal China menolak proposal dari pemerintah AS yang akan mengenakan biaya masuk pelabuhan yang tinggi bagi kapal kargo yang dimiliki atau dipesan dari China. Mereka berpendapat bahwa langkah ini melanggar aturan internasional dan hukum AS. Proposal ini bertujuan untuk membantu kebangkitan industri perkapalan di AS, tetapi dianggap diskriminatif oleh asosiasi tersebut. Mereka juga menyebutkan bahwa tindakan ini melanggar perjanjian maritim antara AS dan China serta hukum yang berlaku di AS.
Para eksekutif pengiriman global memperingatkan bahwa proposal ini dapat menyebabkan kekacauan dalam rantai pasokan dan berdampak negatif pada konsumen AS dengan menambah biaya hingga Rp 493.35 triliun ($30 miliar) setiap tahun. Kementerian Luar Negeri China juga menyatakan bahwa langkah ini tidak akan membantu industri perkapalan AS dan bahwa mereka akan mengambil langkah untuk melindungi hak dan kepentingan mereka.
--------------------
Analisis Kami: Langkah pemerintah AS ini tampak seperti upaya proteksionisme yang berpotensi menimbulkan efek negatif jangka panjang terhadap pasar pengiriman dan konsumen lokal AS. Pendekatan ini bisa memperdalam ketegangan dagang dan lebih merugikan industri kapal pesiar serta konsumen daripada menghidupkan kembali industri pembuatan kapal dalam negeri.
--------------------
Analisis Ahli:
Ekonom Perdagangan Global: Pemberlakuan tarif seperti ini biasanya lebih berdampak pada harga konsumen dan rantai pasok daripada memacu produksi domestik karena kompleksitas industri kapal dan pengaruh global.
Pakar Hukum Internasional: Jika tindakan ini benar-benar melanggar aturan WTO dan perjanjian yang ada, AS akan menghadapi risiko sengketa hukum yang bisa melemahkan kredibilitas kebijakan proteksionisnya.
--------------------
What's Next: Ketegangan perdagangan antara AS dan China di sektor pelayaran akan meningkat, berpotensi memicu respons hukum atau tarif balasan dari China yang dapat memperburuk gangguan rantai pasok global.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/china-shipowners-group-says-us-173348013.html

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditentang oleh Asosiasi Pemilik Kapal China?
A
Asosiasi Pemilik Kapal China menentang proposal biaya masuk pelabuhan yang diusulkan oleh AS.
Q
Mengapa pemerintah AS mengusulkan biaya masuk pelabuhan?
A
Pemerintah AS mengusulkan biaya masuk pelabuhan untuk membantu membiayai kebangkitan industri perkapalan Amerika.
Q
Apa dampak yang diperkirakan dari proposal biaya tersebut?
A
Dampak yang diperkirakan termasuk kekacauan dalam rantai pasokan dan peningkatan biaya bagi konsumen AS.
Q
Apa yang dikatakan Kementerian Luar Negeri China tentang proposal ini?
A
Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa langkah ini tidak akan menghidupkan kembali industri perkapalan AS.
Q
Apa saja pelanggaran yang diklaim oleh CSA terkait proposal biaya?
A
CSA mengklaim bahwa proposal tersebut melanggar peraturan WTO dan perjanjian maritim Sino-AS.

Artikel Serupa

Dampak Pajak Kapal Cina di AS: Risiko Harga Naik dan Perdagangan BergeserYahooFinance
Finansial
4 bulan lalu
128 dibaca

Dampak Pajak Kapal Cina di AS: Risiko Harga Naik dan Perdagangan Bergeser

Tarif Kapal Buatan China Bisa Merugikan Industri Maritim dan Ekonomi ASCNBCIndonesia
Finansial
4 bulan lalu
108 dibaca

Tarif Kapal Buatan China Bisa Merugikan Industri Maritim dan Ekonomi AS

Tekanan Cina Naik pada CK Hutchison Soal Penjualan Aset Pelabuhan ke AmerikaYahooFinance
Finansial
5 bulan lalu
180 dibaca

Tekanan Cina Naik pada CK Hutchison Soal Penjualan Aset Pelabuhan ke Amerika

Volume Impor Kontainer AS Meningkat, Tapi Perang Dagang Memicu KetidakpastianYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
108 dibaca

Volume Impor Kontainer AS Meningkat, Tapi Perang Dagang Memicu Ketidakpastian

Rencana Trump Picu Krisis Logistik Global karena Tarif Tinggi Kapal ChinaYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
192 dibaca

Rencana Trump Picu Krisis Logistik Global karena Tarif Tinggi Kapal China

CMA CGM Investasi Rp 328.90 triliun ($20 Miliar)  Dukung Industri Maritim dan Logistik AmerikaYahooFinance
Finansial
5 bulan lalu
224 dibaca

CMA CGM Investasi Rp 328.90 triliun ($20 Miliar) Dukung Industri Maritim dan Logistik Amerika