Courtesy of CNBCIndonesia
Ikhtisar 15 Detik
- Northvolt mengalami kebangkrutan akibat berbagai tantangan finansial dan operasional.
- Kebangkrutan ini menunjukkan kesulitan Eropa dalam bersaing di industri baterai global.
- Eropa perlu segera mengembangkan kebijakan untuk mendukung produksi baterai lokal agar tidak tergantung pada impor.
Northvolt, perusahaan baterai besar dari Swedia, telah mengajukan kebangkrutan di pengadilan Swedia karena menghadapi banyak tantangan, seperti biaya yang meningkat, masalah rantai pasokan, dan permintaan pasar yang menurun. Meskipun sebelumnya mereka berhasil mendapatkan dana sekitar US$ 15 miliar, permintaan yang lesu untuk kendaraan listrik dan penolakan subsidi dari pemerintah Swedia membuat situasi keuangan mereka semakin sulit. Saat ini, perusahaan sedang dalam proses penjualan aset untuk membayar utang.
Kebangkrutan Northvolt menjadi masalah bagi Eropa yang ingin mengembangkan teknologi kendaraan listrik sendiri, karena Eropa harus bersaing dengan produsen baterai dari China dan Korea Selatan. Meskipun Eropa berencana untuk meningkatkan produksi baterai, saat ini hanya menyumbang 3% dari produksi global. Para ahli menyarankan agar Eropa segera mengambil tindakan untuk mendukung produksi baterai lokal agar tidak terlalu bergantung pada impor dari negara lain.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang terjadi dengan Northvolt?A
Northvolt telah mengajukan kebangkrutan di pengadilan Swedia.Q
Apa penyebab kebangkrutan Northvolt?A
Kebangkrutan disebabkan oleh kenaikan biaya modal, ketidakstabilan geopolitik, dan gangguan rantai pasokan.Q
Bagaimana dampak kebangkrutan Northvolt terhadap industri baterai di Eropa?A
Kebangkrutan Northvolt merupakan kemunduran bagi upaya Eropa dalam mengembangkan teknologi baterai lokal.Q
Apa yang telah dilakukan Northvolt untuk mengatasi tantangan finansialnya?A
Northvolt telah melakukan upaya yang melelahkan untuk mengamankan masa depan finansialnya, tetapi tidak berhasil.Q
Siapa Julia Poliscanova dan apa pandangannya tentang situasi ini?A
Julia Poliscanova adalah Direktur Senior Kendaraan & Mobilitas di T&E, dan dia menekankan perlunya tindakan segera untuk mendukung produksi baterai di Eropa.