Peneliti Temukan Batas Aman Katoda Nikel Tinggi untuk Baterai EV Lebih Aman
Courtesy of InterestingEngineering

Peneliti Temukan Batas Aman Katoda Nikel Tinggi untuk Baterai EV Lebih Aman

13 Mar 2025, 19.24 WIB
79 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Penelitian ini memberikan analisis komprehensif tentang stabilitas termal katoda nikel tinggi.
  • Indeks stabilitas termal dapat membantu dalam pengembangan katoda yang lebih aman untuk baterai EV.
  • Kemajuan ini penting untuk membuat kendaraan listrik lebih menarik bagi konsumen.
Para peneliti dari Universitas Texas di Austin dan Laboratorium Nasional Argonne sedang berusaha untuk membuat baterai mobil listrik (EV) yang lebih aman dan efisien dengan menggunakan katoda berbasis nikel. Mereka melakukan lebih dari 500 pengukuran pada 15 bahan katoda nikel tinggi dan menemukan bahwa setiap katoda memiliki batas aman tertentu yang disebut "critical state of charge." Jika katoda melebihi batas ini, dapat terjadi kondisi berbahaya yang disebut thermal runaway, di mana suhu yang meningkat dapat menyebabkan kebakaran.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan ikatan logam-oksigen dan reaktivitas permukaan mempengaruhi batas aman ini. Para peneliti juga mengembangkan indeks stabilitas termal untuk membantu mengukur seberapa aman katoda tersebut. Temuan ini diharapkan dapat membantu industri dalam menciptakan baterai EV yang lebih aman dan menarik bagi konsumen, tanpa mengorbankan kepadatan energi yang tinggi. Selanjutnya, mereka akan melanjutkan penelitian dengan memasukkan elektrolit ke dalam studi mereka.
--------------------
Analisis Kami: Pendekatan meneliti berbagai komposisi katoda dan memetakan batas aman melalui analisis termal sangat strategis untuk mengatasi kelemahan utama katoda nikel tinggi. Namun, selain katoda, elemen seperti elektrolit dan desain baterai juga harus diperhatikan secara menyeluruh agar pengembangan baterai EV benar-benar aman dan handal dalam penggunaan sehari-hari.
--------------------
Analisis Ahli:
Arumugam Manthiram: Studi ini memberikan peta jalan jelas dalam memahami dan meningkatkan stabilitas termal katoda nikel tinggi, krusial untuk pengembangan baterai EV yang lebih aman dan berdurasi panjang.
Zehao Cui: Indeks stabilitas termal yang kami usulkan akan menjadi standar bagi industri untuk memastikan performa dan keselamatan baterai dengan energi tinggi, membuka peluang inovasi lebih lanjut.
--------------------
What's Next: Penelitian ini akan membuka jalan bagi pengembangan baterai EV generasi baru yang tidak hanya memiliki kapasitas energi tinggi, tetapi juga tingkat keamanan dan stabilitas termal yang jauh lebih baik, mempercepat adopsi kendaraan listrik secara global.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/nickel-based-cathodes-produce-ev-battery

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan oleh peneliti mengenai katoda nikel tinggi?
A
Peneliti menemukan bahwa setiap katoda memiliki keadaan pengisian kritis yang menentukan batas pengoperasiannya yang aman.
Q
Mengapa katoda nikel tinggi dianggap berpotensi merevolusi pasar EV?
A
Katoda nikel tinggi dapat memberikan rentang berkendara yang lebih lama untuk kendaraan listrik.
Q
Apa yang mempengaruhi stabilitas termal katoda?
A
Stabilitas termal katoda dipengaruhi oleh kekuatan ikatan logam-oksigen dan reaktivitas permukaan.
Q
Apa itu indeks stabilitas termal yang dikembangkan oleh peneliti?
A
Indeks stabilitas termal adalah ukuran yang dikembangkan untuk mengkuantifikasi reaktivitas katoda selama kejadian kecelakaan termal.
Q
Apa langkah selanjutnya yang akan diambil oleh peneliti setelah penelitian ini?
A
Peneliti akan melanjutkan penelitian mereka dengan memasukkan elektrolit ke dalam perhitungan.

Artikel Serupa

Teknologi Nano-CT NREL Bantu Memperbaiki Baterai EV Bekas dengan Presisi TinggiInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
38 dibaca

Teknologi Nano-CT NREL Bantu Memperbaiki Baterai EV Bekas dengan Presisi Tinggi

Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan ListrikInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
91 dibaca

Terobosan AI dalam Mengembangkan Baterai Solid-State untuk Kendaraan Listrik

Terobosan Baterai Quasi-Lithium: Aman dan Bisa Tembus 1000 Km Sekali CasInterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
148 dibaca

Terobosan Baterai Quasi-Lithium: Aman dan Bisa Tembus 1000 Km Sekali Cas

Teknologi Nano-Spring Carbon Nanotubes Meningkatkan Umur dan Kapasitas Baterai EVInterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
59 dibaca

Teknologi Nano-Spring Carbon Nanotubes Meningkatkan Umur dan Kapasitas Baterai EV

Penelitian Baru Batalakan Teori Lama Penyebab Degradasi Baterai Lithium Kaya EnergiInterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
161 dibaca

Penelitian Baru Batalakan Teori Lama Penyebab Degradasi Baterai Lithium Kaya Energi

Inovasi Baterai EV Ramah Lingkungan dengan Desain Sandwich CanggihInterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
81 dibaca

Inovasi Baterai EV Ramah Lingkungan dengan Desain Sandwich Canggih