Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.
Courtesy of InterestingEngineering

Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.

20 Mar 2025, 22.44 WIB
112 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight bertujuan untuk mengembangkan teknologi retrofit yang ramah lingkungan.
  • Teknologi retrofit hidrogen-diesel dapat mengurangi emisi tanpa perlu mengganti sistem propulsi secara keseluruhan.
  • Industri maritim perlu mengambil langkah-langkah segera untuk mencapai target dekarbonisasi dan meningkatkan efisiensi energi.
Lomar Shipping, melalui inovasi lomarlabs, akan mulai menguji teknologi retrofit mesin hidrogen-diesel di dunia nyata pada musim panas 2025. Mereka bekerja sama dengan Newlight, perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam retrofit mesin hidrogen-diesel. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu industri maritim memenuhi target pengurangan emisi yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO). Teknologi ini memungkinkan kapal yang sudah ada untuk menggunakan campuran hidrogen dan diesel, sehingga mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi energi tanpa perlu mengganti seluruh sistem propulsi.
Proyek pilot ini akan melibatkan retrofitting salah satu kapal Lomar dengan teknologi Newlight, dan setelah pemasangan, kapal tersebut akan menjalani uji coba di pelabuhan dan laut. Dengan teknologi ini, diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 20%. Lomar dan Newlight percaya bahwa langkah-langkah praktis seperti ini penting untuk mengurangi emisi dan membuat kapal lebih efisien, sambil tetap mempertimbangkan kebutuhan jangka panjang untuk mencapai emisi nol di industri maritim.
Sumber: https://interestingengineering.com/transportation/new-hydrogen-diesel-engine-retrofits

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight?
A
Tujuan kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight adalah untuk mempercepat adopsi solusi rendah emisi yang hemat biaya untuk industri pelayaran.
Q
Apa yang dimaksud dengan teknologi retrofit hidrogen-diesel?
A
Teknologi retrofit hidrogen-diesel adalah teknologi yang memungkinkan mesin diesel yang ada untuk beroperasi dengan campuran hidrogen dan diesel, mengurangi emisi.
Q
Mengapa dekarbonisasi penting bagi industri maritim?
A
Dekarbonisasi penting bagi industri maritim untuk memenuhi target yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO) dan mengurangi dampak lingkungan.
Q
Apa yang diharapkan dari proyek percontohan yang akan dilakukan?
A
Dari proyek percontohan yang akan dilakukan, diharapkan dapat mengumpulkan data dan menilai kinerja kapal setelah retrofit.
Q
Siapa yang mengungkapkan pentingnya tindakan segera dalam dekarbonisasi?
A
Stylianos Papageorgiou mengungkapkan pentingnya tindakan segera dalam dekarbonisasi.

Artikel Serupa

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Bertenaga Baterai Pertama untuk Kurangi EmisiInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
29 dibaca

NYK Line Luncurkan Kapal Kerja Bertenaga Baterai Pertama untuk Kurangi Emisi

Wärtsilä Perkenalkan Sistem Penangkap Karbon untuk Kurangi Emisi Kapal 70%InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
89 dibaca

Wärtsilä Perkenalkan Sistem Penangkap Karbon untuk Kurangi Emisi Kapal 70%

Shell Mengirimkan Jumlah Rekor LNG Laut ke Kapal pada Tahun 2024YahooFinance
Sains
4 bulan lalu
39 dibaca

Shell Mengirimkan Jumlah Rekor LNG Laut ke Kapal pada Tahun 2024

Hyundai merencanakan kapal kargo raksasa bertenaga nuklir dengan kapasitas 15.000 kontainer.InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
195 dibaca

Hyundai merencanakan kapal kargo raksasa bertenaga nuklir dengan kapasitas 15.000 kontainer.

Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.InterestingEngineering
Sains
6 bulan lalu
103 dibaca

Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.

Kapal bertenaga amonia 'pertama di dunia' sedang dalam tahap konstruksi di pabrik HD Hyundai.InterestingEngineering
Sains
6 bulan lalu
176 dibaca

Kapal bertenaga amonia 'pertama di dunia' sedang dalam tahap konstruksi di pabrik HD Hyundai.