Pesawat listrik hidrogen yang terbang jarak jauh dengan kecepatan Formula 1 akan dikembangkan di Australia.
Courtesy of InterestingEngineering

Pesawat listrik hidrogen yang terbang jarak jauh dengan kecepatan Formula 1 akan dikembangkan di Australia.

28 Mar 2025, 05.54 WIB
63 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kolaborasi antara AMSL Aero dan Conflux Technology bertujuan untuk menciptakan pesawat nol emisi yang efisien.
  • Teknologi pendinginan yang inovatif sangat penting untuk kinerja sel bahan bakar hidrogen dalam penerbangan.
  • Vertiia diharapkan dapat terbang jarak jauh dengan kecepatan tinggi, membuka jalan bagi penerbangan berkelanjutan.
AMSL Aero, sebuah perusahaan Australia yang merancang dan memproduksi pesawat tanpa emisi, bekerja sama dengan Conflux Technology, penyedia pendingin mesin mobil Formula One, untuk mengembangkan sistem pendingin sel bahan bakar hidrogen. Sistem ini akan digunakan pada Vertiia, pesawat terbang vertikal yang ramah lingkungan dan dapat terbang sejauh 1.000 kilometer dengan kecepatan 300 km/jam. Kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan penerbangan jarak jauh tanpa emisi yang efisien. Conflux telah mengembangkan tiga konsep penukar panas inovatif untuk mengurangi berat dan ukuran sambil mengelola panas yang dihasilkan selama penerbangan.
Vertiia telah melakukan penerbangan percobaan dan akan segera terbang menggunakan tenaga hidrogen. Proyek ini telah memasuki fase kedua, di mana tim akan mengoptimalkan dan memproduksi prototipe untuk sistem sel bahan bakar hidrogen Vertiia. Teknologi pendingin dari Conflux akan membantu menjaga suhu sel bahan bakar agar tetap optimal, terutama saat pesawat lepas landas dan mendarat. Dengan inovasi ini, AMSL Aero dan Conflux berharap dapat mendorong batasan penerbangan ramah lingkungan di masa depan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan kolaborasi antara AMSL Aero dan Conflux Technology?
A
Tujuan kolaborasi antara AMSL Aero dan Conflux Technology adalah untuk mengembangkan sistem pendinginan sel bahan bakar hidrogen untuk pesawat Vertiia.
Q
Apa yang menjadi fokus fase pertama proyek Vertiia?
A
Fase pertama proyek Vertiia berfokus pada pengembangan tiga konsep penukar panas inovatif untuk mengurangi berat dan volume.
Q
Kapan Vertiia dijadwalkan untuk melakukan penerbangan pertama dengan tenaga hidrogen?
A
Vertiia dijadwalkan untuk melakukan penerbangan pertama dengan tenaga hidrogen pada akhir tahun ini.
Q
Apa keunggulan teknologi pendinginan yang dikembangkan oleh Conflux Technology?
A
Keunggulan teknologi pendinginan yang dikembangkan oleh Conflux Technology adalah kemampuannya untuk mengelola beban panas tinggi dan mengurangi drag.
Q
Siapa yang merupakan ketua AMSL Aero dan apa perannya dalam proyek ini?
A
Ketua AMSL Aero adalah Chris Smallhorn, yang berperan dalam mengungkapkan komitmen perusahaan untuk pengembangan pesawat Vertiia.

Artikel Serupa

Horizon Aircraft Rintis Penerbangan Stabil eVTOL dengan Desain Fan-in-WingInterestingEngineering
Teknologi
27 hari lalu
114 dibaca

Horizon Aircraft Rintis Penerbangan Stabil eVTOL dengan Desain Fan-in-Wing

ZeroAvia Bersiap Luncurkan Layanan Kargo Udara Hidrogen Pertama di InggrisInterestingEngineering
Sains
1 bulan lalu
45 dibaca

ZeroAvia Bersiap Luncurkan Layanan Kargo Udara Hidrogen Pertama di Inggris

Vertical Aerospace Kembangkan Pesawat Hybrid VX4 untuk Misi Pertahanan dan Logistik Jarak JauhInterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
99 dibaca

Vertical Aerospace Kembangkan Pesawat Hybrid VX4 untuk Misi Pertahanan dan Logistik Jarak Jauh

Revolusi dalam penerbangan: Jet bertenaga hidrogen Airbus akan dilengkapi dengan 4 mesin listrik.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
123 dibaca

Revolusi dalam penerbangan: Jet bertenaga hidrogen Airbus akan dilengkapi dengan 4 mesin listrik.

Rencana Angkatan Udara AS untuk pesawat otonom seberat 8.000 lb yang dapat terbang sejauh 2.804.67 km (500 mil) dengan hidrogen.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
97 dibaca

Rencana Angkatan Udara AS untuk pesawat otonom seberat 8.000 lb yang dapat terbang sejauh 2.804.67 km (500 mil) dengan hidrogen.

Pesawat ringan listrik hidrogen bersertifikat pertama di dunia akan diserahkan pada tahun 2030.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
137 dibaca

Pesawat ringan listrik hidrogen bersertifikat pertama di dunia akan diserahkan pada tahun 2030.