Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Revolusi dalam penerbangan: Jet bertenaga hidrogen Airbus akan dilengkapi dengan 4 mesin listrik.
Courtesy of InterestingEngineering
Sains
Iklim dan Lingkungan

Revolusi dalam penerbangan: Jet bertenaga hidrogen Airbus akan dilengkapi dengan 4 mesin listrik.

27 Mar 2025, 04.46 WIB
137 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Airbus berkomitmen untuk mengembangkan penerbangan hidrogen sebagai solusi untuk emisi nol.
  • Teknologi sel bahan bakar dipilih sebagai metode terbaik untuk propulsi hidrogen.
  • Kolaborasi dengan berbagai pihak sangat penting untuk membangun infrastruktur yang mendukung penerbangan hidrogen.
Industri penerbangan menghadapi tantangan besar dalam mengurangi emisi karbon. Pesawat membutuhkan bahan bakar dengan kepadatan energi tinggi untuk penerbangan jarak jauh. Airbus berkomitmen untuk mengembangkan pesawat yang menggunakan hidrogen sebagai sumber tenaga melalui proyek ZEROe, dan mereka berharap dapat meluncurkan pesawat hidrogen komersial pada akhir tahun 2030-an. Airbus memilih teknologi sel bahan bakar, yang menghasilkan listrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan. Pesawat baru ini akan memiliki empat mesin propulsi listrik yang masing-masing didukung oleh sistem sel bahan bakar.
Baca juga: LoganAir dan ZeroAvia Kerja Sama Kembangkan Pesawat Hidrogen Ramah Lingkungan
Namun, tantangan tidak hanya ada pada pengembangan pesawat, tetapi juga pada infrastruktur dan regulasi. Airbus bekerja sama dengan lebih dari 200 bandara dan penyedia energi untuk membangun rantai pasokan hidrogen yang diperlukan. Mereka juga berusaha untuk mendapatkan persetujuan regulasi yang baru untuk pesawat hidrogen. Dengan kolaborasi yang kuat dan investasi dalam penelitian, Airbus optimis bahwa penerbangan komersial berbasis hidrogen dapat terwujud pada akhir tahun 2030-an, yang akan mengubah industri penerbangan untuk masa depan.
Sumber: https://interestingengineering.com/transportation/airbus-unveils-new-hydrogen-airplane

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tantangan utama yang dihadapi industri penerbangan dalam dekarbonisasi?
A
Tantangan utama yang dihadapi industri penerbangan dalam dekarbonisasi adalah kebutuhan akan bahan bakar dengan kepadatan energi tinggi untuk penerbangan jarak jauh.
Q
Apa tujuan dari proyek ZEROe yang diluncurkan oleh Airbus?
A
Tujuan dari proyek ZEROe adalah untuk mengembangkan pesawat komersial bertenaga hidrogen yang dapat beroperasi secara nol emisi pada akhir tahun 2030-an.
Q
Mengapa teknologi sel bahan bakar dipilih sebagai solusi untuk penerbangan hidrogen?
A
Teknologi sel bahan bakar dipilih karena dapat menghasilkan listrik melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, hanya menghasilkan air sebagai produk sampingan.
Q
Apa saja tantangan infrastruktur yang harus diatasi untuk mendukung penerbangan hidrogen?
A
Tantangan infrastruktur yang harus diatasi termasuk pengembangan infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen, transportasi, dan kerangka regulasi yang sesuai.
Q
Bagaimana Airbus berkolaborasi dengan pihak lain untuk mewujudkan penerbangan hidrogen?
A
Airbus berkolaborasi dengan lebih dari 200 bandara, maskapai penerbangan, dan penyedia energi untuk membangun rantai pasokan hidrogen yang diperlukan.

Artikel Serupa

Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa Depan
Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa Depan
Dari InterestingEngineering
ZeroAvia Bersiap Luncurkan Layanan Kargo Udara Hidrogen Pertama di Inggris
ZeroAvia Bersiap Luncurkan Layanan Kargo Udara Hidrogen Pertama di Inggris
Dari InterestingEngineering
Pesawat listrik hidrogen yang terbang jarak jauh dengan kecepatan Formula 1 akan dikembangkan di Australia.
Pesawat listrik hidrogen yang terbang jarak jauh dengan kecepatan Formula 1 akan dikembangkan di Australia.
Dari InterestingEngineering
Rencana Angkatan Udara AS untuk pesawat otonom seberat 8.000 lb yang dapat terbang sejauh 2.804.67 km (500 mil) dengan hidrogen.
Rencana Angkatan Udara AS untuk pesawat otonom seberat 8.000 lb yang dapat terbang sejauh 2.804.67 km (500 mil) dengan hidrogen.
Dari InterestingEngineering
Pesawat ringan listrik hidrogen bersertifikat pertama di dunia akan diserahkan pada tahun 2030.
Pesawat ringan listrik hidrogen bersertifikat pertama di dunia akan diserahkan pada tahun 2030.
Dari InterestingEngineering
Airbus menunda pengembangan pesawat hidrogen baru.
Airbus menunda pengembangan pesawat hidrogen baru.
Dari YahooFinance
Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa DepanInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
41 dibaca

Sel Bahan Bakar Sodium-Udara dari MIT: Energi Tinggi dan Bersih untuk Pesawat Listrik Masa Depan

ZeroAvia Bersiap Luncurkan Layanan Kargo Udara Hidrogen Pertama di InggrisInterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
72 dibaca

ZeroAvia Bersiap Luncurkan Layanan Kargo Udara Hidrogen Pertama di Inggris

Pesawat listrik hidrogen yang terbang jarak jauh dengan kecepatan Formula 1 akan dikembangkan di Australia.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
71 dibaca

Pesawat listrik hidrogen yang terbang jarak jauh dengan kecepatan Formula 1 akan dikembangkan di Australia.

Rencana Angkatan Udara AS untuk pesawat otonom seberat 8.000 lb yang dapat terbang sejauh 2.804.67 km (500 mil) dengan hidrogen.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
109 dibaca

Rencana Angkatan Udara AS untuk pesawat otonom seberat 8.000 lb yang dapat terbang sejauh 2.804.67 km (500 mil) dengan hidrogen.

Pesawat ringan listrik hidrogen bersertifikat pertama di dunia akan diserahkan pada tahun 2030.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
168 dibaca

Pesawat ringan listrik hidrogen bersertifikat pertama di dunia akan diserahkan pada tahun 2030.

Airbus menunda pengembangan pesawat hidrogen baru.YahooFinance
Teknologi
5 bulan lalu
112 dibaca

Airbus menunda pengembangan pesawat hidrogen baru.