Courtesy of TheVerge
Ford Ubah Strategi Software Mobil Demi Hadapi Tantangan Mobil Listrik
Menggambarkan tantangan dan strategi Ford dalam mengembangkan sistem perangkat lunak yang canggih untuk kendaraan mereka, baik EV maupun ICE.
06 Mei 2025, 02.14 WIB
62 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Ford menghadapi tantangan dalam meningkatkan penjualan kendaraan listrik di tengah persaingan yang ketat.
- Doug Field berfokus pada pengembangan perangkat lunak yang dapat diterapkan pada berbagai jenis kendaraan, bukan hanya EV.
- Keputusan untuk membatalkan proyek FNV4 menunjukkan kebutuhan untuk beradaptasi dengan kondisi pasar yang berubah.
Amerika Serikat - Ford merekrut Doug Field dari Apple pada tahun 2021 dengan harapan besar untuk mengembangkan teknologi Blue Oval Intelligence generasi berikutnya. Namun, Ford kini menghadapi penjualan EV yang stagnan dan penundaan proyek, membuat Field harus menghadapi tantangan untuk mewujudkan visi masa depan yang ambisius di tengah realitas yang keras.
Ford telah meluncurkan sejumlah fitur baru, termasuk sistem bantuan pengemudi tanpa tangan BlueCruise yang populer. Namun, penjualan Mustang Mach-E dan F-150 Lightning mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Ford juga membatalkan arsitektur listrik generasi berikutnya yang mahal, FNV4, dan memilih pendekatan yang lebih bertahap dengan mengadaptasi arsitektur generasi ketiga Ford, FNV3.X.
Field menekankan pentingnya perangkat lunak yang terpusat dan antarmuka yang disederhanakan untuk memastikan semua sistem bekerja harmonis. Meskipun menghadapi tantangan besar, Field yakin bahwa Ford dapat mencapai tujuannya dengan pendekatan yang lebih bertahap dan fokus pada pengalaman perangkat lunak yang luar biasa bagi pelanggan.
--------------------
Analisis Kami: Ford mengambil langkah realistis yang penting dengan menghindari inovasi besar-besaran yang berisiko dan mahal, serta fokus pada evolusi bertahap yang dapat merangkul seluruh portofolio kendaraan mereka. Pendekatan ini meski tidak spektakuler, namun memungkinkan Ford bertahan dalam transisi industri otomotif yang sangat dinamis dan penuh tantangan.
--------------------
Analisis Ahli:
Mary Barra: Sebagai CEO GM, saya melihat langkah Ford ini sebagai contoh bagaimana produsen mobil besar harus menggabungkan inovasi teknologi dengan realitas bisnis dan pasar global yang berubah cepat.
Elon Musk: Pendekatan zonal memang lebih efisien untuk kendaraan listrik, tapi saya mengerti bahwa perusahaan dengan portofolio beragam seperti Ford harus menjalankan strategi yang lebih fleksibel.
--------------------
What's Next: Ford kemungkinan akan terus memperbaiki dan menyederhanakan sistem perangkat lunaknya dengan pendekatan bertahap sehingga dapat mengintegrasikan teknologi terbaru pada kendaraan lama sekaligus mempersiapkan basis yang kuat untuk mobil listrik di masa depan.
Referensi:
[1] https://theverge.com/ford-motor-company/661205/ford-doug-field-interview-software-zonal-domain-fnv4
[1] https://theverge.com/ford-motor-company/661205/ford-doug-field-interview-software-zonal-domain-fnv4
Pertanyaan Terkait
Q
Siapa yang dipekerjakan Ford dari Apple pada tahun 2021?A
Ford mengpekerjakan Doug Field dari Apple pada tahun 2021.Q
Apa tujuan dari teknologi Blue Oval Intelligence yang dipimpin oleh Doug Field?A
Tujuan dari teknologi Blue Oval Intelligence adalah untuk mengembangkan kendaraan yang cerdas dan terhubung yang dapat diperbarui secara berkala.Q
Mengapa Ford membatalkan proyek FNV4?A
Ford membatalkan proyek FNV4 karena biaya tinggi dan tantangan dalam pengembangan yang tidak sesuai dengan kondisi pasar saat ini.Q
Apa yang menjadi tantangan utama Doug Field dalam mengembangkan perangkat lunak untuk Ford?A
Tantangan utama Doug Field adalah mengembangkan perangkat lunak untuk berbagai jenis kendaraan, termasuk kendaraan listrik dan mesin pembakaran internal.Q
Apa yang dimaksud dengan arsitektur zonal dan mengapa Ford tidak mengadopsinya?A
Arsitektur zonal adalah sistem yang mengurangi jumlah unit kontrol elektronik, tetapi Ford memilih arsitektur berbasis domain untuk mengakomodasi lebih banyak kendaraan.