Courtesy of CNBCIndonesia
Ikhtisar 15 Detik
- GoFood kembali menjadi pilihan utama untuk layanan pesan-antar makanan di Indonesia.
- Masyarakat Indonesia cenderung memilih makanan ringan dalam layanan pesan-antar makanan.
- Inovasi GoFood memenuhi kebutuhan beragam segmen konsumen di tengah persaingan yang ketat.
Jakarta, Indonesia - GoFood kembali menjadi aplikasi layanan pesan-antar makanan (OFD) yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia di awal tahun 2025. Survei terbaru oleh Jakpat menunjukkan bahwa layanan pesan-antar makanan sudah menjadi bagian penting dalam kegiatan sehari-hari banyak orang khususnya di Indonesia.
Berdasarkan hasil survei, GoFood menjadi pilihan utama bagi konsumen dari generasi Milenial dan Gen X, sementara pengguna dari generasi Z lebih memilih aplikasi ShopeeFood. Hal ini menunjukkan ada perbedaan preferensi aplikasi berdasarkan kelompok umur.
Alasan utama konsumen menggunakan layanan pesan-antar makanan adalah kemudahan yang ditawarkan. Milenial menyukai karena tidak perlu keluar rumah, sedangkan Gen X menyukai karena tidak perlu mengantre. Metode pembayaran praktis dan variasi menu yang terus berkembang juga membuat layanan ini semakin diminati.
Selain makanan utama, masyarakat Indonesia sangat menyukai memesan makanan ringan atau snack. Hampir setengah responden survei mengaku sering memesan martabak dan roti bergaya Indonesia. Generasi Z lebih menyukai jajanan khas Sunda seperti seblak dan cilok, menunjukkan keberagaman selera yang tetap diminati di segmen muda.
Keberhasilan GoFood berulang kali menjadi aplikasi favorit menunjukkan bahwa inovasi yang mereka lakukan sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi berbagai segmen konsumen. GoFood tidak hanya bertahan, tapi terus berkembang dan menjadi merek yang sangat dekat dengan masyarakat Indonesia.