Alibaba dan RedNote Bersinergi Mudahkan Belanja Online Langsung dari Media Sosial
Courtesy of SCMP

Alibaba dan RedNote Bersinergi Mudahkan Belanja Online Langsung dari Media Sosial

Memperluas jangkauan pasar e-commerce Alibaba dengan memungkinkan pengguna RedNote menemukan dan membeli produk langsung melalui tautan di media sosial.

07 Mei 2025, 16.01 WIB
71 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kolaborasi antara Alibaba dan RedNote menciptakan jalur yang lebih mulus untuk penemuan dan pembelian produk.
  • RedNote terus memperluas ekosistemnya dengan mengintegrasikan platform lain untuk meningkatkan monetisasi.
  • Pertumbuhan pengguna RedNote menunjukkan potensi besar bagi platform media sosial di pasar e-commerce Tiongkok.
Shanghai, China - Alibaba Group mengembangkan jangkauan Taobao dan Tmall dengan bekerja sama bersama platform media sosial populer di China, RedNote yang juga dikenal sebagai Xiaohongshu atau 'buku merah kecil'.
Kolaborasi ini memungkinkan para penjual di Taobao dan Tmall untuk menyisipkan tautan produk secara langsung di postingan RedNote. Jadi, pengguna RedNote bisa langsung mengklik produk yang mereka lihat dan masuk ke aplikasi Taobao untuk membeli barang tersebut.
Tujuan dari kerjasama ini adalah memberi pengguna proses yang mudah dan tanpa hambatan dari melihat produk hingga menyelesaikan pembelian. Ini juga jadi strategi Alibaba memanfaatkan basis pengguna RedNote yang besar, lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulan pada tahun 2024.
Strategi ini juga menguntungkan RedNote, yang pada awalnya merupakan platform tertutup seperti Instagram, yang kini membuka ekosistem mereka agar terhubung dengan platform lain dan meningkatkan pendapatan melalui jual beli online.
Selain itu, RedNote mendapatkan perhatian internasional setelah mendapatkan hampir 3 juta pengguna baru dari Amerika Serikat, terutama mereka yang meninggalkan TikTok karena kekhawatiran kebijakan pemerintah AS terhadap aplikasi asal China tersebut.
--------------------
Analisis Kami: Integrasi antara e-commerce dan media sosial adalah tren yang tidak bisa dihindari di pasar China saat ini, dan Alibaba mengambil langkah pintar dengan menggunakan basis pengguna besar RedNote untuk memperkuat ekosistemnya. Namun, persaingan dengan Douyin dan platform lainnya akan tetap sengit, memaksa Alibaba dan RedNote terus berinovasi agar tetap relevan dan menarik bagi pengguna muda.
--------------------
Analisis Ahli:
--------------------
What's Next: Kolaborasi ini kemungkinan akan meningkatkan pertumbuhan transaksi e-commerce melalui media sosial di China, mendorong pertumbuhan bisnis Alibaba dan memperkuat posisi RedNote sebagai platform sosial dengan fungsi e-commerce yang lebih lengkap.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/tech/big-tech/article/3309414/alibaba-collaborates-social-media-platform-rednote-fresh-domestic-e-commerce-push?module=top_story&pgtype=section

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan kolaborasi antara Alibaba dan RedNote?
A
Tujuan kolaborasi antara Alibaba dan RedNote adalah untuk memungkinkan merchant di Taobao dan Tmall untuk menyematkan tautan produk dalam postingan media sosial.
Q
Berapa jumlah pengguna aktif bulanan RedNote pada tahun 2024?
A
Jumlah pengguna aktif bulanan RedNote pada tahun 2024 adalah lebih dari 300 juta.
Q
Apa yang dapat dilakukan pengguna RedNote terkait dengan produk di Taobao dan Tmall?
A
Pengguna RedNote dapat mengetuk tautan produk yang disematkan untuk langsung diarahkan ke aplikasi Taobao untuk membeli barang.
Q
Apa yang mendorong pengguna AS untuk beralih ke RedNote?
A
Pengguna AS beralih ke RedNote karena kekhawatiran tentang masa depan TikTok setelah keputusan Mahkamah Agung AS.
Q
Siapa pemilik aplikasi Douyin dan apa relevansinya dengan artikel ini?
A
Aplikasi Douyin dimiliki oleh ByteDance dan relevansinya dengan artikel ini adalah bahwa ia merupakan pesaing dalam bisnis e-commerce.

Artikel Serupa

Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Fokus Ritel Instan di Tengah Persaingan KetatCNBCIndonesia
Bisnis
1 bulan lalu
45 dibaca

Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Fokus Ritel Instan di Tengah Persaingan Ketat

RedNote Rilis Model AI Besar dots.llm1 untuk Perluas Pasar InternasionalSCMP
Teknologi
2 bulan lalu
71 dibaca

RedNote Rilis Model AI Besar dots.llm1 untuk Perluas Pasar Internasional

RedNote Naik Daun: Platform Media Sosial China Tantang TikTok di Pasar ASSCMP
Bisnis
2 bulan lalu
100 dibaca

RedNote Naik Daun: Platform Media Sosial China Tantang TikTok di Pasar AS

Alibaba Bangkit Lewat AI dan Kerjasama RedNote di Tengah Persaingan SengitCNBCIndonesia
Bisnis
3 bulan lalu
96 dibaca

Alibaba Bangkit Lewat AI dan Kerjasama RedNote di Tengah Persaingan Sengit

Alibaba dan RedNote Bersinergi Permudah Belanja Langsung dari Sosial MediaSCMP
Bisnis
3 bulan lalu
113 dibaca

Alibaba dan RedNote Bersinergi Permudah Belanja Langsung dari Sosial Media

Tencent Hadirkan Tabelog Berbahasa Cina di WeChat, Permudah Wisatawan Tiongkok di JepangSCMP
Teknologi
3 bulan lalu
118 dibaca

Tencent Hadirkan Tabelog Berbahasa Cina di WeChat, Permudah Wisatawan Tiongkok di Jepang