Courtesy of SCMP
Renault Gunakan Shanghai untuk Percepat dan Perluas Mobil Listrik Global
Mempercepat dan memperluas pengembangan kendaraan listrik Renault untuk pasar global dengan dukungan pusat pengembangan di Cina.
26 Mei 2025, 05.00 WIB
54 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Renault Group menggunakan ACDC di Shanghai untuk meningkatkan pengembangan kendaraan listrik.
- Perusahaan berupaya untuk mempercepat siklus pengembangan mobil listrik dengan menerapkan wawasan dari pasar Tiongkok.
- Model baru yang lebih terjangkau diharapkan dapat bersaing dengan merek Cina di pasar Eropa.
Shanghai, Cina - Renault Group kini menggunakan pusat pengembangan mereka di Shanghai untuk menciptakan mobil listrik yang bukan hanya untuk pasar Eropa, tapi juga pasar global. Ini adalah langkah strategis untuk menekan biaya produksi dan mempercepat waktu peluncuran produk baru.
Pusat pengembangan Advanced China Development Centre yang baru dibuka tahun lalu di Shanghai memiliki sekitar 200 karyawan yang fokus pada kendaraan listrik untuk pasar Eropa. Mereka berperan penting dalam mempercepat proses riset dan pembuatan model baru.
Contohnya, Renault berhasil mengembangkan versi lebih terjangkau dari mobil listrik Twingo dalam waktu 21 bulan, jauh lebih cepat dari siklus pengembangan sebelumnya yang biasanya memakan waktu 3 sampai 4 tahun.
Selain itu, pusat ini juga memungkinkan pengembangan model EV untuk merek murah Dacia dalam waktu yang sangat singkat, yaitu hanya 16 bulan, yang merupakan waktu pengembangan tercepat dalam sejarah Renault Group.
Renault berharap produk-produk EV dengan harga terjangkau ini dapat bersaing melawan mobil listrik merk Cina seperti BYD Seagull dan Nio Firefly di pasar Eropa, terutama dengan meningkatnya persaingan dari merek kendaraan listrik asal Cina.
--------------------
Analisis Kami: Langkah Renault menggunakan pusat teknologi di China adalah strategi yang sangat cerdas untuk memangkas biaya dan mempercepat waktu pemasaran, yang kini jadi tuntutan penting di era kompetisi EV global. Kombinasi kecepatan pengembangan dan fokus pada pasar global dapat membuat Renault kembali menjadi pemain kuat meski menghadapi tekanan keras dari merek China.
--------------------
Analisis Ahli:
Mary Barra: Memanfaatkan pusat R&D di China adalah langkah strategis yang bisa memperkuat kemampuan inovasi dan kecepatan produksi otomotif di tingkat global.
Elon Musk: Mengintegrasikan pasar dan teknologi China dalam produksi EV dapat menciptakan keunggulan kompetitif signifikan, terutama dari segi biaya dan kecepatan pengembangan model.
--------------------
What's Next: Renault kemungkinan akan meningkatkan volume dan variasi mobil listrik yang diproduksi di Shanghai untuk pasar global, memperkuat posisi mereka dalam persaingan global EV terutama di segmen harga terjangkau.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/business/banking-finance/article/3311710/renault-leverages-shanghai-development-centre-cars-aimed-markets-outside-europe?module=china_future_tech&pgtype=section
[1] https://www.scmp.com/business/banking-finance/article/3311710/renault-leverages-shanghai-development-centre-cars-aimed-markets-outside-europe?module=china_future_tech&pgtype=section
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan Renault Group mendirikan ACDC di Shanghai?A
Tujuan Renault Group mendirikan ACDC di Shanghai adalah untuk merancang kendaraan listrik dan mengurangi biaya produksi.Q
Model apa yang sedang dikembangkan oleh ACDC untuk pasar luar Eropa?A
ACDC sedang mengembangkan model berbasis baterai untuk Ampere dan Renault yang akan dijual di pasar luar Eropa.Q
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengembangkan versi terjangkau dari mobil listrik Twingo?A
Waktu yang diperlukan untuk mengembangkan versi terjangkau dari mobil listrik Twingo adalah 21 bulan.Q
Apa yang membuat pengembangan mobil listrik Dacia menjadi lebih cepat?A
Pengembangan mobil listrik Dacia menjadi lebih cepat karena dukungan dari pusat Shanghai yang memungkinkan proses yang lebih efisien.Q
Dengan siapa Renault berharap dapat bersaing di pasar Eropa?A
Renault berharap dapat bersaing dengan BYD dan Nio di pasar Eropa.