Courtesy of SCMP
Teknologi Baru Redam Getaran Kapal Selam Tingkatkan Kamuflase Bawah Air
Mengembangkan teknologi peredam getaran yang dapat mengurangi kebisingan mesin kapal selam sehingga mengurangi jarak deteksi oleh sonar musuh secara signifikan.
27 Mei 2025, 05.00 WIB
55 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Teknologi baru dapat meningkatkan stealth submarin dengan mengurangi kebisingan.
- Pengurangan kebisingan dapat menurunkan jarak deteksi sonar secara signifikan.
- Sistem isolasi baru menggabungkan pendekatan aktif dan pasif untuk mengendalikan vibrasi.
Shanghai, China - Para peneliti dari Shanghai mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi getaran dan kebisingan mesin kapal selam. Ini penting karena kebisingan mesin sering menjadi sumber utama yang membuat kapal selam mudah terdeteksi oleh sonar musuh.
Teknologi tersebut menggantikan mount mesin tradisional dengan sistem isolasi getaran hibrida, menggabungkan bahan baja dan karet serta lapisan aktif dengan aktuator piezoelektrik yang bisa menetralkan getaran mikro.
Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan kebisingan sebesar 10 dB dapat mengurangi jarak deteksi sonar hingga 32 persen, sehingga teknologi ini dengan pengurangan 26 dB bisa sangat efektif.
Dengan mengurangi kebisingan ini, kapal selam dapat beroperasi secara lebih rahasia dan aman, mengurangi risiko ditemukan selama misi bawah air, khususnya saat navigasi dengan kecepatan rendah.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan dari teknologi peredam vibrasi yang dikembangkan oleh tim penelitian?A
Tujuan dari teknologi peredam vibrasi adalah untuk meningkatkan stealth submarin selama operasi rahasia.Q
Berapa banyak pengurangan desibel yang bisa dicapai dengan teknologi ini?A
Teknologi ini dapat mengurangi kebisingan hingga 26 desibel.Q
Apa yang dapat terjadi jika kebisingan kendaraan bawah laut berkurang 10 dB?A
Jika kebisingan kendaraan bawah laut berkurang 10 dB, jarak deteksinya dapat menurun sebesar 32 persen.Q
Apa saja komponen dari sistem isolasi vibrasi yang diterapkan?A
Sistem isolasi vibrasi terdiri dari cincin 'sandwich' baja-karet-baja dan lapisan aktif dengan 12 aktuator piezoelektrik.Q
Di mana penelitian ini dipublikasikan?A
Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Noise and Vibration Control.