Insinyur Cina Kurangi Getaran Ekstrim pada Maglev Super Cepat di Shanxi
Courtesy of SCMP

Insinyur Cina Kurangi Getaran Ekstrim pada Maglev Super Cepat di Shanxi

Mengatasi masalah getaran dan turbulensi pada teknologi maglev berkecepatan ultra tinggi agar perjalanan menjadi nyaman dan teknologi bisa dijalankan secara praktis.

SCMP
DariĀ SCMP
28 Mei 2025, 09.00 WIB
105 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Penelitian ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam teknologi maglev di Tiongkok.
  • Solusi untuk mengurangi getaran pada kecepatan tinggi dapat meningkatkan kenyamanan penumpang.
  • Temuan ini juga memberikan perspektif baru bagi pengembangan konsep Hyperloop.
Para insinyur di Shanxi, Cina, bekerja pada jalur uji maglev pertama dengan skala penuh di dunia menghadapi masalah besar dari getaran keras yang muncul saat kereta berjalan sangat cepat. Masalah getaran ini terutama disebabkan oleh ketidaksempurnaan kecil pada trek seperti koil yang tidak rata dan deformasi jembatan, yang bisa membuat perjalanan menjadi sangat tidak nyaman, bahkan pada terowongan bertekanan rendah. Tim yang dipimpin Zhao Ming dari CASIC menggunakan simulasi komputer dan pengujian prototipe kecil untuk mencari solusi mengurangi getaran dan turbulensi. Hasilnya mereka berhasil menurunkan intensitas turbulensi hampir 50% sehingga getaran yang dulunya sangat mengganggu berubah menjadi masih terasa namun dapat ditoleransi oleh penumpang. Penemuan ini membuka peluang agar teknologi maglev ultra cepat dan konsep seperti Hyperloop yang masih lama digadang-gadang bisa lebih aman dan nyaman untuk digunakan di masa depan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditemukan oleh para ilmuwan Tiongkok terkait teknologi maglev?
A
Para ilmuwan Tiongkok mengklaim telah menemukan cara untuk mengurangi intensitas turbulensi pada teknologi maglev.
Q
Apa masalah utama yang dihadapi oleh teknologi maglev sebelum penelitian ini?
A
Masalah utama yang dihadapi adalah bahwa ketidakrataan jalur dan resonansi elektromagnetik dapat menyebabkan getaran rendah yang keras saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.
Q
Siapa yang memimpin penelitian ini?
A
Penelitian ini dipimpin oleh Zhao Ming dari divisi maglev dan propulsi elektromagnetik di CASIC.
Q
Apa yang digunakan untuk mengurangi intensitas turbulensi?
A
Para peneliti menggunakan simulasi superkomputer dan pengujian prototipe skala kecil untuk mengurangi masalah ini.
Q
Bagaimana penelitian ini dapat mempengaruhi konsep Hyperloop?
A
Penelitian ini dapat memberikan wawasan baru tentang tantangan yang dihadapi oleh konsep Hyperloop dan meningkatkan potensi teknologi maglev.

Artikel Serupa

Kemampuan dan Tantangan Misil Hipersonik China serta Teknologi Hipersonik BaratInterestingEngineering
Sains
1 bulan lalu
115 dibaca

Kemampuan dan Tantangan Misil Hipersonik China serta Teknologi Hipersonik Barat

Simulasi 3D mengungkapkan gangguan pada kecepatan hipersonik, pola aliran menciptakan tantangan.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
100 dibaca

Simulasi 3D mengungkapkan gangguan pada kecepatan hipersonik, pola aliran menciptakan tantangan.

Cina merencanakan peluncuran pad roket elektromagnetik pertama di dunia untuk bersaing dengan SpaceX.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
69 dibaca

Cina merencanakan peluncuran pad roket elektromagnetik pertama di dunia untuk bersaing dengan SpaceX.

China bertujuan untuk menerapkan peluncur roket maglev pada tahun 2028, menantang SpaceX.SCMP
Sains
2 bulan lalu
114 dibaca

China bertujuan untuk menerapkan peluncur roket maglev pada tahun 2028, menantang SpaceX.

Cina menguji afterburner hipersonik, menggandakan dorongan pada Mach 6.SCMP
Sains
2 bulan lalu
67 dibaca

Cina menguji afterburner hipersonik, menggandakan dorongan pada Mach 6.

China menguji prototipe kereta cepat tercepat di dunia dengan kecepatan 280 mph.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
171 dibaca

China menguji prototipe kereta cepat tercepat di dunia dengan kecepatan 280 mph.