Courtesy of SCMP
Insinyur Cina Kurangi Getaran Ekstrim pada Maglev Super Cepat di Shanxi
Mengatasi masalah getaran dan turbulensi pada teknologi maglev berkecepatan ultra tinggi agar perjalanan menjadi nyaman dan teknologi bisa dijalankan secara praktis.
28 Mei 2025, 09.00 WIB
105 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Penelitian ini menunjukkan kemajuan signifikan dalam teknologi maglev di Tiongkok.
- Solusi untuk mengurangi getaran pada kecepatan tinggi dapat meningkatkan kenyamanan penumpang.
- Temuan ini juga memberikan perspektif baru bagi pengembangan konsep Hyperloop.
Para insinyur di Shanxi, Cina, bekerja pada jalur uji maglev pertama dengan skala penuh di dunia menghadapi masalah besar dari getaran keras yang muncul saat kereta berjalan sangat cepat.
Masalah getaran ini terutama disebabkan oleh ketidaksempurnaan kecil pada trek seperti koil yang tidak rata dan deformasi jembatan, yang bisa membuat perjalanan menjadi sangat tidak nyaman, bahkan pada terowongan bertekanan rendah.
Tim yang dipimpin Zhao Ming dari CASIC menggunakan simulasi komputer dan pengujian prototipe kecil untuk mencari solusi mengurangi getaran dan turbulensi.
Hasilnya mereka berhasil menurunkan intensitas turbulensi hampir 50% sehingga getaran yang dulunya sangat mengganggu berubah menjadi masih terasa namun dapat ditoleransi oleh penumpang.
Penemuan ini membuka peluang agar teknologi maglev ultra cepat dan konsep seperti Hyperloop yang masih lama digadang-gadang bisa lebih aman dan nyaman untuk digunakan di masa depan.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang ditemukan oleh para ilmuwan Tiongkok terkait teknologi maglev?A
Para ilmuwan Tiongkok mengklaim telah menemukan cara untuk mengurangi intensitas turbulensi pada teknologi maglev.Q
Apa masalah utama yang dihadapi oleh teknologi maglev sebelum penelitian ini?A
Masalah utama yang dihadapi adalah bahwa ketidakrataan jalur dan resonansi elektromagnetik dapat menyebabkan getaran rendah yang keras saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.Q
Siapa yang memimpin penelitian ini?A
Penelitian ini dipimpin oleh Zhao Ming dari divisi maglev dan propulsi elektromagnetik di CASIC.Q
Apa yang digunakan untuk mengurangi intensitas turbulensi?A
Para peneliti menggunakan simulasi superkomputer dan pengujian prototipe skala kecil untuk mengurangi masalah ini.Q
Bagaimana penelitian ini dapat mempengaruhi konsep Hyperloop?A
Penelitian ini dapat memberikan wawasan baru tentang tantangan yang dihadapi oleh konsep Hyperloop dan meningkatkan potensi teknologi maglev.