Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Pomodo
TwitterInstagram
Tentang
TeknologiKecerdasan BuatanKendaraan Listrik dan BateraiKeamanan SiberPengembangan SoftwareGadgets dan WearablePermainan Console, PC, Mobile dan VRRobotika
BisnisEkonomi MakroStartup dan KewirausahaanManajemen dan Strategi BisnisMarketing
SainsFisika dan KimiaMatematikaNeurosains and PsikologiKesehatan dan Obat-obatanIklim dan LingkunganAstronomi dan Penjelajahan Luar Angkasa
FinansialMata Uang KriptoInvestasi dan Pasar ModalPerencanaan KeuanganPerbankan dan Layanan KeuanganKebijakan Fiskal
Baterai Lithium-Air Baru dengan Kapasitas Empat Kali Lipat dan Keamanan Tinggi
Courtesy of InterestingEngineering
Teknologi
Kendaraan Listrik dan Baterai

Baterai Lithium-Air Baru dengan Kapasitas Empat Kali Lipat dan Keamanan Tinggi

Mengembangkan baterai lithium-air berbasis reaksi empat elektron yang dapat beroperasi pada suhu kamar dengan energi tinggi, lebih aman, dan tahan lama untuk mendukung aplikasi masa depan seperti kendaraan listrik dan penyimpanan energi berskala besar.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
11 Jun 2025, 04.28 WIB
36 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Baterai lithium-udara baru memiliki potensi kapasitas energi hingga empat kali lipat dari baterai lithium-ion saat ini.
  • Reaksi empat elektron memungkinkan penyimpanan energi yang lebih efisien dan aman.
  • Inovasi dalam elektrolit padat dapat merevolusi penyimpanan energi terbarukan dan aplikasi kendaraan listrik.
Chicago, Amerika Serikat - Para ilmuwan dari Illinois Institute of Technology dan Argonne National Laboratory berhasil mengembangkan baterai lithium-air yang mampu menghasilkan energi empat kali lipat dibandingkan baterai lithium-ion biasa. Perkembangan ini berpotensi merevolusi penyimpanan energi untuk kendaraan listrik dan jaringan listrik masa depan.
Baca juga: Baterai Lithium–CO2 Baru: Energi Bersih dan Penangkap Polusi dalam Satu Teknologi
Kunci keberhasilan baterai ini adalah tercapainya reaksi kimia empat elektron yang memungkinkan pembentukan lithium oksida (Li₂O) sebagai produk utama, berbeda dengan baterai lithium-air tradisional yang hanya menghasilkan lithium superoksida atau peroksida yang membatasi kapasitas energi.
Elektrolit baterai menggunakan material padat berupa campuran keramik dan polimer yang meningkatkan keamanan dengan menghilangkan potensi kebocoran dan risiko kebakaran, sekaligus menjaga kestabilan reaksi kimia dalam jangka panjang.
Katalis trimolybdenum phosphide (Mo3P) memainkan peran penting dalam memfasilitasi dan menjaga kestabilan reaksi empat elektron ini selama minimal 1.000 siklus pengisian dan pengosongan baterai pada suhu kamar.
Baca juga: Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.
Teknologi ini memiliki potensi penggunaan luas bagi kendaraan listrik agar bisa menempuh jarak lebih jauh dengan bobot baterai lebih ringan, serta mendukung penyimpanan energi terbarukan yang lebih aman dan efisien, mendukung masa depan energi bersih.
(Sumber)

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dicapai oleh peneliti dalam pengembangan baterai lithium-udara?
A
Peneliti telah menciptakan baterai lithium-udara yang mampu mencapai reaksi empat elektron, yang sebelumnya tidak pernah dilakukan pada suhu kamar.
Q
Apa keuntungan dari reaksi empat elektron dalam baterai ini?
A
Reaksi empat elektron memungkinkan penyimpanan energi yang jauh lebih besar, dibandingkan dengan reaksi satu atau dua elektron yang umum terjadi pada baterai lithium.
Q
Mengapa elektrolit padat lebih aman dibandingkan elektrolit cair?
A
Elektrolit padat menghilangkan risiko kebocoran atau kebakaran, sehingga meningkatkan keamanan baterai dan stabilitas proses elektrokimia.
Q
Apa peran dari trimolybdenum fosfida dalam baterai baru ini?
A
Trimolybdenum fosfida berfungsi sebagai katalis yang memfasilitasi transfer empat elektron dan menjaga stabilitas reaksi dalam jangka waktu lama.
Q
Apa potensi dampak dari baterai lithium-udara ini terhadap kendaraan listrik?
A
Baterai lithium-udara ini dapat secara signifikan memperpanjang jarak tempuh kendaraan listrik sambil mengurangi berat dan ukuran baterai.

Artikel Serupa

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Dari InterestingEngineering
"Baterai EV tanpa anoda yang 'mustahil' menjanjikan jarak lebih dari 804.67 km (500 mil) dalam sekali pengisian."
"Baterai EV tanpa anoda yang 'mustahil' menjanjikan jarak lebih dari 804.67 km (500 mil) dalam sekali pengisian."
Dari InterestingEngineering
Baterai EV hidrogen baru China mencapai kepadatan energi 2825 Wh/kg dengan efisiensi 99,7%.
Baterai EV hidrogen baru China mencapai kepadatan energi 2825 Wh/kg dengan efisiensi 99,7%.
Dari InterestingEngineering
Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.
Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.
Dari InterestingEngineering
Ilmuwan AS menggunakan neutron untuk mengembangkan baterai solid-state yang lebih aman dan pengisian yang lebih cepat.
Ilmuwan AS menggunakan neutron untuk mengembangkan baterai solid-state yang lebih aman dan pengisian yang lebih cepat.
Dari InterestingEngineering
Terobosan baterai lithium-udara China mencapai umur 960 jam, dengan efisiensi 95,8%.
Terobosan baterai lithium-udara China mencapai umur 960 jam, dengan efisiensi 95,8%.
Dari InterestingEngineering
Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
64 dibaca

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.

"Baterai EV tanpa anoda yang 'mustahil' menjanjikan jarak lebih dari 804.67 km (500 mil) dalam sekali pengisian."InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
190 dibaca

"Baterai EV tanpa anoda yang 'mustahil' menjanjikan jarak lebih dari 804.67 km (500 mil) dalam sekali pengisian."

Baterai EV hidrogen baru China mencapai kepadatan energi 2825 Wh/kg dengan efisiensi 99,7%.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
94 dibaca

Baterai EV hidrogen baru China mencapai kepadatan energi 2825 Wh/kg dengan efisiensi 99,7%.

Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
126 dibaca

Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.

Ilmuwan AS menggunakan neutron untuk mengembangkan baterai solid-state yang lebih aman dan pengisian yang lebih cepat.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
174 dibaca

Ilmuwan AS menggunakan neutron untuk mengembangkan baterai solid-state yang lebih aman dan pengisian yang lebih cepat.

Terobosan baterai lithium-udara China mencapai umur 960 jam, dengan efisiensi 95,8%.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
110 dibaca

Terobosan baterai lithium-udara China mencapai umur 960 jam, dengan efisiensi 95,8%.