Kebijakan Zero ODOL Terhambat, Kecelakaan Truk Berat Terus Meningkat
Courtesy of CNBCIndonesia

Kebijakan Zero ODOL Terhambat, Kecelakaan Truk Berat Terus Meningkat

Memberikan informasi dan penjelasan terkait keterlambatan implementasi kebijakan Zero ODOL serta akibatnya pada keselamatan lalu lintas di Indonesia.

26 Jun 2025, 20.06 WIB
97 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kebijakan Zero ODOL telah ada sejak 2017 namun belum diimplementasikan secara efektif.
  • Penundaan implementasi kebijakan ini telah berkontribusi pada peningkatan kecelakaan lalu lintas.
  • Keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama dalam penegakan aturan ODOL.
Jakarta, Indonesia - Kebijakan untuk mengatasi truk ODOL sudah dirancang sejak tahun 2017 di Indonesia, tetapi pelaksanaannya selalu mengalami penundaan. Menurut Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, meskipun kebijakan ini sudah masuk dalam peraturan sejak 2009, implementasi nyata dari aturan tersebut baru akan dimulai pada tahun ini.
Pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan roadmap penanganan truk ODOL dengan target mulai efektif sejak 2018. Namun, kebijakan ini mendapat penolakan dari para pengemudi truk yang meminta penundaan. Penundaan ini berlangsung terus hingga sekarang, menyebabkan pelaksanaan yang seharusnya sudah diterapkan sejak lama tidak berjalan sesuai rencana.
Akibat dari penundaan tersebut adalah meningkatnya jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk angkutan barang setiap tahun. Data tahun 2024 menunjukkan terdapat lebih dari 27.000 kecelakaan dan korban tewas mencapai 6.000 orang, angka yang cukup tinggi dan sangat mengkhawatirkan.
Menteri Dudy menegaskan pentingnya menyeimbangkan antara kepentingan pengemudi truk dan keselamatan masyarakat luas. Meskipun pemerintah memahami penolakan dari supir truk, keselamatan jiwa menjadi prioritas utama yang harus dijaga dengan implementasi kebijakan Zero ODOL.
Seluruh pihak diharapkan dapat mendukung pelaksanaan kebijakan ini agar kecelakaan akibat truk ODOL dapat diminimalisasi. Implementasi penuh Zero ODOL diharapkan bisa memberikan jalan yang lebih aman bagi pengguna jalan dan mengurangi angka kematian di jalan raya.
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250626200403-37-644340/kebijakan-truk-odol-mangkrak-16-tahun-ini-kata-menhub

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu kebijakan Zero ODOL?
A
Kebijakan Zero ODOL adalah kebijakan untuk mencegah truk berlebih muatan dan dimensi.
Q
Kapan kebijakan Zero ODOL pertama kali digagas?
A
Kebijakan Zero ODOL pertama kali digagas pada tahun 2017.
Q
Apa alasan penundaan implementasi kebijakan ini?
A
Alasan penundaan implementasi termasuk keberatan dari pengemudi dan kurangnya tindakan tegas dari pihak berwenang.
Q
Apa dampak dari truk ODOL terhadap keselamatan lalu lintas?
A
Dampak dari truk ODOL terhadap keselamatan lalu lintas adalah meningkatnya angka kecelakaan, dengan banyak korban jiwa.
Q
Siapa yang mengungkapkan informasi terkait kebijakan ini?
A
Informasi terkait kebijakan ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi.

Artikel Serupa

Pemerintah Rancang Regulasi Khusus untuk Kesejahteraan Pengemudi Ojek OnlineCNBCIndonesia
Finansial
3 bulan lalu
42 dibaca

Pemerintah Rancang Regulasi Khusus untuk Kesejahteraan Pengemudi Ojek Online

Pemerintah Siapkan Aturan Baru untuk Driver Ojek Online: BHR dan PerlindunganCNBCIndonesia
Finansial
3 bulan lalu
99 dibaca

Pemerintah Siapkan Aturan Baru untuk Driver Ojek Online: BHR dan Perlindungan

Pengusaha & Supir Truk Mogok Operasi, Turun ke Jalan Tuntut IniCNBCIndonesia
Finansial
4 bulan lalu
170 dibaca

Pengusaha & Supir Truk Mogok Operasi, Turun ke Jalan Tuntut Ini

Pengusaha Truk Masih Mogok Operasi Hari Ini, Mau Geruduk Kantor MenhubCNBCIndonesia
Finansial
4 bulan lalu
134 dibaca

Pengusaha Truk Masih Mogok Operasi Hari Ini, Mau Geruduk Kantor Menhub

Dedi Mulyadi Bikin Gebrakan Baru, Tukang Becak-Supir Angkot HappyCNBCIndonesia
Finansial
4 bulan lalu
74 dibaca

Dedi Mulyadi Bikin Gebrakan Baru, Tukang Becak-Supir Angkot Happy

Dilarang Beroperasi saat Mudik, Pengusaha Truk Curhat Bisa Rugi Rp 5 TCNBCIndonesia
Bisnis
4 bulan lalu
106 dibaca

Dilarang Beroperasi saat Mudik, Pengusaha Truk Curhat Bisa Rugi Rp 5 T