Prime Day Amazon 2024: Ledakan Trafik dan Penjualan Berkat AI Generatif
Courtesy of TechCrunch

Prime Day Amazon 2024: Ledakan Trafik dan Penjualan Berkat AI Generatif

Mengungkap dampak besar dari penggunaan produk generative AI terhadap trafik dan penjualan e-commerce selama Amazon Prime Day tahun ini dan melihat tren utama dalam perilaku belanja online konsumen.

14 Jul 2025, 23.44 WIB
40 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Acara Prime Day 2023 mencatat pengeluaran online yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Generative AI mulai berperan penting dalam meningkatkan lalu lintas e-commerce, meskipun masih lebih kecil dibandingkan saluran lain.
  • Pengaruh media sosial dan influencer semakin meningkat dalam mendorong penjualan online.
Amerika Serikat - Amazon Prime Day tahun ini menjadi salah satu acara terbesar di dunia e-commerce Amerika Serikat dengan penjualan online mencapai 24,1 miliar dolar AS, meningkat lebih dari 30% dibanding tahun lalu. Acara ini berlangsung selama empat hari dari 8 hingga 11 Juli dan memberikan kesempatan bagi konsumen untuk memanfaatkan berbagai diskon besar.
Salah satu faktor pendorong utama adalah penggunaan produk generative AI seperti chatbot dan browser yang membantu konsumen mencari dan membeli barang dengan lebih mudah. Trafik ke situs ritel yang menggunakan AI ini melonjak sebesar 3.300% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Meskipun begitu, kanal penjualan lain seperti paid search masih mendominasi dengan kontribusi 28,5% terhadap total penjualan selama Prime Day. Selain itu, pengaruh influencer media sosial juga semakin besar, mereka mampu mendorong hampir 20% dari seluruh penjualan selama acara dan memiliki tingkat keberhasilan konversi jauh lebih tinggi.
Kategori produk seperti peralatan rumah tangga, perlengkapan kantor, dan elektronik menunjukkan kenaikan penjualan paling signifikan, beberapa bahkan lebih dari dua kali lipat dibandingkan rata-rata penjualan harian bulan Juni. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memanfaatkan Prime Day untuk membeli barang-barang kebutuhan penting maupun elektronik.
Meskipun Amazon tidak membeberkan detail angka penjualan secara resmi, pihak ketiga melaporkan bahwa awalnya penjualan menurun pada dua hari pertama, tapi kemudian meningkat drastis pada hari ketiga. Ini menandakan bahwa konsumen cenderung menunggu hingga hari-hari terakhir untuk mendapatkan diskon terbaik.
Sumber: https://techcrunch.com/2025/07/14/prime-day-event-drove-over-24b-in-u-s-e-commerce-sales-gen-ai-traffic-was-up-3300/

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang terjadi dengan lalu lintas ritel selama Prime Day?
A
Lalu lintas ritel meningkat sebesar 3.300% tahun ke tahun berkat produk generative AI.
Q
Berapa total pengeluaran online yang tercatat selama acara Prime Day?
A
Total pengeluaran online tercatat sebesar $24,1 miliar selama Prime Day.
Q
Apa peran generative AI dalam meningkatkan pengalaman belanja online?
A
Generative AI membantu meningkatkan minat konsumen dalam menggunakan layanan chat dan browser untuk belanja.
Q
Bagaimana efektivitas influencer dalam mengonversi pembeli selama Prime Day?
A
Influencer mengonversi pembeli menjadi pembelian 10 kali lebih efektif dibandingkan media sosial secara keseluruhan.
Q
Apa kategori produk yang mengalami pertumbuhan signifikan selama acara tersebut?
A
Kategori produk yang mengalami pertumbuhan signifikan termasuk peralatan rumah tangga, perlengkapan kantor, dan elektronik.

Artikel Serupa

AI Mengambil Pusat Perhatian Saat Industri Ritel Berkumpul Untuk Pameran Dagang TahunanForbes
Teknologi
6 bulan lalu
119 dibaca

AI Mengambil Pusat Perhatian Saat Industri Ritel Berkumpul Untuk Pameran Dagang Tahunan

Belanja Online AS Mencapai Rekor Rp 4.64 quadriliun ($282 Miliar)  Selama Musim Liburan Ini, Kata SalesforceYahooFinance
Bisnis
6 bulan lalu
215 dibaca

Belanja Online AS Mencapai Rekor Rp 4.64 quadriliun ($282 Miliar) Selama Musim Liburan Ini, Kata Salesforce

Pengeluaran online tumbuh 3% menjadi rekor Rp 19.73 quadriliun ($1,2 triliun)  selama periode liburan, kata Salesforce.TechCrunch
Teknologi
6 bulan lalu
158 dibaca

Pengeluaran online tumbuh 3% menjadi rekor Rp 19.73 quadriliun ($1,2 triliun) selama periode liburan, kata Salesforce.

Belanja yang dipengaruhi AI meningkatkan penjualan liburan online, menunjukkan data Salesforce.YahooFinance
Teknologi
6 bulan lalu
156 dibaca

Belanja yang dipengaruhi AI meningkatkan penjualan liburan online, menunjukkan data Salesforce.

Penjualan Liburan Melebihi Perkiraan Berkat Peningkatan Belanja Online, Kata Mastercard.YahooFinance
Bisnis
7 bulan lalu
149 dibaca

Penjualan Liburan Melebihi Perkiraan Berkat Peningkatan Belanja Online, Kata Mastercard.

Musim Belanja Liburan Pertama yang Sepenuhnya Didukung AI Telah TibaForbes
Teknologi
7 bulan lalu
71 dibaca

Musim Belanja Liburan Pertama yang Sepenuhnya Didukung AI Telah Tiba