Jack Dorsey dan Timnya Ciptakan Media Sosial Terbuka Bebas Iklan dan Perusahaan
Courtesy of YahooFinance

Jack Dorsey dan Timnya Ciptakan Media Sosial Terbuka Bebas Iklan dan Perusahaan

Membangun alat dan protokol terbuka dan eksperimental yang bisa merevolusi media sosial dengan lebih transparan, terdesentralisasi, dan tidak bergantung pada perusahaan atau iklan, serta memberi kebebasan lebih kepada penggunanya.

17 Jul 2025, 11.01 WIB
16 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Dorsey berfokus pada pengembangan proyek sumber terbuka untuk mengubah lanskap media sosial.
  • Tim 'and Other Stuff' berusaha untuk menciptakan aplikasi sosial baru tanpa tekanan dari iklan.
  • Dorsey percaya bahwa media sosial harus beroperasi lebih seperti protokol terbuka daripada perusahaan tradisional.
Costa Rica, Amerika Serikat; New Zealand, Selandia Baru; Switzerland, Swiss - Jack Dorsey, mantan CEO Twitter, berinvestasi besar-besaran untuk menciptakan platform media sosial baru yang terbuka dan eksperimental. Melalui komunitas bernama 'and Other Stuff', dia bersama beberapa ahli teknologi lain berfokus mengembangkan protokol dan aplikasi yang bisa menggantikan model media sosial tradisional yang kini banyak bergantung pada iklan dan perusahaan besar.
Tim ini menggunakan protokol Nostr, yang berbeda dari jaringan media sosial biasa karena sifatnya yang terbuka dan tidak dikendalikan oleh perusahaan. Mereka juga mencoba teknologi lain seperti ActivityPub, yang digunakan Mastodon. Mereka membuat berbagai aplikasi baru berbasis protokol ini, termasuk platform pembangunan aplikasi yang dibantu kecerdasan buatan.
Dorsey percaya bahwa model perusahaan yang mengandalkan pendanaan modal ventura dan pengiklan menyebabkan platform media sosial kehilangan fokus dan membuat pengalaman pengguna buruk. Dia memperingatkan bahwa ketergantungan pada iklan membuat perusahaan sangat rentan ketika pendapatan bisa hilang begitu saja jika pengiklan menarik dukungan mereka.
Selain mengembangkan aplikasi dan alat untuk para pengembang, komunitas ini juga sedang merancang sebuah 'Bill of Rights' bagi pengguna media sosial yang mengatur privasi, transparansi, dan hak-hak lain agar pengguna tetap memiliki kontrol atas data dan pengalaman mereka.
Melalui pendekatan komunitas dan teknologi terbuka ini, Dorsey dan timnya berharap bisa memberikan alternatif media sosial yang lebih sehat, demokratis, dan berfokus pada pengguna, tanpa terjebak dalam masalah perusahaan besar dan tekanan eksternal seperti pemerintah atau investor.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/jack-dorsey-pumps-10-million-040100490.html

Analisis Kami

"Pendekatan Jack Dorsey ini sangat menjanjikan untuk mengatasi masalah mendasar dalam media sosial saat ini, terutama soal kontrol dan moderasi konten yang bias kepentingan korporasi. Namun, tantangan terbesarnya adalah bagaimana membangun komunitas dan ekosistem yang cukup besar dan aktif tanpa struktur tradisional perusahaan yang biasanya memegang peran penting dalam pendanaan dan pengembangan jangka panjang."

Analisis Ahli

Cory Doctorow
"Mendukung pendekatan terbuka dan terdesentralisasi sebagai solusi untuk 'enshittification' media sosial, karena ini memberikan transparansi dan kontrol lebih kepada pengguna."
Yoel Roth
"Menyoroti pentingnya mekanisme moderasi yang adil namun tetap menghargai kebebasan berpendapat dalam protokol terbuka seperti Nostr."

Prediksi Kami

Jika pendekatan ini berhasil, akan muncul ekosistem media sosial baru yang benar-benar terdesentralisasi, memberi pengguna kendali lebih besar dan mengurangi ketergantungan pada iklan serta intervensi pemerintah, sehingga merevolusi interaksi sosial digital di masa depan.

Pertanyaan Terkait

Q
Siapa Jack Dorsey dan apa perannya dalam proyek terbaru ini?
A
Jack Dorsey adalah co-founder Twitter dan CEO Block yang saat ini berinvestasi dalam proyek sumber terbuka dan aplikasi sosial baru.
Q
Apa itu 'and Other Stuff' dan siapa saja anggota timnya?
A
'and Other Stuff' adalah kolektif online yang didirikan untuk mengeksplorasi proyek sosial dan teknologi baru, terdiri dari Dorsey dan beberapa mantan karyawan Twitter serta pengembang lainnya.
Q
Mengapa Dorsey percaya bahwa Twitter seharusnya tidak menjadi sebuah perusahaan?
A
Dorsey percaya bahwa Twitter seharusnya tidak menjadi perusahaan karena adanya tekanan dari iklan yang mengganggu integritas platform.
Q
Apa tujuan dari protokol Nostr dalam konteks media sosial?
A
Nostr adalah protokol jaringan sosial yang terbuka dan apolitik yang bertujuan untuk memberikan kontrol lebih kepada pengguna tanpa intervensi komersial.
Q
Apa yang ingin dicapai oleh tim 'and Other Stuff' melalui eksperimen mereka?
A
Tim 'and Other Stuff' ingin menciptakan teknologi yang memungkinkan pengembangan aplikasi sosial baru dan alat yang memberi pengguna lebih banyak kontrol dan privasi.

Artikel Serupa

Mengapa FTC Salah Sasaran dalam Menghadapi Dominasi Meta di Media SosialTheVerge
Bisnis
4 bulan lalu
107 dibaca

Mengapa FTC Salah Sasaran dalam Menghadapi Dominasi Meta di Media Sosial

Gerakan Baru untuk Web Terdesentralisasi: Membebaskan Pengguna dari Kekuasaan Platform BesarTechCrunch
Teknologi
5 bulan lalu
290 dibaca

Gerakan Baru untuk Web Terdesentralisasi: Membebaskan Pengguna dari Kekuasaan Platform Besar

Mengapa Layanan Teknologi Besar Semakin Buruk dan Kesempatan Besar untuk StartupTechCrunch
Bisnis
6 bulan lalu
134 dibaca

Mengapa Layanan Teknologi Besar Semakin Buruk dan Kesempatan Besar untuk Startup

Kenapa Pengalaman Internet Memburuk dan Peluang Startup Mengguncang Big TechTechCrunch
Bisnis
6 bulan lalu
78 dibaca

Kenapa Pengalaman Internet Memburuk dan Peluang Startup Mengguncang Big Tech

Alternatif TikTok Terdesentralisasi: Masa Depan Sosial Video di Bluesky dan AT ProtocolTechCrunch
Teknologi
7 bulan lalu
292 dibaca

Alternatif TikTok Terdesentralisasi: Masa Depan Sosial Video di Bluesky dan AT Protocol

Graze Ciptakan Alat Unik untuk Monetisasi Feed Bluesky yang TerdesentralisasiTechCrunch
Bisnis
7 bulan lalu
300 dibaca

Graze Ciptakan Alat Unik untuk Monetisasi Feed Bluesky yang Terdesentralisasi