Inovasi Matematika dan Reaktor Otomatis Ciptakan Baterai Lithium-ion Lebih Aman
Courtesy of InterestingEngineering

Inovasi Matematika dan Reaktor Otomatis Ciptakan Baterai Lithium-ion Lebih Aman

Mengembangkan pendekatan matematis dan sistem reaktor otomatis untuk menghasilkan katoda lithium-ion dengan gradien konsentrasi penuh yang dapat dikustomisasi secara presisi, demi meningkatkan keamanan dan kestabilan baterai lithium-ion.

17 Jul 2025, 23.45 WIB
101 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Pendekatan baru memungkinkan kontrol yang lebih presisi dalam sintesis katoda baterai.
  • Kolaborasi internasional penting untuk pengembangan teknologi baterai yang lebih aman dan efisien.
  • Gradien konsentrasi penuh dapat meningkatkan stabilitas dan keamanan baterai lithium-ion.
Saat ini, kebutuhan akan kendaraan listrik yang semakin meningkat membuat para ilmuwan fokus mengembangkan baterai lithium-ion yang lebih aman dan tahan lama. Salah satu komponen penting dalam baterai ini adalah katoda, yang berkontribusi besar terhadap biaya dan performa baterai. Biasanya, katoda dengan kandungan nikel tinggi memiliki energi yang baik dan biaya yang lebih murah, tapi kandungan nikel yang banyak juga menyebabkan reaksi yang merugikan serta membuat baterai kurang stabil dan mudah rusak. Untuk merespons masalah ini, peneliti mengembangkan metode baru dengan menggunakan pendekatan matematis yang memungkinkan pembuatan gradien konsentrasi katoda secara flexible. Ini bisa diartikan sebagai pengaturan kadar bahan kimia dalam katoda dengan sangat presisi dan sesuai kebutuhan. Penelitian ini juga menggabungkan penggunaan sistem reaktor otomatis yang dapat membuat beberapa variasi katoda dengan gradien kimia yang berbeda dan sangat terkontrol. Hasilnya, mereka berhasil menciptakan lima jenis katoda dengan sifat yang sudah diatur khusus melalui metode ini. Kolaborasi internasional yang melibatkan beberapa universitas dan laboratorium besar di Korea dan Amerika Serikat menguatkan penelitian ini, yang diharapkan bisa membuka jalan bagi baterai lithium-ion yang lebih efisien, aman, dan tahan lama untuk kebutuhan kendaraan listrik dan teknologi lainnya.
Sumber: https://interestingengineering.com/energy/long-lasting-lithium-battery-breakthrough-tech

Pertanyaan Terkait

Q
Apa pendekatan baru yang dikembangkan untuk baterai lithium-ion?
A
Pendekatan baru melibatkan penggunaan gradien konsentrasi penuh (FCG) dengan kontrol parameter yang independen.
Q
Mengapa katoda tinggi-nikel menjadi perhatian dalam penelitian baterai?
A
Katoda tinggi-nikel memiliki kepadatan energi tinggi dan efisiensi biaya, namun meningkatkan kandungan nikel dapat menyebabkan reaksi samping yang merugikan.
Q
Apa yang menjadi kelemahan dari metode sintesis katoda gradien konsentrasi penuh tradisional?
A
Kelemahan dari metode tradisional adalah aliran tetap dari tangki kedua, sehingga hanya satu gradien spesifik yang dapat dicapai.
Q
Bagaimana tim peneliti mengatasi keterbatasan dalam sintesis katoda?
A
Tim peneliti mengatasi keterbatasan dengan mengekspresikan laju aliran dari tangki kedua sebagai fungsi matematis yang bergantung pada waktu.
Q
Siapa saja institusi yang terlibat dalam kolaborasi penelitian ini?
A
Institusi yang terlibat termasuk Universitas Illinois Chicago, Laboratorium Nasional Argonne, dan beberapa institusi di Korea dan Amerika Serikat.

Artikel Serupa

Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
141 dibaca

Ilmuwan Korea menangani baterai yang meledak, menjanjikan jangkauan 997.79 km (620 mil) untuk EV masa depan.

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
144 dibaca

Terobosan baterai EV generasi berikutnya mengemas 30% lebih banyak daya dengan penemuan yang mengejutkan.

Elektrolit polimer anorganik yang dibangun dalam wadah yang sama untuk meningkatkan kinerja baterai EV.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
73 dibaca

Elektrolit polimer anorganik yang dibangun dalam wadah yang sama untuk meningkatkan kinerja baterai EV.

Terobosan baterai EV solid-state dengan katoda Ni mempertahankan 80% kapasitas setelah 300 siklus.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
148 dibaca

Terobosan baterai EV solid-state dengan katoda Ni mempertahankan 80% kapasitas setelah 300 siklus.

Baterai EV lithium mendapatkan umur baru dengan 12.000 siklus lebih banyak berkat injeksi baru dari China.InterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
162 dibaca

Baterai EV lithium mendapatkan umur baru dengan 12.000 siklus lebih banyak berkat injeksi baru dari China.

Penelitian terobosan mengatasi hambatan kunci untuk baterai Li-ion yang lebih tahan lama bagi kendaraan listrik (EV).InterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
104 dibaca

Penelitian terobosan mengatasi hambatan kunci untuk baterai Li-ion yang lebih tahan lama bagi kendaraan listrik (EV).