Courtesy of YahooFinance
Memahami TAM: Cara Pendiri Startup Menghadapi Pasar Yang Ada dan Yang Belum Terlihat
Memberikan perspektif baru kepada para pendiri startup tentang pentingnya memahami kategori pasar (TAM) serta menyampaikan bahwa menciptakan pasar baru bisa menjadi peluang besar sekaligus tantangan dalam membangun startup.
26 Jul 2025, 05.00 WIB
19 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Pendiri perlu memahami bahwa pasar baru bisa diciptakan, bukan hanya ditemukan.
- Penting untuk memiliki wawasan unik tentang pasar, bukan hanya bergantung pada laporan industri.
- Memahami perilaku pelanggan adalah kunci untuk menarik perhatian investor.
Boston, Amerika Serikat - Para pendiri startup sering kali dipusingkan dengan konsep Total Addressable Market (TAM) ketika mencoba mengembangkan produk baru. Namun, sebenarnya banyak startup sukses yang lahir dari pasar yang sebelumnya belum ada atau hampir tidak terlihat sama sekali.
Jahanvi Sardana dari Index Ventures membagi TAM menjadi tiga jenis utama: pasar yang sudah ada dan dikenal, pasar yang sedang berkembang, dan pasar yang tidak terlihat. Pasar yang sudah dikenal berarti ada produk serupa dan pendiri harus mampu membuktikan produknya lebih baik.
Pasar yang sedang berkembang berada pada tahap awal, misalnya produk yang telah digunakan sebagian orang dan berpotensi menjadi tren utama. Contohnya adalah non-alkohol bir ketika mulai populer. Sedangkan pasar yang tidak terlihat adalah pasar baru yang harus diciptakan oleh startup, seperti smartphone di tahun 2006 yang kemudian merubah dunia.
Sardana juga memberikan tips agar pendiri tidak hanya mengandalkan data industri eksternal dan ukuran pasar secara kasat mata, melainkan harus punya insight unik dan memahami bagaimana produk mereka bisa mengubah perilaku pelanggan dan membuka supply baru, terutama pada model bisnis marketplace.
Investor pada dasarnya menilai pendiri yang bisa memahami dengan jelas siapa pelanggan mereka dan mengapa pelanggan mau membeli produk tersebut. TAM seharusnya menjadi cerminan dari ambisi pendiri dan kemampuan mereka untuk merespon gelombang teknologi besar seperti AI yang sedang berkembang saat ini.
Sumber: https://finance.yahoo.com/news/index-ventures-jahanvi-sardana-shares-220000718.html
Pertanyaan Terkait
Q
Apa itu TAM dan mengapa penting bagi pendiri startup?A
TAM adalah Total Addressable Market yang merepresentasikan ukuran pasar potensial untuk produk atau layanan startup, penting untuk menunjukkan peluang kepada investor.Q
Apa tiga kategori TAM yang dijelaskan oleh Jahanvi Sardana?A
Tiga kategori TAM adalah pasar yang dikenal, pasar yang muncul, dan pasar yang tidak terlihat.Q
Mengapa pasar yang tidak terlihat dianggap sebagai perangkap terbesar bagi pendiri?A
Pasar yang tidak terlihat dianggap sebagai perangkap terbesar karena pendiri harus menciptakan pasar baru dan menunjukkan kepada investor potensi inovasi.Q
Bagaimana cara mengevaluasi TAM dalam pasar besar seperti marketplace?A
Untuk mengevaluasi TAM dalam marketplace, penting untuk fokus pada bagaimana membuka pasokan dan bagaimana perilaku konsumen akan berubah setelah itu.Q
Apa yang membuat sebuah perusahaan menonjol di mata investor?A
Sebuah perusahaan dapat menonjol jika pendirinya memahami siapa pelanggan mereka dan mengapa mereka ingin membeli produk tersebut.