Courtesy of TechCrunch
Startup Israel AIR Siapkan eVTOL Berawak dan Tanpa Awak untuk Masa Depan Transportasi
Mendorong pengembangan dan produksi eVTOL berawak dan tanpa awak untuk pasar pribadi, komersial, dan pertahanan dengan desain yang efisien serta memanfaatkan peluang regulasi dan pendanaan terbaru.
30 Jul 2025, 20.15 WIB
59 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- AIR mengembangkan pesawat eVTOL berawak dan tanpa awak dengan arsitektur yang sama untuk efisiensi.
- Perusahaan berhasil mengamankan pendanaan untuk memperluas kapasitas produksi dan ekspansi ke pasar AS.
- Sertifikasi pesawat AIR ONE diharapkan dapat dilakukan dengan jalur yang lebih sederhana berdasarkan aturan MOSAIC yang baru.
Israel, Israel - Ketegangan geopolitik dan meningkatnya anggaran pertahanan mendorong produsen pesawat eVTOL untuk mengembangkan dua jenis pesawat sekaligus: yang berawak dan tanpa awak. AIR, startup dari Israel, mengambil langkah inovatif dengan merancang kedua tipe pesawat menggunakan desain dan sistem inti yang sama agar pengembangan menjadi efisien.
AIR sudah meluncurkan pesawat kargo tanpa awak dan berhasil melakukan pengiriman pertama pada akhir 2023. Saat ini, mereka juga fokus pada pesawat berawak AIR ONE yang ditujukan untuk penggunaan pribadi dan akan segera memasuki pasar dengan sertifikasi Light Sport Aircraft sesuai aturan FAA terbaru.
Perusahaan ini mendapatkan pendanaan sebesar 23 juta dolar dalam putaran Seri A yang akan dipakai untuk memperluas fasilitas produksi di Israel dan mendirikan basis manufaktur di Amerika Serikat agar dapat mengakses pasar dan kontrak pemerintah yang semakin berkembang.
Mekanisme sayap lipat pada pesawat ini memungkinkan penyimpanan yang mudah, cukup di garasi atau area datar biasa, tanpa kebutuhan bandara atau peralatan khusus. Selain itu, prosedur operasional standar yang sederhana membuat pesawat cargo mereka bisa dioperasikan oleh tenaga yang kurang berpengalaman sekalipun.
AIR menghadapi persaingan dari perusahaan seperti Joby Aviation dan Archer Aviation, yang sudah memiliki kemitraan dengan maskapai dan kontrak militer. Namun, AIR percaya pendekatan desain bersama, kontrol biaya, dan strategi manufaktur mereka akan memberinya keunggulan dalam pasar yang tumbuh pesat ini.
Referensi:
[1] https://techcrunch.com/2025/07/30/air-secures-23m-to-boost-u-s-expansion-and-evtol-innovation/
[1] https://techcrunch.com/2025/07/30/air-secures-23m-to-boost-u-s-expansion-and-evtol-innovation/
Analisis Kami
"Pendekatan AIR yang menggabungkan desain untuk kedua varian eVTOL menunjukkan pemahaman strategis tentang efisiensi pengembangan dan produksi, yang bisa menjadi kunci sukses mereka. Namun, tantangan besar tetap ada terutama dalam membuat basis manufaktur lokal di AS serta memenangkan sertifikasi yang berlapis-lapis, yang memerlukan waktu dan biaya signifikan."
Analisis Ahli
Daniel Wiegand
"Pendekatan integratif AIR sangat menjanjikan, karena banyak startup eVTOL berjuang dengan fragmentasi desain yang memperlambat pengembangan."
Melissa Burns
"Fokus pada manufaktur 'automotive-grade' adalah kunci untuk mengurangi biaya dan mempercepat produksi eVTOL, membuat mereka lebih kompetitif dalam pasar yang sedang berkembang."
Prediksi Kami
AIR akan segera memulai produksi massal eVTOL di fasilitas AS dan masuk ke pasar dengan produk berawak dan tanpa awak yang terjangkau dan mudah dioperasikan, namun akan menghadapi persaingan sengit dari perusahaan eVTOL lain yang sudah mapan.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang menjadi pendekatan yang diambil oleh perusahaan eVTOL seperti AIR?A
Perusahaan eVTOL seperti AIR mengambil pendekatan dua arah dengan mengembangkan pesawat berawak untuk penggunaan pribadi dan pesawat tanpa awak untuk pengiriman dan pertahanan.Q
Apa nama pesawat eVTOL yang ditawarkan oleh AIR untuk penggunaan pribadi?A
Pesawat eVTOL yang ditawarkan oleh AIR untuk penggunaan pribadi bernama AIR ONE.Q
Berapa banyak pesanan awal yang telah diamankan oleh AIR untuk pesawat AIR ONE?A
AIR telah mengamankan lebih dari 2.500 pesanan awal untuk pesawat AIR ONE.Q
Apa tujuan dari pendanaan Seri A yang baru saja diraih oleh AIR?A
Tujuan dari pendanaan Seri A yang diraih oleh AIR adalah untuk meningkatkan fasilitas produksi, merekrut karyawan tambahan, dan mendukung ekspansi ke AS.Q
Apa yang membedakan desain pesawat AIR dari pesaingnya?A
Desain pesawat AIR memiliki arsitektur yang sama antara kedua varian, yang memungkinkan peningkatan lintas platform.