Courtesy of TechCrunch
Startup Conversion Ciptakan Otomasi Pemasaran AI untuk Bisnis Menengah
Mengembangkan dan mengkomersilkan solusi otomasi pemasaran berbasis AI yang lebih canggih untuk mengatasi keterbatasan alat pemasaran lama dan membantu perusahaan mengefektifkan proses pemasaran mereka.
30 Jul 2025, 22.00 WIB
8 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Conversion berhasil mengidentifikasi kebutuhan pasar dalam otomatisasi pemasaran dan meresponnya dengan solusi AI.
- Pendiri Conversion menunjukkan bagaimana pengalaman pribadi dan jaringan dapat membuka peluang bisnis yang sukses.
- Perusahaan ini menargetkan bisnis menengah yang mencari alternatif dari alat pemasaran yang lebih tua dan kurang efisien.
Berkeley, Amerika Serikat - Conversion adalah startup otomatisasi pemasaran berbasis AI yang didirikan lima tahun lalu oleh dua mahasiswa dropout dari UC Berkeley, Neil Tewari dan James Jiao. Mereka awalnya membuat teknologi ini untuk kebutuhan internal mereka sendiri sebelum menyadari potensi pasarnya.
Sesuatu yang unik dari perjalanan mereka adalah bagaimana minat awal Neil pada kewirausahaan dimulai sejak SMA sampai akhirnya mendapat dukungan dana dari teman keluarga yang percaya pada visi mereka. Ini menjadi titik awal pendanaan awal Rp 32.89 miliar ($2 juta) .
Setelah melakukan ratusan wawancara dengan para eksekutif pemasaran di perusahaan menengah, mereka menemukan bahwa banyak alat pemasaran lama memiliki kekurangan terutama dalam hal fitur otomatisasi tersambung AI. Inilah peluang yang mereka garap.
Conversion mengintegrasikan AI pada produknya sehingga mampu membantu otomatisasi tugas seperti mengelola lead dan mengirim email tindak lanjut yang lebih personal dan efektif. Pendekatan ini diterima sangat baik oleh pelanggan.
Walaupun bersaing dengan perusahaan besar dan startup lain, Conversion berfokus menargetkan bisnis yang sudah memakai alat pemasaran lama. Dengan modal total Rp 493.35 miliar ($30 juta) dan pendapatan mendekati Rp 164.45 miliar ($10 juta) , startup ini menunjukkan potensi besar dalam industri pemasaran digital.
Sumber: https://techcrunch.com/2025/07/30/how-2-uc-berkeley-dropouts-raised-28m-for-their-ai-marketing-automation-startup/
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang menjadi latar belakang pendirian Conversion?A
Conversion didirikan oleh Neil Tewari dan James Jiao setelah mereka menemukan kebutuhan dalam otomatisasi pemasaran saat menggunakan HubSpot.Q
Siapa pendiri Conversion dan apa latar belakang mereka?A
Neil Tewari dan James Jiao adalah dropouts dari UC Berkeley yang memiliki minat kuat dalam kewirausahaan dan teknologi.Q
Bagaimana Conversion memanfaatkan teknologi AI dalam produk mereka?A
Conversion menggunakan teknologi AI untuk mengorganisir prospek, mengotomatisasi email tindak lanjut yang dipersonalisasi, dan meningkatkan efisiensi kerja tim pemasaran.Q
Apa tantangan yang dihadapi Conversion di pasar otomasi pemasaran?A
Tantangan utama adalah bersaing dengan alat otomatisasi pemasaran legacy dan startup AI lainnya di pasar yang sudah padat.Q
Berapa total dana yang berhasil dihimpun oleh Conversion?A
Conversion telah berhasil menghimpun total dana sebesar $30 juta dari putaran seed dan putaran Seri A.