Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Bahaya SUV dan Truk Besar: Ancaman bagi Pejalan Kaki dan Lingkungan
Courtesy of TheVerge
Sains
Kesehatan dan Obat-obatan

Bahaya SUV dan Truk Besar: Ancaman bagi Pejalan Kaki dan Lingkungan

Menyadarkan pembaca tentang bahaya desain kendaraan besar seperti SUV dan truk bagi keselamatan pejalan kaki dan lingkungan, serta mendorong perubahan regulasi untuk mengurangi kecelakaan fatal yang berkaitan dengan kendaraan tersebut.

10 Agt 2025, 21.15 WIB
54 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Pertumbuhan SUV dan truk telah menyebabkan peningkatan kematian pejalan kaki secara signifikan.
  • Desain kendaraan berkontribusi pada tingkat cedera yang lebih tinggi pada pejalan kaki.
  • Regulasi baru diperlukan untuk meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan mengatasi masalah emisi.
Amerika Serikat - Dulu, banyak keluarga di Amerika Serikat menggunakan mobil kecil seperti Volvo 240, Dodge Dart, dan Honda Accord. Namun, tren ini berubah seiring waktu, kendaraan besar seperti SUV dan truk mulai mendominasi pasar mobil di negara tersebut. Saat ini, hampir semua mobil yang dijual adalah SUV atau truk, dan sedan nyaris tidak lagi diproduksi.
Baca juga: Revolusi Desain Mobil Listrik: Dari Kendaraan Tradisional ke Masa Depan Futuristik
Kendaraan besar ini tidak hanya populer tapi juga mengancam keselamatan pejalan kaki. Studi menunjukkan bahwa bentuk dan tinggi kendaraan seperti SUV dan truk meningkatkan risiko cedera serius bahkan kematian, khususnya bagi pejalan kaki yang tertabrak. Ini karena desain bodi kendaraan yang tinggi dan bagian depan yang besar menyebabkan benturan lebih fatal.
Seiring meningkatnya jumlah kendaraan besar, jumlah kematian pejalan kaki di Amerika Serikat juga meningkat signifikan, yaitu sebesar 57 persen antara tahun 2013 hingga 2022. Meskipun teknologi seperti kamera dan pengereman otomatis mulai digunakan, belum ada perubahan signifikan pada desain kendaraan untuk mengurangi risiko ini.
NHTSA (badan keselamatan lalu lintas AS) telah mengajukan proposal aturan baru yang mengharuskan pabrikan menguji kendaraan dengan dummy pejalan kaki guna mengurangi cedera kepala saat tabrakan. Namun, masih ada skeptisisme tentang efektivitas aturan ini dan tantangan regulasi di bawah pemerintah yang sekarang.
Selain masalah keselamatan, lonjakan kendaraan besar juga berdampak buruk pada lingkungan. SUV dan truk menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih banyak dibanding mobil kecil, yang memperburuk pemanasan global. Beberapa negara Eropa dan kota seperti Paris bahkan sudah mengenakan pajak tambahan untuk kendaraan berat demi mengurangi penggunaan kendaraan tersebut.
--------------------
Analisis Kami: Tren kendaraan besar yang semakin dominan sangat berbahaya, baik dari sisi keselamatan maupun lingkungan, karena produsen dan konsumen sama-sama mengabaikan risiko signifikan demi kenyamanan dan keuntungan finansial. Tanpa kebijakan kuat dan kesadaran masyarakat, masalah ini akan semakin memburuk dan sulit diatasi.
--------------------
Analisis Ahli:
David Zipper: Fenomena 'car bloat' adalah kombinasi dari keuntungan pabrikan, preferensi konsumen yang berubah, dan celah dalam regulasi yang mendukung produksi kendaraan besar yang berbahaya.
--------------------
Baca juga: Trump Pertahankan Aturan Pelaporan Kecelakaan Kendaraan Otonom dengan Perubahan Besar
What's Next: Jika regulasi baru tidak segera ditegakkan dan preferensi konsumen terus mengarah pada kendaraan besar, kematian pejalan kaki akan terus meningkat dan dampak negatif terhadap lingkungan akan menjadi lebih parah.
Referensi:
[1] https://theverge.com/the-stepback-newsletter/756967/giant-trucks-suvs-car-bloat

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menyebabkan pergeseran preferensi konsumen dari mobil kecil ke SUV?
A
Pergeseran preferensi konsumen disebabkan oleh rasa aman dan dominasi yang diberikan oleh kendaraan yang lebih tinggi.
Q
Bagaimana desain kendaraan besar mempengaruhi keselamatan pejalan kaki?
A
Desain kendaraan besar, seperti hood yang lebih tinggi dan ujung depan yang tumpul, meningkatkan risiko cedera dan kematian pada pejalan kaki.
Q
Apa yang diusulkan oleh NHTSA untuk meningkatkan keselamatan pejalan kaki?
A
NHTSA mengusulkan regulasi baru yang akan mengharuskan produsen kendaraan untuk menguji dampak kendaraan terhadap pejalan kaki.
Q
Siapa yang mengkritik tren pertumbuhan kendaraan besar dan mengapa?
A
David Zipper mengkritik tren ini karena ia percaya bahwa kendaraan besar berkontribusi pada meningkatnya kematian pejalan kaki.
Q
Apa dampak lingkungan dari pertumbuhan jumlah SUV di jalan?
A
Pertumbuhan SUV akan meningkatkan emisi karbon dioksida secara signifikan, yang berdampak negatif pada lingkungan.

Artikel Serupa

Robotaxi di Persimpangan 20 Tahun Setelah DARPA
Robotaxi di Persimpangan 20 Tahun Setelah DARPA
Dari Forbes
Mengapa IIHS Mengatakan Ukuran yang Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik dalam Hal Keamanan Mobil
Mengapa IIHS Mengatakan Ukuran yang Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik dalam Hal Keamanan Mobil
Dari Forbes
Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)
Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)
Dari Forbes
Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus Mandat
Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus Mandat
Dari Forbes
Laporan: Permintaan Truk Memuncak Sementara Kendaraan Listrik 'Akan Tetap Ada'
Laporan: Permintaan Truk Memuncak Sementara Kendaraan Listrik 'Akan Tetap Ada'
Dari Forbes
KETIKA KENDARAAN DIGUNAKAN SEBAGAI SENJATA
KETIKA KENDARAAN DIGUNAKAN SEBAGAI SENJATA
Dari Forbes
Robotaxi di Persimpangan 20 Tahun Setelah DARPAForbes
Teknologi
6 bulan lalu
106 dibaca

Robotaxi di Persimpangan 20 Tahun Setelah DARPA

Mengapa IIHS Mengatakan Ukuran yang Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik dalam Hal Keamanan MobilForbes
Teknologi
6 bulan lalu
96 dibaca

Mengapa IIHS Mengatakan Ukuran yang Lebih Besar Tidak Selalu Lebih Baik dalam Hal Keamanan Mobil

Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)Forbes
Teknologi
6 bulan lalu
251 dibaca

Bagaimana Menilai Apakah Sebuah Robocar Benar-Benar Baik (Tesla Vs. Waymo)

Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus MandatForbes
Teknologi
6 bulan lalu
130 dibaca

Studi Menunjukkan Pengereman Darurat Otomatis Meningkat Saat Trump Berusaha Menghapus Mandat

Laporan: Permintaan Truk Memuncak Sementara Kendaraan Listrik 'Akan Tetap Ada'Forbes
Teknologi
6 bulan lalu
81 dibaca

Laporan: Permintaan Truk Memuncak Sementara Kendaraan Listrik 'Akan Tetap Ada'

KETIKA KENDARAAN DIGUNAKAN SEBAGAI SENJATAForbes
Sains
7 bulan lalu
136 dibaca

KETIKA KENDARAAN DIGUNAKAN SEBAGAI SENJATA