Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Meta Ganti Metrik “Impressions” ke “Views” di API Page Insights
Courtesy of YahooFinance
Bisnis
Marketing

Meta Ganti Metrik “Impressions” ke “Views” di API Page Insights

Memberikan informasi bahwa Meta mengganti metrik utama di API Page Insights dari 'impressions' dan 'page fans' menjadi 'views', agar pengguna dan pengembang dapat menyesuaikan penggunaan data mereka sesuai dengan standar baru yang lebih konsisten dan relevan.

18 Agt 2025, 23.30 WIB
63 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Meta mengganti metrik utama menjadi 'Views' untuk menyelaraskan data di Facebook dan Instagram.
  • Metrik 'impressions' dan 'page fans' akan dihapus dari Page Insights API.
  • Perubahan ini bertujuan untuk mempermudah perbandingan kinerja konten di antara kedua platform.
global, tidak spesifik lokasi - Meta, perusahaan induk dari Facebook dan Instagram, baru-baru ini mengumumkan perubahan pada sistem pengukuran data yang digunakan untuk mengevaluasi performa konten di platform mereka. Mereka mengganti beberapa metrik lama seperti 'impressions' dan 'page fans' menjadi metrik baru bernama 'views'.
Baca juga: Meta Hapus Targeting Detail, AI Ambil Alih Segalanya untuk Iklan Lebih Efisien
Perubahan ini dilakukan agar data yang tersedia di alat analisis seperti Page Insights API menjadi lebih konsisten dan merefleksikan perilaku pengguna yang terus berubah. Meta berharap metrik 'views' akan menjadi ukuran tunggal untuk semua jenis konten di Facebook dan Instagram.
Metrik 'views' mengukur semua jenis konsumsi konten, sehingga memudahkan pembuat konten dan pengiklan membandingkan performa di kedua platform sekaligus. Sebelumnya, metrik seperti 'plays', 'impressions', dan 'accounts reached' digunakan terpisah, yang terkadang membingungkan.
Implementasi perubahan ini berarti bahwa pengembang aplikasi pihak ketiga harus mengupdate sistem mereka agar tidak mendapatkan error saat mengakses metrik lama di API. Selain itu, dengan berakhirnya dukungan untuk metrik 'page fans', informasi lama ini tidak lagi tersedia.
Perubahan ini sudah diterapkan di platform Meta dan akan segera memengaruhi semua alat analitik yang memakai API tersebut. Para pengguna dan pengembang disarankan untuk menyesuaikan alat mereka agar tetap mendapatkan data performa yang valid berdasarkan metrik 'views'.
--------------------
Analisis Kami: Perpindahan Meta ke metrik 'views' adalah langkah yang logis mengingat kompleksitas data keterlibatan yang selama ini membingungkan bagi pengguna dan pengiklan. Sayangnya, perubahan ini juga dapat menimbulkan kebingungan awal bagi pengembang pihak ketiga yang harus cepat menyesuaikan alat mereka agar tidak kehilangan data penting.
--------------------
Analisis Ahli:
Andrew Hutchinson (Social Media Analyst): Transformasi metrik ini memang penting untuk menyederhanakan data, tapi Meta harus menyediakan dokumentasi dan support yang cukup agar ekosistem pengembang tidak terdampak negatif dalam jangka pendek.
Mari Smith (Facebook Marketing Expert): Fokus pada 'views' memberikan gambaran yang lebih realistis tentang bagaimana audiens berinteraksi dengan konten, sehingga memudahkan pengiklan merancang strategi yang lebih tepat sasaran.
--------------------
Baca juga: Meta Hapus Targeting Detail, Dorong Iklan Otomatis Berbasis AI 2026
What's Next: Ke depannya, alat analisis pihak ketiga dan pelaku pemasaran digital akan lebih fokus pada metrik 'views' sebagai indikator utama performa konten, yang akan menyederhanakan pelaporan dan analisis lintas platform Meta.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/meta-merges-more-data-points-163032467.html

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diumumkan oleh Meta terkait dengan Page Insights API?
A
Meta mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan lebih banyak data ke dalam metrik 'Views' di Page Insights API.
Q
Apa metrik utama yang digunakan Meta untuk Facebook dan Instagram?
A
Metrik utama yang digunakan Meta untuk Facebook dan Instagram adalah 'Views'.
Q
Apa yang terjadi pada metrik 'impressions' dan 'page fans'?
A
Metrik 'impressions' dan 'page fans' akan dihapus dari penggunaan dalam API.
Q
Mengapa Meta beralih ke metrik 'Views'?
A
Meta beralih ke metrik 'Views' untuk menciptakan satu metrik distribusi untuk semua jenis konten.
Q
Bagaimana perubahan ini mempengaruhi alat analitik pihak ketiga?
A
Perubahan ini akan mengakibatkan alat analitik pihak ketiga kehilangan akses ke metrik 'impressions' dan 'page fans', dengan fokus pada 'Views'.

Artikel Serupa

Instagram Perbarui Fitur Insights untuk Bantu Kreator Pahami Audiens Lebih Dalam
Instagram Perbarui Fitur Insights untuk Bantu Kreator Pahami Audiens Lebih Dalam
Dari YahooFinance
Meta Maksimalkan AI untuk Tingkatkan Video dan Konten Asli di Instagram dan Facebook
Meta Maksimalkan AI untuk Tingkatkan Video dan Konten Asli di Instagram dan Facebook
Dari YahooFinance
Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal di Facebook
Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal di Facebook
Dari YahooFinance
Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal dan Spam di Facebook
Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal dan Spam di Facebook
Dari TechCrunch
Meta Ubah Cara Hitung Views Video, Ini Dampaknya bagi Pengelola Media Sosial
Meta Ubah Cara Hitung Views Video, Ini Dampaknya bagi Pengelola Media Sosial
Dari YahooFinance
Meta Dapatkan Akreditasi Keamanan Merek dari MRC, Misinformasi Masih Dikaji
Meta Dapatkan Akreditasi Keamanan Merek dari MRC, Misinformasi Masih Dikaji
Dari YahooFinance
Instagram Perbarui Fitur Insights untuk Bantu Kreator Pahami Audiens Lebih DalamYahooFinance
Bisnis
17 hari lalu
77 dibaca

Instagram Perbarui Fitur Insights untuk Bantu Kreator Pahami Audiens Lebih Dalam

Meta Maksimalkan AI untuk Tingkatkan Video dan Konten Asli di Instagram dan FacebookYahooFinance
Teknologi
17 hari lalu
77 dibaca

Meta Maksimalkan AI untuk Tingkatkan Video dan Konten Asli di Instagram dan Facebook

Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal di FacebookYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
101 dibaca

Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal di Facebook

Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal dan Spam di FacebookTechCrunch
Teknologi
1 bulan lalu
50 dibaca

Meta Perketat Aturan untuk Lawan Konten Tidak Orisinal dan Spam di Facebook

Meta Ubah Cara Hitung Views Video, Ini Dampaknya bagi Pengelola Media SosialYahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
41 dibaca

Meta Ubah Cara Hitung Views Video, Ini Dampaknya bagi Pengelola Media Sosial

Meta Dapatkan Akreditasi Keamanan Merek dari MRC, Misinformasi Masih DikajiYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
77 dibaca

Meta Dapatkan Akreditasi Keamanan Merek dari MRC, Misinformasi Masih Dikaji