Stellantis Ciptakan Baterai IBIS yang Percepat Pengisian dan Hemat Energi EV
Courtesy of InterestingEngineering

Stellantis Ciptakan Baterai IBIS yang Percepat Pengisian dan Hemat Energi EV

Meningkatkan efisiensi energi, mengurangi berat kendaraan, mempercepat waktu pengisian daya baterai, dan memberikan solusi baterai yang lebih mudah diperbaiki serta hemat biaya untuk kendaraan listrik masa depan.

22 Sep 2025, 19.41 WIB
174 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Sistem IBIS menawarkan peningkatan efisiensi energi yang signifikan pada kendaraan listrik.
  • Penghapusan komponen terpisah dalam arsitektur daya listrik membantu mengurangi berat dan meningkatkan efisiensi.
  • Inovasi dalam teknologi baterai dapat menghasilkan kendaraan listrik yang lebih terjangkau dan lebih baik untuk konsumen.
Eropa - Stellantis baru saja mengumumkan prestasi penting dalam peningkatan efisiensi kendaraan listrik dengan baterai terbaru yang disebut IBIS, yang diuji coba pada Peugeot e-3008. Baterai ini mampu meningkatkan jarak tempuh kendaraan hingga lebih dari 300 mil, naik dari sekitar 442.57 km (275 mil) sebelumnya, berkat efisiensi energi yang bertambah hingga 10 persen. Teknologi ini memberikan harapan baru untuk kendaraan listrik yang lebih hemat energi dan praktis.
Baterai IBIS bukan hanya efisien, tapi juga ringan. Sistem baterai ini mampu mengurangi berat kendaraan sebesar 40 kilogram dan mengosongkan ruang sekitar satu kaki kubik yang dapat digunakan untuk keperluan desain kendaraan lainnya. Selain itu, pengisian daya menjadi lebih cepat, sekitar 15 persen lebih singkat dibandingkan teknologi sebelumnya, menjawab kebutuhan pengisian baterai yang efisien dan cepat.
Teknologi IBIS menghilangkan kebutuhan akan hardware charger dan inverter terpisah yang biasa digunakan pada kendaraan listrik. Dengan cara ini, Stellantis bisa mengontrol tegangan dan arus listrik yang masuk dan keluar dari setiap modul baterai secara individual menggunakan perangkat lunak. Metode ini memperkecil kehilangan energi dan memberikan output daya yang lebih baik, bahkan mencapai peningkatan hingga 15 persen.
Pada pengujian di siklus WLTC Eropa, Peugeot e-3008 dengan baterai IBIS menggunakan energi lebih sedikit dan mengurangi waktu pengisian dari 7 jam menjadi 6 jam pada pengisian dengan daya 7 kW. Sistem ini juga memungkinkan modul baterai dapat diganti dengan modul lain yang menggunakan kimia sel berbeda, yang sangat bermanfaat untuk memperpanjang umur baterai dan memudahkan perbaikan.
Ke depan, Stellantis merencanakan penggunaan teknologi ini pada platform STLA Medium yang akan mendukung model Jeep, Chrysler, dan mungkin Dodge. Meskipun teknologi 'cell-to-pack' tanpa modul belum sepenuhnya diuji, perusahaan yakin teknologi ini memiliki potensi besar dan mungkin mulai diproduksi pada akhir dekade ini, membawa revolusi pada kendaraan listrik masa depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/stellantis-intelligent-ev-battery-tech

Analisis Ahli

Ned Curic
"Simplifikasi arsitektur powertrain adalah kunci untuk membuat EV lebih ringan, efisien, dan terjangkau, sehingga akan mempercepat adopsi kendaraan listrik di pasar global."

Analisis Kami

"Pendekatan Stellantis dalam mengintegrasikan modularitas baterai dan kontrol perangkat lunak per modul sungguh inovatif karena memberikan fleksibilitas dalam pemeliharaan sekaligus optimasi performa. Namun, tantangan terbesar adalah memastikan bahwa teknologi ini dapat bersaing secara biaya dengan solusi baterai lain yang berkembang pesat di pasar global."

Prediksi Kami

Teknologi baterai IBIS akan diterapkan pada model kendaraan listrik masa depan Stellantis, termasuk Jeep dan Chrysler, dan akan mulai diproduksi secara massal pada akhir dekade ini, membawa kemajuan signifikan pada efisiensi dan biaya EV.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dimaksud dengan sistem IBIS?
A
IBIS adalah singkatan dari Intelligent Battery Integrated System, yang mengontrol tegangan dari dan ke setiap modul secara individu.
Q
Bagaimana IBIS meningkatkan efisiensi energi pada Peugeot e-3008?
A
IBIS meningkatkan efisiensi energi pada Peugeot e-3008 dengan mengurangi berat kendaraan dan mempercepat waktu pengisian.
Q
Siapa yang memimpin proyek pengembangan IBIS di Stellantis?
A
Proyek pengembangan IBIS dipimpin oleh Ned Curic, Chief Engineering and Technology Officer di Stellantis.
Q
Apa kelebihan dari penghapusan komponen terpisah dalam sistem pengisian dan inverter?
A
Kelebihan dari penghapusan komponen terpisah adalah mengurangi berat kendaraan dan mengurangi kerugian energi.
Q
Kapan produksi sistem IBIS diperkirakan akan dimulai?
A
Produksi sistem IBIS diperkirakan akan dimulai pada akhir dekade ini.