Denny’s Tutup Ratusan Restoran, Fokus Perbaiki Profitabilitas dan Relevansi
Courtesy of YahooFinance

Denny’s Tutup Ratusan Restoran, Fokus Perbaiki Profitabilitas dan Relevansi

Artikel ini bertujuan menjelaskan strategi Denny's dalam menutup restoran yang kurang menguntungkan untuk memperbaiki profitabilitas sekaligus mencoba menjaga relevansi merek di tengah tantangan ekonomi dan persaingan pasar.

29 Okt 2025, 02.47 WIB
258 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Denny's melakukan penutupan lokasi sebagai strategi untuk meningkatkan profitabilitas.
  • Meskipun menghadapi tantangan, Denny's masih mencatatkan pendapatan yang positif.
  • Pemasaran nostalgia digunakan oleh merek untuk menarik pelanggan, namun tidak cukup untuk mempertahankan mereka secara berkelanjutan.
Amerika Serikat - Denny's sedang mengalami penurunan penjualan dan daya saing yang membuat mereka harus menutup puluhan lokasi restoran yang kurang menguntungkan sebagai strategi utama. Penutupan ini bertujuan agar perusahaan bisa lebih fokus pada lokasi dengan performa tinggi sehingga profitabilitas meningkat dan bisnis tetap sehat.
Restoran yang ditutup biasanya memiliki penjualan tahunan di bawah 1,1 juta dolar dan usia operasional sekitar 30 tahun. Meski melakukan penutupan besar-besaran, Denny's masih mencatatkan laba dan menunjukkan adanya pertumbuhan usaha melalui merek Keke's Breakfast Café yang semakin berkembang.
CEO Denny's, Kelli F. Valade, menjelaskan bahwa proses penutupan lokasi dilakukan secara bertahap dan terencana, dengan tujuan jangka panjang mencapai pertumbuhan yang stabil pada tahun 2026 nanti. Penutupan pun sudah menunjukkan hasil positif berupa peningkatan rata-rata penjualan per lokasi yang tersisa.
Selain menutup restoran, Denny's memperbaiki profitabilitas lewat efisiensi biaya, termasuk negosiasi dengan pemasok, perubahan resep, dan perbaikan prosedur operasional. Hal ini diharapkan dapat menjaga margin keuntungan dan membuat bisnis lebih berkelanjutan dalam jangka panjang.
Meski menghadapi tantangan, Denny's juga berniat membuka antara 25 sampai 40 lokasi baru pada tahun 2025, sebagian untuk Denny's dan sebagian untuk Keke's Breakfast Café. Langkah ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya bertahan, tapi juga berupaya berkembang di tengah kondisi pasar yang sulit.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/72-old-diner-chain-closing-194700914.html

Analisis Ahli

Eric Yaverbaum
"Kampanye pemasaran berdasarkan nostalgia bisa memberikan konsumen rasa nyaman di tengah ketidakpastian ekonomi dan sosial, tetapi tidak cukup untuk mempertahankan loyalitas pelanggan tanpa penawaran produk dan nilai yang bagus."

Analisis Kami

"Penutupan lokasi yang dilakukan Denny's merupakan langkah tepat untuk menghilangkan pemborosan sumber daya pada restoran yang kurang kompetitif, yang mana akan memperkuat posisi keuangan keseluruhan perusahaan. Namun, jangka panjang kesuksesan Denny's juga sangat bergantung pada kemampuan mereka berinovasi dan meningkatkan kualitas serta nilai layanan agar tidak hanya mengandalkan nostalgia semata."

Prediksi Kami

Denny's kemungkinan akan terus menutup lokasi-lokasi yang tidak menguntungkan sambil fokus mengembangkan lokasi baru baik untuk Denny's maupun Keke's Breakfast Café, sehingga profitabilitas dan pertumbuhan bisnis akan kembali stabil pada tahun 2026.

Pertanyaan Terkait

Q
Mengapa Denny's menutup beberapa lokasi restorannya?
A
Denny's menutup beberapa lokasi restorannya sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan profitabilitas dengan mengeliminasi restoran yang kurang berkinerja.
Q
Apa dampak dari penutupan lokasi terhadap profitabilitas Denny's?
A
Penutupan lokasi diharapkan dapat meningkatkan kesehatan keseluruhan merek dan mengarah pada pertumbuhan positif di masa depan.
Q
Siapa Eric Yaverbaum dan apa pandangannya tentang pemasaran nostalgia?
A
Eric Yaverbaum adalah CEO Ericho Communications yang menyatakan bahwa pemasaran nostalgia memberikan pelarian bagi konsumen dari ketidakpastian ekonomi.
Q
Berapa banyak lokasi Denny's yang direncanakan untuk ditutup pada tahun 2025?
A
Denny's merencanakan untuk menutup antara 70 hingga 90 lokasi pada tahun 2025.
Q
Apa strategi lain yang digunakan Denny's selain penutupan lokasi?
A
Denny's juga berusaha meningkatkan profitabilitas melalui penghematan biaya makanan dan non-makanan serta perubahan operasional.