
YouTube terus berinovasi untuk membantu para pembuat konten atau kreator video mendapatkan penghasilan lebih banyak. Berbagai fitur baru diumumkan dalam acara Made on YouTube yang bertujuan memudahkan kreator menjual ruang iklan kepada brand dengan cara yang lebih fleksibel dan dinamis.
Salah satu fitur utama memungkinkan kreator menyisipkan iklan merek secara singkat dan bisa diganti-ganti, sehingga mereka dapat menjual slot iklan tersebut kepada berbagai brand di waktu yang berbeda. Fitur ini akan diuji coba mulai awal tahun depan dan diluncurkan secara resmi kemudian.
Selain itu, YouTube mengembangkan teknologi AI yang bisa mendeteksi produk yang ada dalam video menggunakan data gambar, suara, dan konten. Hal ini akan memudahkan pendanaan kreator secara otomatis dari brand atau sponsor yang relevan dengan isi videonya.
Kreator juga dapat mengarahkan penonton langsung ke situs web produk melalui tautan yang terintegrasi di YouTube Shorts, video pendek yang juga semakin populer. Fitur ini akan mulai diuji coba akhir tahun ini dan resmi diluncurkan pada 2026.
Terakhir, penonton bisa membeli merchandise khusus dari kreator favorit melalui fitur yang rencananya akan diuji coba di awal 2026. Ini memberikan kesempatan bagi kreator untuk menambah pendapatan selain iklan dan sponsorship, sekaligus mempererat hubungan dengan fans mereka.