Courtesy of InterestingEngineering
Industri Baterai EV AS Ganda Kapasitas tapi Hadapi Ketidakpastian Kebijakan
25 Feb 2025, 03.14 WIB
141 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Kapasitas produksi baterai di AS hampir dua kali lipat, tetapi ada ketidakpastian terkait permintaan konsumen.
- Perubahan kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi daya saing pabrik baterai domestik.
- Beberapa start-up menghadapi kesulitan dalam membangun pabrik baterai besar, yang dapat memperlambat pertumbuhan industri.
Industri kendaraan listrik (EV) di Amerika Serikat sedang mengalami perkembangan besar dengan sepuluh pabrik baterai baru yang akan dibuka tahun ini. Pabrik-pabrik ini, yang didukung oleh perusahaan besar seperti LG Energy Solution dan Panasonic, akan meningkatkan kapasitas produksi baterai di AS menjadi 421,5 gigawatt-jam per tahun, hampir dua kali lipat dari sebelumnya. Meskipun ada pertumbuhan penjualan EV yang kuat, ketidakpastian kebijakan di bawah pemerintahan Trump dapat mempengaruhi investasi jangka panjang, terutama jika insentif pajak berkurang atau tarif baru diterapkan pada kendaraan dan suku cadang.
Beberapa perusahaan mobil melaporkan peningkatan penjualan EV, tetapi ada kekhawatiran bahwa minat publik terhadap EV bisa menurun jika insentif berkurang dan harga naik. Dua perusahaan rintisan baterai, Kore Power dan Freyr, baru-baru ini membatalkan atau mengubah rencana pabrik mereka di AS. Meskipun ada tantangan, banyak analis percaya bahwa industri baterai di AS sudah berada di jalur yang benar, dan pertumbuhan pesat di masa depan mungkin terjadi jika harga dan stabilitas rantai pasokan terjaga.
--------------------
Analisis Kami: Industri baterai EV di AS tengah berada di titik balik penting yang sangat bergantung pada kepastian kebijakan pemerintah. Tanpa dukungan fiskal yang konsisten dan strategi perdagangan yang mendukung, risiko kegagalan investasi besar bisa meningkat meskipun fasilitas fisik sudah hampir rampung.
--------------------
Analisis Ahli:
Evan Hartley: Momentum pembangunan pabrik baterai sudah kuat dan sulit dihentikan, terutama karena pabrik tersebut berada di negara bagian dengan basis pemilih Republik, sehingga politik lokal melindungi proyek tersebut.
Evelina Stoikou: Kerjasama antara produsen baterai dan automaker mengurangi risiko dengan rantai pasok yang terintegrasi, memberikan kepastian permintaan yang lebih besar dibandingkan startup independen.
--------------------
What's Next: Walaupun kapasitas produksi baterai di AS meningkat pesat, permintaan konsumen EV mungkin tidak tumbuh secepat produksi jika insentif dikurangi dan tarif impor diterapkan, sehingga menimbulkan persaingan harga dan tantangan kelangsungan untuk pabrik baru.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/ev-battery-capacity-double-in-us
[1] https://interestingengineering.com/energy/ev-battery-capacity-double-in-us
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang akan terjadi dengan kapasitas produksi baterai di AS tahun ini?A
Tahun ini, sepuluh pabrik baterai baru akan dibuka, meningkatkan kapasitas produksi menjadi 421,5 gigawatt-jam per tahun.Q
Siapa saja perusahaan besar yang berinvestasi dalam pabrik baterai di AS?A
Perusahaan besar yang berinvestasi termasuk LG Energy Solution, SK On, Panasonic, Ford, Honda, Hyundai, Toyota, dan Stellantis.Q
Apa dampak dari perubahan insentif pajak terhadap permintaan kendaraan listrik?A
Perubahan insentif pajak dapat mengurangi permintaan konsumen untuk kendaraan listrik, yang berisiko bagi produsen baterai.Q
Mengapa beberapa start-up baterai membatalkan rencana pabrik mereka?A
Beberapa start-up seperti Kore Power dan Freyr membatalkan rencana pabrik karena masalah pendanaan dan fokus pada proyek lain.Q
Apa tantangan yang dihadapi oleh industri baterai di AS saat ini?A
Industri baterai di AS menghadapi tantangan terkait kebijakan pemerintah, permintaan konsumen, dan biaya produksi yang mungkin meningkat.