Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Media Sosial Mengubah Cara Konsumen Pilih Produk, Merek Wajib Autentik
Courtesy of Axios
Bisnis
Marketing

Media Sosial Mengubah Cara Konsumen Pilih Produk, Merek Wajib Autentik

13 Mar 2025, 05.08 WIB
28 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Media sosial telah menjadi platform utama bagi konsumen untuk menemukan dan mempercayai produk.
  • Keaslian dan transparansi sangat penting dalam pemasaran produk.
  • Merek harus tetap setia pada nilai-nilai mereka untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
AUSTIN, Texas – Media sosial kini menjadi cara utama bagi konsumen untuk menemukan dan mempercayai produk serta perusahaan. Dalam sebuah acara di SXSW, para pemimpin merek menjelaskan bahwa konsumen, terutama ibu muda, lebih suka mencari informasi di TikTok daripada di mesin pencari seperti Google. Mereka ingin tahu tentang produk yang terbaik, seperti susu formula bayi, dan lebih memilih merek yang mendukung nilai-nilai sosial yang mereka percayai.
Baca juga: Memahami TAM: Cara Pendiri Startup Menghadapi Pasar Yang Ada dan Yang Belum Terlihat
Para pembicara juga menekankan pentingnya keaslian dalam pemasaran. Mereka percaya bahwa setiap merek harus tetap setia pada identitasnya dan tidak hanya mengikuti tren yang ada. Misalnya, Tecovas ingin menjadi merek yang ramah dalam fashion Barat, dan Suntory Global Spirits berusaha menunjukkan transparansi dalam produk mereka, seperti koktail siap minum, agar konsumen tahu apa yang mereka beli.
--------------------
Analisis Kami: Media sosial bukan hanya alat pemasaran tetapi juga arena utama di mana kepercayaan konsumen dibentuk, dan merek yang tidak bisa menyelaraskan pesan mereka dengan nilai yang tulus akan cepat kehilangan relevansi. Autentisitas menjadi mata uang terpenting di era ini, dan kemitraan influencer yang dibuat secara transparan adalah kunci keberhasilan jangka panjang.
--------------------
Analisis Ahli:
Kim Chappell: Kemitraan dengan influencer harus autentik dan sesuai dengan nilai dasar perusahaan untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.
Sami Bernstein Spalter: Penting untuk tetap mengenal diri sendiri dan tidak terjebak mengikuti tren demi menjaga keaslian yang unik sebagai kekuatan utama merek.
Samantha Fodrowski: Membangun merek yang ramah dan inklusif dalam industri yang tradisional dapat menjadi keunggulan kompetitif yang kuat.
Eric Schuetzler: Transparansi produk sangat penting terutama untuk produk yang kompleks seperti ready-to-drink cocktails untuk membangun kepercayaan konsumen.
--------------------
Baca juga: Cara Merek Menarik Perhatian di Pasar Terpolarisasi Melalui Kreator
What's Next: Di masa depan, penggunaan media sosial untuk pemasaran akan menjadi semakin penting, dan merek yang gagal menjaga keaslian serta keterbukaan akan kehilangan kepercayaan konsumen dan pangsa pasar.
Referensi:
[1] https://www.axios.com/2025/03/12/axios-event-consumers-turn-to-social-media-and-influencers-for-product-recommendations

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dikatakan Kim Chappell tentang penggunaan media sosial oleh konsumen?
A
Kim Chappell menyatakan bahwa konsumen, terutama ibu muda, lebih memilih menggunakan TikTok daripada Google untuk mencari informasi tentang produk.
Q
Mengapa penting bagi merek untuk tetap setia pada identitas mereka?
A
Penting bagi merek untuk tetap setia pada identitas mereka agar dapat terhubung dengan pelanggan secara autentik dan tidak hanya mengikuti tren yang ada.
Q
Apa yang dicari konsumen dalam produk siap saji menurut Eric Schuetzler?
A
Menurut Eric Schuetzler, konsumen mencari keaslian dan transparansi tentang bagaimana produk dibuat.
Q
Bagaimana Bobbie memilih influencer untuk bekerja sama?
A
Bobbie hanya bekerja sama dengan influencer yang benar-benar menggunakan produk mereka untuk memastikan keaslian.
Q
Apa yang menjadi fokus utama Tecovas dalam pemasaran mereka?
A
Tecovas berfokus pada menciptakan merek yang ramah dan inklusif dalam industri fashion barat.

Artikel Serupa

Panduan LinkedIn untuk Optimalkan Pemasaran B2B dengan Kreator Influencer
Panduan LinkedIn untuk Optimalkan Pemasaran B2B dengan Kreator Influencer
Dari YahooFinance
Dari Hobi ke Bisnis Besar: Perjalanan Hella Cocktail Co. dan Jomaree Pinkard
Dari Hobi ke Bisnis Besar: Perjalanan Hella Cocktail Co. dan Jomaree Pinkard
Dari YahooFinance
Citarasa Manusia dan Pendidikan STEM Kunci Sukses di Era AI
Citarasa Manusia dan Pendidikan STEM Kunci Sukses di Era AI
Dari YahooFinance
Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada Merek
Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada Merek
Dari YahooFinance
Pat O'Toole Gunakan AI dan Strategi Baru Kembangkan Merek Anak di Unleashed Brands
Pat O'Toole Gunakan AI dan Strategi Baru Kembangkan Merek Anak di Unleashed Brands
Dari YahooFinance
Bagaimana Startup Modern Mengubah Cara Mereka Masuk Bursa Saham
Bagaimana Startup Modern Mengubah Cara Mereka Masuk Bursa Saham
Dari TechCrunch
Jim Koch dan Pelajaran Penting Soal Menjual yang Tak Diajarkan Harvard
Jim Koch dan Pelajaran Penting Soal Menjual yang Tak Diajarkan Harvard
Dari YahooFinance
Panduan LinkedIn untuk Optimalkan Pemasaran B2B dengan Kreator InfluencerYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
93 dibaca

Panduan LinkedIn untuk Optimalkan Pemasaran B2B dengan Kreator Influencer

Dari Hobi ke Bisnis Besar: Perjalanan Hella Cocktail Co. dan Jomaree PinkardYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
111 dibaca

Dari Hobi ke Bisnis Besar: Perjalanan Hella Cocktail Co. dan Jomaree Pinkard

Citarasa Manusia dan Pendidikan STEM Kunci Sukses di Era AIYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
144 dibaca

Citarasa Manusia dan Pendidikan STEM Kunci Sukses di Era AI

Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada MerekYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
54 dibaca

Bagaimana Influencer Mengubah Cara Pelanggan Memilih dan Setia Pada Merek

Pat O'Toole Gunakan AI dan Strategi Baru Kembangkan Merek Anak di Unleashed BrandsYahooFinance
Bisnis
3 bulan lalu
68 dibaca

Pat O'Toole Gunakan AI dan Strategi Baru Kembangkan Merek Anak di Unleashed Brands

Bagaimana Startup Modern Mengubah Cara Mereka Masuk Bursa SahamTechCrunch
Finansial
4 bulan lalu
130 dibaca

Bagaimana Startup Modern Mengubah Cara Mereka Masuk Bursa Saham

Jim Koch dan Pelajaran Penting Soal Menjual yang Tak Diajarkan HarvardYahooFinance
Bisnis
5 bulan lalu
131 dibaca

Jim Koch dan Pelajaran Penting Soal Menjual yang Tak Diajarkan Harvard