Courtesy of Forbes
Alonso Vargas, seorang eksekutif di Flybuy, menjelaskan bahwa menjelang musim liburan, para pengecer harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya inflasi dan perubahan preferensi konsumen, keberhasilan ritel kini ditentukan oleh kemampuan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang luar biasa baik secara digital maupun fisik. Pada tahun 2022, penjualan ritel liburan meningkat 7,6%, dan pada tahun 2023, penjualan ritel liburan naik 3,8%. Banyak pengecer yang berhasil dengan strategi omnichannel, seperti pengiriman di hari yang sama dan layanan ambil di toko, yang membantu mereka menarik lebih banyak pelanggan.
Untuk tetap bersaing, pengecer perlu fokus pada pengalaman pelanggan yang lebih baik, bukan hanya harga. Mereka harus mengintegrasikan saluran online dan offline untuk memberikan kenyamanan dan pilihan kepada konsumen. Dengan memanfaatkan teknologi dan data untuk memahami perilaku pelanggan, serta menawarkan pengalaman berbelanja yang mulus, pengecer dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Musim liburan adalah kesempatan penting bagi pengecer untuk menunjukkan kemampuan mereka beradaptasi dan berkembang dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ada.