Courtesy of SCMP
China Waspadai Keselamatan Setelah Kecelakaan Fatal Mobil Xiaomi SU7 dengan Sistem Level 2
Mendorong produsen mobil untuk meningkatkan desain keselamatan produk dan mengembangkan sistem peringatan yang efektif untuk mengingatkan pengemudi.
22 Apr 2025, 05.30 WIB
113 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Industri EV di Tiongkok sedang dalam periode kritis untuk penerapan sistem bantuan pengemudi.
- Kecelakaan fatal yang melibatkan Xiaomi SU7 menyoroti pentingnya keselamatan dalam teknologi mengemudi mandiri.
- Regulasi ketat dari pemerintah diperlukan untuk mencegah klaim berlebihan tentang kemampuan sistem mengemudi.
Anhui, China - Sebuah organisasi yang mewakili produsen mobil terbesar di China telah mendesak anggotanya untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan menghindari melebih-lebihkan kemampuan sistem navigasi otomatis mereka. Hal ini menyusul kecelakaan fatal yang melibatkan kendaraan listrik Xiaomi SU7 bulan lalu. Organisasi tersebut, bersama dengan China Society of Automotive Engineers, mengeluarkan beberapa inisiatif untuk membimbing produsen mobil dalam menstandarkan promosi dan aplikasi sistem bantuan pengemudi.
Industri kendaraan listrik di China telah berkembang pesat, dan sistem bantuan pengemudi gabungan (otomasi mengemudi level 2) telah memasuki periode kritis aplikasi skala besar. Inisiatif ini bertujuan untuk membangun ekosistem yang sehat dan mempromosikan aplikasi aman produk bantuan pengemudi. Kementerian Industri dan Teknologi Informasi (MIIT) juga mengadakan pertemuan dengan 60 perusahaan untuk memastikan mereka mematuhi peraturan pengembangan teknologi mengemudi otomatis.
MIIT memperingatkan perusahaan untuk tidak melebih-lebihkan peran sistem bantuan pengemudi dan melarang penggunaan istilah seperti 'smart driving' dan 'autonomous driving' dalam promosi sistem mengemudi otomatis yang ada. Di China, sebagian besar sistem mengemudi otomatis yang tersedia diklasifikasikan sebagai level 2 atau L2+, yang mengharuskan pengemudi tetap memegang kemudi setiap saat. Kecelakaan Xiaomi SU7 di Anhui menewaskan tiga orang, dengan sistem bantuan pengemudi aktif pada kecepatan 116 km/jam.
--------------------
Analisis Kami: Kecelakaan tragis ini menyoroti kesenjangan besar antara kemampuan teknologi level 2 dan harapan pengguna yang sering di luar batas sistem tersebut. Produsen perlu lebih bertanggung jawab dalam edukasi dan pengembangan fitur keselamatan agar teknologi ini benar-benar membantu dan tidak membahayakan pengguna.
--------------------
Analisis Ahli:
Prof. Zhang Wei, Ahli Otomotif dan Teknologi Kendaraan Otonom: Penerapan level 2 secara masif tanpa edukasi dan regulasi ketat memang berisiko tinggi. Pemerintah dan industri harus bersama-sama membuat standar yang mendorong pengembangan teknologi dengan fokus utama pada keselamatan, bukan hanya inovasi semu.
--------------------
What's Next: Pemerintah China kemungkinan akan memberlakukan regulasi yang lebih ketat dan standar keselamatan yang lebih jelas serta mendorong inovasi di sistem bantuan pengemudi untuk menghindari kecelakaan serupa di masa depan.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/business/china-evs/article/3307355/chinese-ev-makers-urged-boost-safety-self-driving-systems-after-xiaomi-crash?module=top_story&pgtype=section
[1] https://www.scmp.com/business/china-evs/article/3307355/chinese-ev-makers-urged-boost-safety-self-driving-systems-after-xiaomi-crash?module=top_story&pgtype=section
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang terjadi pada kendaraan Xiaomi SU7 bulan lalu?A
Kendaraan Xiaomi SU7 mengalami kecelakaan fatal yang mengakibatkan tiga orang tewas.Q
Apa yang disarankan oleh CAAM kepada anggotanya?A
CAAM menyarankan anggotanya untuk meningkatkan desain keselamatan produk dan mengembangkan sistem peringatan yang efektif.Q
Apa klasifikasi sistem mengemudi yang tersedia di Tiongkok?A
Sistem mengemudi yang tersedia di Tiongkok sebagian besar diklasifikasikan sebagai level 2 (L2) atau L2+.Q
Mengapa MIIT mengadakan pertemuan dengan perusahaan-perusahaan?A
MIIT mengadakan pertemuan untuk memastikan perusahaan mematuhi regulasi pengembangan teknologi mengemudi mandiri.Q
Apa yang dilarang MIIT dalam promosi sistem mengemudi mandiri?A
MIIT melarang penggunaan istilah seperti 'mengemudi pintar' dan 'mengemudi otonom' dalam promosi sistem yang ada.