Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Trump Pertahankan Aturan Kecelakaan Mobil Otonom, Tesla Dapat Ringanan Laporan
Courtesy of TheVerge
Teknologi
Kendaraan Listrik dan Baterai

Trump Pertahankan Aturan Kecelakaan Mobil Otonom, Tesla Dapat Ringanan Laporan

Menginformasikan tentang perubahan aturan pelaporan kecelakaan kendaraan otonom dan dampaknya terhadap Tesla.

25 Apr 2025, 02.50 WIB
135 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Perubahan peraturan laporan kecelakaan kendaraan otonom dapat menguntungkan Tesla secara signifikan.
  • Regulasi yang lebih longgar dapat mengurangi transparansi mengenai keselamatan kendaraan di jalan.
  • Departemen Transportasi berusaha untuk mendorong inovasi sambil tetap memprioritaskan keselamatan.
San Mateo, California, United States - Departemen transportasi di bawah pemerintahan Trump memutuskan untuk mempertahankan aturan era Biden yang mengharuskan produsen mobil dan perusahaan teknologi melaporkan kecelakaan yang melibatkan kendaraan otonom. Namun, mereka membuat beberapa perubahan yang kemungkinan besar akan berdampak besar pada Tesla. Aturan ini awalnya diterapkan oleh NHTSA pada tahun 2021 dan mengharuskan pelaporan kecelakaan jika sistem pengemudi otomatis digunakan dalam 30 detik sebelum tabrakan.
Baca juga: Tesla Meluncurkan Layanan Robotaxi Tanpa Mobil Otonom, Apa Kata Musk?
Perubahan aturan ini mengurangi kewajiban pelaporan untuk kendaraan dengan sistem pengemudi otomatis Level 2, seperti Tesla Autopilot dan Full Self-Driving. Sekarang, hanya kecelakaan yang melibatkan sistem pengemudi otomatis Level 4 yang harus dilaporkan jika tidak ada kematian atau pengguna jalan yang rentan. Hal ini akan mengurangi jumlah laporan kecelakaan dari Tesla yang tidak melibatkan kematian atau pengguna jalan yang rentan.
Perubahan ini diharapkan dapat mengurangi tekanan pada Tesla dan meningkatkan inovasi dalam teknologi kendaraan otonom. Namun, ini juga berarti kurangnya transparansi publik tentang keandalan kendaraan otonom. Departemen transportasi juga memperluas Program Pengecualian Kendaraan Otonom untuk mencakup kendaraan yang diproduksi di dalam negeri, yang sebelumnya hanya berlaku untuk kendaraan impor.
--------------------
Analisis Kami: Perubahan ini jelas condong menguntungkan Tesla sambil mengorbankan transparansi keselamatan publik yang sangat penting dalam pengawasan teknologi otomotif baru. Langkah ini berisiko melemahkan akuntabilitas produsen kendaraan dalam mengatasi masalah keselamatan yang sejatinya harus menjadi prioritas utama.
--------------------
Analisis Ahli:
Sam Abuelsamid: Revisi aturan akan sangat mengurangi beban pelaporan Tesla, karena sistem mereka berada di Level 2, sehingga hanya kecelakaan yang fatal atau melibatkan pengguna jalan rentan yang harus dilaporkan.
Peter Simshauser: Langkah ini akan mempercepat pengembangan kendaraan otonom dengan menghilangkan proses yang tidak perlu sekaligus tetap menjaga keselamatan sebagai prioritas.
--------------------
Baca juga: Tesla Siap Ekspansi Robotaxi Meski Hadapi Tantangan Hardware dan Regulasi
What's Next: Dengan pelonggaran pelaporan ini, Tesla kemungkinan akan menghadapi lebih sedikit sorotan negatif dan berkurangnya transparansi publik mengenai kecelakaan Autopilot, sementara perusahaan Level 4 seperti Waymo tetap wajib melaporkan seluruh kecelakaan secara ketat.
Referensi:
[1] https://theverge.com/news/655834/trump-tesla-crash-reporting-rule-adas-nhtsa-sgo

Pertanyaan Terkait

Q
Apa perubahan yang dilakukan oleh Departemen Transportasi terkait peraturan laporan kecelakaan kendaraan otonom?
A
Departemen Transportasi memutuskan untuk mempertahankan peraturan laporan kecelakaan tetapi mengubahnya sehingga hanya kecelakaan dengan sistem Level 4 yang perlu dilaporkan.
Q
Mengapa Tesla diuntungkan dengan perubahan peraturan ini?
A
Perubahan ini menguntungkan Tesla karena Autopilot dan Full Self-Driving mereka termasuk dalam sistem Level 2, sehingga banyak laporan kecelakaan yang tidak perlu dilaporkan lagi.
Q
Apa yang dimaksud dengan sistem Level 2 dan Level 4 dalam konteks kendaraan otonom?
A
Sistem Level 2 adalah sistem bantuan pengemudi yang memerlukan perhatian pengemudi, sedangkan Level 4 adalah sistem otonom yang dapat beroperasi tanpa intervensi manusia.
Q
Siapa yang mengeluarkan peraturan Standing General Order (SGO) dan apa tujuannya?
A
Standing General Order (SGO) dikeluarkan oleh NHTSA untuk mengatur laporan kecelakaan kendaraan otonom dan meningkatkan keselamatan di jalan.
Q
Apa dampak dari penghapusan kewajiban laporan untuk kecelakaan yang tidak melibatkan korban jiwa atau pengguna jalan rentan?
A
Penghapusan kewajiban laporan untuk kecelakaan yang tidak melibatkan korban jiwa atau pengguna jalan rentan dapat mengurangi transparansi mengenai keselamatan kendaraan di pasar.

Artikel Serupa

Peluncuran Robotaksi Tesla di Austin Memicu Reaksi Beragam dan Tantangan Industri
Peluncuran Robotaksi Tesla di Austin Memicu Reaksi Beragam dan Tantangan Industri
Dari YahooFinance
Tesla Uji Robotaksi di Austin, Software FSD Malah Langgar Aturan Keselamatan
Tesla Uji Robotaksi di Austin, Software FSD Malah Langgar Aturan Keselamatan
Dari InterestingEngineering
Waymo Tarik 1.200 Robotaksi Karena Kesalahan Software, Masa Depan Mobil Otonom Dipertaruhkan
Waymo Tarik 1.200 Robotaksi Karena Kesalahan Software, Masa Depan Mobil Otonom Dipertaruhkan
Dari InterestingEngineering
Janji Elon Musk soal Tesla Otomatis Menuju Jutaan Mobil Otonom, Tantangan Besar Menanti
Janji Elon Musk soal Tesla Otomatis Menuju Jutaan Mobil Otonom, Tantangan Besar Menanti
Dari TheVerge
Pemecatan Besar di NHTSA oleh Elon Musk Guncang Pengawasan Mobil Swakemudi
Pemecatan Besar di NHTSA oleh Elon Musk Guncang Pengawasan Mobil Swakemudi
Dari TheVerge
Tesla Dapat Izin Awal untuk Luncurkan Robotaksi Otonom di California
Tesla Dapat Izin Awal untuk Luncurkan Robotaksi Otonom di California
Dari Reuters
Peluncuran Robotaksi Tesla di Austin Memicu Reaksi Beragam dan Tantangan IndustriYahooFinance
Teknologi
1 bulan lalu
93 dibaca

Peluncuran Robotaksi Tesla di Austin Memicu Reaksi Beragam dan Tantangan Industri

Tesla Uji Robotaksi di Austin, Software FSD Malah Langgar Aturan KeselamatanInterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
71 dibaca

Tesla Uji Robotaksi di Austin, Software FSD Malah Langgar Aturan Keselamatan

Waymo Tarik 1.200 Robotaksi Karena Kesalahan Software, Masa Depan Mobil Otonom DipertaruhkanInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
61 dibaca

Waymo Tarik 1.200 Robotaksi Karena Kesalahan Software, Masa Depan Mobil Otonom Dipertaruhkan

Janji Elon Musk soal Tesla Otomatis Menuju Jutaan Mobil Otonom, Tantangan Besar MenantiTheVerge
Teknologi
3 bulan lalu
151 dibaca

Janji Elon Musk soal Tesla Otomatis Menuju Jutaan Mobil Otonom, Tantangan Besar Menanti

Pemecatan Besar di NHTSA oleh Elon Musk Guncang Pengawasan Mobil SwakemudiTheVerge
Teknologi
4 bulan lalu
75 dibaca

Pemecatan Besar di NHTSA oleh Elon Musk Guncang Pengawasan Mobil Swakemudi

Tesla Dapat Izin Awal untuk Luncurkan Robotaksi Otonom di CaliforniaReuters
Teknologi
5 bulan lalu
160 dibaca

Tesla Dapat Izin Awal untuk Luncurkan Robotaksi Otonom di California