Telkom Hadirkan Platform Digital OCA untuk Tingkatkan Pelayanan Publik
Courtesy of CNBCIndonesia

Telkom Hadirkan Platform Digital OCA untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Memberikan solusi digital untuk mengoptimalkan pelayanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat melalui platform omnichannel OCA.

30 Apr 2025, 18.21 WIB
177 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • OCA Indonesia merupakan solusi digital yang efektif untuk meningkatkan pelayanan publik.
  • Otomatisasi dan komunikasi digital dapat mempercepat birokrasi dan meningkatkan kepuasan masyarakat.
  • Fitur-fitur OCA seperti chatbot dan notifikasi otomatis membantu instansi pemerintah dalam berinteraksi dengan masyarakat secara lebih efisien.
Jakarta, Indonesia - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui produk OCA Indonesia menciptakan ekosistem digital untuk memberikan pelayanan digital kepada masyarakat. Platform omnichannel OCA dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pelayanan publik melalui sistem komunikasi digital terintegrasi. OCA memberikan solusi bagi instansi pemerintah dalam mengoptimalkan komunikasi dengan masyarakat melalui berbagai kanal.
OCA dilengkapi dengan berbagai fitur solutif yang dapat memaksimalkan pelayanan, seperti OCA Blast untuk mengirim pengumuman penting dan WhatsApp API untuk membangun komunikasi yang lebih personal. Selain itu, solusi CRM OCA Interaction memungkinkan petugas pelayanan publik merespons pertanyaan tanpa harus berpindah-pindah aplikasi, sehingga mempercepat penyelesaian masalah dan meningkatkan efektivitas koordinasi internal.
OCA juga memiliki solusi OCA Chatbot Builder yang membawa efisiensi lebih lengkap dengan menghadirkan layanan 24/7. Dengan cara ini, operasional menjadi lebih efisien, sementara masyarakat bisa mendapatkan layanan yang lebih baik. Otomatisasi layanan turut membantu pemerintah menghemat waktu dan biaya operasional, sekaligus mendukung program keberlanjutan.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250430181447-37-630066/produk-oca-chatbot-builder-bantu-efisiensi-layanan-publik

Analisis Kami

"Adopsi platform digital seperti OCA memang krusial di era kini untuk memangkas birokrasi yang selama ini lambat dan tidak efisien. Dengan fitur otomatisasi dan integrasi kanal komunikasi, pemerintah dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan menghemat sumber daya secara signifikan."

Analisis Ahli

Komang Budi Aryasa
"Kecepatan dan akurasi dalam menyampaikan informasi adalah kunci utama pelayanan yang optimal; solusi digital seperti OCA akan membawa layanan publik menjadi lebih prima dan berkelanjutan."

Prediksi Kami

Digitalisasi pelayanan publik dengan solusi seperti OCA akan terus berkembang dan menjadi standar baru yang meningkatkan efisiensi birokrasi serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Artikel Serupa

Transformasi Digital Telkom: Memanfaatkan AI untuk Layanan dan Bisnis Lebih BaikCNBCIndonesia
Teknologi
25 hari lalu
299 dibaca

Transformasi Digital Telkom: Memanfaatkan AI untuk Layanan dan Bisnis Lebih Baik

Telkom Targetkan Lebih dari 30% Kontribusi Pasar Digital B2B dalam 5 TahunCNBCIndonesia
Teknologi
1 bulan lalu
183 dibaca

Telkom Targetkan Lebih dari 30% Kontribusi Pasar Digital B2B dalam 5 Tahun

Telkom Kembangkan AI untuk Permudah dan Amankan Industri Keuangan IndonesiaCNBCIndonesia
Finansial
2 bulan lalu
143 dibaca

Telkom Kembangkan AI untuk Permudah dan Amankan Industri Keuangan Indonesia

Telkom dan Conversant Kerja Sama Hadirkan Layanan CDN Cepat dan Aman di IndonesiaCNBCIndonesia
Teknologi
2 bulan lalu
29 dibaca

Telkom dan Conversant Kerja Sama Hadirkan Layanan CDN Cepat dan Aman di Indonesia

Antares Eazy dari Telkom: Solusi AI untuk Layanan Publik yang Lebih Efisien dan AmanCNBCIndonesia
Teknologi
4 bulan lalu
96 dibaca

Antares Eazy dari Telkom: Solusi AI untuk Layanan Publik yang Lebih Efisien dan Aman

Telkom Perkuat Stabilitas Jaringan Internet di Papua Barat Daya dengan NetmonkCNBCIndonesia
Teknologi
4 bulan lalu
257 dibaca

Telkom Perkuat Stabilitas Jaringan Internet di Papua Barat Daya dengan Netmonk