Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
Pomodo
TwitterInstagram
Tentang
TeknologiKecerdasan BuatanKendaraan Listrik dan BateraiKeamanan SiberPengembangan SoftwareGadgets dan WearablePermainan Console, PC, Mobile dan VRRobotika
BisnisEkonomi MakroStartup dan KewirausahaanManajemen dan Strategi BisnisMarketing
SainsFisika dan KimiaMatematikaNeurosains and PsikologiKesehatan dan Obat-obatanIklim dan LingkunganAstronomi dan Penjelajahan Luar Angkasa
FinansialMata Uang KriptoInvestasi dan Pasar ModalPerencanaan KeuanganPerbankan dan Layanan KeuanganKebijakan Fiskal
Alibaba dan RedNote Bekerja Sama Bawa Kemudahan Belanja Online Lewat Media Sosial
Courtesy of SCMP
Bisnis
Marketing

Alibaba dan RedNote Bekerja Sama Bawa Kemudahan Belanja Online Lewat Media Sosial

Memperluas jangkauan pasar e-commerce Alibaba dengan memungkinkan pengguna RedNote menemukan dan membeli produk langsung melalui tautan di media sosial.

SCMP
Dari SCMP
07 Mei 2025 pukul 16.01 WIB
10 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kolaborasi antara Alibaba dan RedNote menciptakan jalur yang lebih mulus untuk penemuan dan pembelian produk.
  • RedNote terus memperluas ekosistemnya dengan mengintegrasikan platform lain untuk meningkatkan monetisasi.
  • Pertumbuhan pengguna RedNote menunjukkan potensi besar bagi platform media sosial di pasar e-commerce Tiongkok.
Shanghai, China - Alibaba Group mengembangkan jangkauan Taobao dan Tmall dengan bekerja sama bersama platform media sosial populer di China, RedNote yang juga dikenal sebagai Xiaohongshu atau 'buku merah kecil'.
Baca juga: Alibaba Bangkit dengan Kolaborasi RedNote dan Ekspansi Ritel Instan di China
Kolaborasi ini memungkinkan para penjual di Taobao dan Tmall untuk menyisipkan tautan produk secara langsung di postingan RedNote. Jadi, pengguna RedNote bisa langsung mengklik produk yang mereka lihat dan masuk ke aplikasi Taobao untuk membeli barang tersebut.
Tujuan dari kerjasama ini adalah memberi pengguna proses yang mudah dan tanpa hambatan dari melihat produk hingga menyelesaikan pembelian. Ini juga jadi strategi Alibaba memanfaatkan basis pengguna RedNote yang besar, lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulan pada tahun 2024.
Strategi ini juga menguntungkan RedNote, yang pada awalnya merupakan platform tertutup seperti Instagram, yang kini membuka ekosistem mereka agar terhubung dengan platform lain dan meningkatkan pendapatan melalui jual beli online.
Baca juga: Alibaba dan RedNote Berkolaborasi untuk Mudahkan Belanja Online di China
Selain itu, RedNote mendapatkan perhatian internasional setelah mendapatkan hampir 3 juta pengguna baru dari Amerika Serikat, terutama mereka yang meninggalkan TikTok karena kekhawatiran kebijakan pemerintah AS terhadap aplikasi asal China tersebut.
(Sumber)

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan kolaborasi antara Alibaba dan RedNote?
A
Tujuan kolaborasi antara Alibaba dan RedNote adalah untuk memungkinkan merchant di Taobao dan Tmall untuk menyematkan tautan produk dalam postingan media sosial.
Q
Berapa jumlah pengguna aktif bulanan RedNote pada tahun 2024?
A
Jumlah pengguna aktif bulanan RedNote pada tahun 2024 adalah lebih dari 300 juta.
Q
Apa yang dapat dilakukan pengguna RedNote terkait dengan produk di Taobao dan Tmall?
A
Pengguna RedNote dapat mengetuk tautan produk yang disematkan untuk langsung diarahkan ke aplikasi Taobao untuk membeli barang.
Q
Apa yang mendorong pengguna AS untuk beralih ke RedNote?
A
Pengguna AS beralih ke RedNote karena kekhawatiran tentang masa depan TikTok setelah keputusan Mahkamah Agung AS.
Q
Siapa pemilik aplikasi Douyin dan apa relevansinya dengan artikel ini?
A
Aplikasi Douyin dimiliki oleh ByteDance dan relevansinya dengan artikel ini adalah bahwa ia merupakan pesaing dalam bisnis e-commerce.

Artikel Serupa

Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTok
Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTok
Dari SCMP
China menyetujui terjemahan AI RedNote bersama dengan 5 model lainnya.
China menyetujui terjemahan AI RedNote bersama dengan 5 model lainnya.
Dari SCMP
Risiko RedNote: Apa yang Harus Diketahui Setiap Pengguna Sebelum Mendaftar
Risiko RedNote: Apa yang Harus Diketahui Setiap Pengguna Sebelum Mendaftar
Dari Forbes
JD.com memperkenalkan fitur hadiah setelah Alibaba dan Tencent.
JD.com memperkenalkan fitur hadiah setelah Alibaba dan Tencent.
Dari SCMP
Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Tampaknya Mirip dan Memiliki Masalah yang Sama
Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Tampaknya Mirip dan Memiliki Masalah yang Sama
Dari Forbes
Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Namun Aplikasi Ini Memiliki Masalah Serupa
Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Namun Aplikasi Ini Memiliki Masalah Serupa
Dari Forbes
Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTokSCMP
Bisnis
25 hari lalu
49 dibaca

Lonjakan Popularitas Aplikasi Belanja China di AS Akibat Tarif Baru dan Video TikTok

China menyetujui terjemahan AI RedNote bersama dengan 5 model lainnya.SCMP
Teknologi
2 bulan lalu
113 dibaca

China menyetujui terjemahan AI RedNote bersama dengan 5 model lainnya.

Risiko RedNote: Apa yang Harus Diketahui Setiap Pengguna Sebelum MendaftarForbes
Teknologi
3 bulan lalu
76 dibaca

Risiko RedNote: Apa yang Harus Diketahui Setiap Pengguna Sebelum Mendaftar

JD.com memperkenalkan fitur hadiah setelah Alibaba dan Tencent.SCMP
Bisnis
3 bulan lalu
88 dibaca

JD.com memperkenalkan fitur hadiah setelah Alibaba dan Tencent.

Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Tampaknya Mirip dan Memiliki Masalah yang SamaForbes
Teknologi
3 bulan lalu
164 dibaca

Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Tampaknya Mirip dan Memiliki Masalah yang Sama

Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Namun Aplikasi Ini Memiliki Masalah SerupaForbes
Teknologi
3 bulan lalu
111 dibaca

Pengguna TikTok Beralih ke RedNote – Namun Aplikasi Ini Memiliki Masalah Serupa