Pomodo Logo IconPomodo Logo Icon
Tanya PomodoSemua Artikel
Semua
AI Makin Penting untuk Bisnis Konsumen, Dampak Finansial Baru Terlihat Nanti
Courtesy of YahooFinance
Teknologi
Kecerdasan Buatan

AI Makin Penting untuk Bisnis Konsumen, Dampak Finansial Baru Terlihat Nanti

Menjelaskan bagaimana AI, khususnya generatif AI, mulai menjadi fokus strategis utama dalam sektor konsumen dan bagaimana pengaruhnya saat ini dan di masa depan terhadap operasi, pengalaman pelanggan, serta keuntungan perusahaan.

02 Agt 2025, 00.19 WIB
51 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kecerdasan buatan menjadi bagian inti dari strategi bisnis perusahaan konsumen.
  • Perusahaan besar dengan sumber daya dan data yang lebih baik akan lebih diuntungkan dari adopsi AI.
  • Manfaat finansial dari AI diperkirakan akan mulai terlihat dalam tiga hingga lima tahun mendatang.
Global - AI, khususnya generatif AI, kini menjadi fokus strategis penting dalam bisnis sektor konsumen di seluruh dunia. Perusahaan besar mulai menggunakan AI untuk berbagai fungsi, seperti mempersonalisasi pengalaman belanja dan mengotomatisasi rantai pasok, yang penting untuk bersaing di pasar.
Baca juga: AI Ubah Pasar Kerja: Dari PHK Teknologi ke Kesempatan Baru Bergaji Tinggi
Walaupun sudah banyak perusahaan yang bereksperimen dan menggunakan AI, dampak langsung AI pada keuntungan perusahaan masih belum terlihat signifikan. Laporan UBS memprediksi baru dalam 3 sampai 5 tahun ke depan keuntungan finansial baru akan terasa secara nyata.
Perusahaan-perusahaan besar seperti Walmart, L’Oréal, dan P&G yang memiliki sumber daya dan data yang besar mendapatkan manfaat lebih cepat dari AI. Mereka melaporkan penghematan dan peningkatan efisiensi yang membantu mereka meningkatkan operasi dan layanan pelanggan.
AI juga memengaruhi banyak bidang seperti perencanaan permintaan, pemasaran, penjadwalan logistik, hingga rancangan produk. Meski begitu, perusahaan kecil dan menengah kesulitan mengikuti laju adopsi ini, yang dapat memperlebar kesenjangan dalam industri.
Baca juga: Kenapa Banyak Perusahaan Gagal Raih Untung dari AI Tapi CEO Tetap Optimis
Secara keseluruhan, meski banyak kemajuan, revolusi AI masih dalam tahap awal dan diperkirakan akan membawa perubahan besar sekaligus peluang bagi bisnis sektor konsumen dalam beberapa tahun mendatang.
Sumber: https://finance.yahoo.com/news/ubs-took-sweeping-look-ai-171903998.html

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi fokus utama laporan UBS Evidence Lab tentang AI?
A
Fokus utama laporan UBS Evidence Lab adalah bagaimana AI, terutama AI generatif, menjadi fokus strategis bagi perusahaan konsumen di seluruh dunia.
Q
Mengapa AI dianggap penting bagi perusahaan konsumen?
A
AI dianggap penting karena dapat menjadi pembeda kompetitif dan membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi serta pengalaman pelanggan.
Q
Apa saja contoh penerapan AI yang disebutkan dalam laporan?
A
Contoh penerapan AI termasuk rekomendasi produk di Walmart, optimasi pemasaran di L’Oréal, dan efisiensi logistik di P&G.
Q
Bagaimana dampak AI terhadap struktur tenaga kerja di perusahaan?
A
Dampak AI terhadap struktur tenaga kerja masih awal, dan meskipun ada laporan pemotongan tenaga kerja, bukti konkret masih minim.
Q
Kapan para analis memperkirakan manfaat finansial dari AI akan terlihat?
A
Para analis memperkirakan bahwa manfaat finansial dari AI akan terlihat dalam tiga hingga lima tahun ke depan.

Artikel Serupa

5 poin penting dari HumanX: Inilah cara pembicara kunci berhasil melihat melewati hype industri.
5 poin penting dari HumanX: Inilah cara pembicara kunci berhasil melihat melewati hype industri.
Dari YahooFinance
Apa yang Dapat Dilakukan AI Selanjutnya?
Apa yang Dapat Dilakukan AI Selanjutnya?
Dari Forbes
Mengapa Adopsi AI Perusahaan Akhirnya Mencapai Titik Balik: Panduan untuk Pemimpin Korporat
Mengapa Adopsi AI Perusahaan Akhirnya Mencapai Titik Balik: Panduan untuk Pemimpin Korporat
Dari Forbes
Survei: 68% Eksekutif Berencana Menginvestasikan Hingga Rp 4.11 triliun ($250 Juta)  ke Dalam AI Dalam Setahun Ke Depan
Survei: 68% Eksekutif Berencana Menginvestasikan Hingga Rp 4.11 triliun ($250 Juta) ke Dalam AI Dalam Setahun Ke Depan
Dari Forbes
Survei: 67% Eksekutif Menginvestasikan Rp 4.11 triliun ($250 Juta)  ke Dalam AI untuk Mempercepat Transformasi
Survei: 67% Eksekutif Menginvestasikan Rp 4.11 triliun ($250 Juta) ke Dalam AI untuk Mempercepat Transformasi
Dari Forbes
AI Untuk Era Selanjutnya: Prediksi Untuk 2025 Dan Seterusnya
AI Untuk Era Selanjutnya: Prediksi Untuk 2025 Dan Seterusnya
Dari Forbes
5 poin penting dari HumanX: Inilah cara pembicara kunci berhasil melihat melewati hype industri.YahooFinance
Teknologi
4 bulan lalu
140 dibaca

5 poin penting dari HumanX: Inilah cara pembicara kunci berhasil melihat melewati hype industri.

Apa yang Dapat Dilakukan AI Selanjutnya?Forbes
Teknologi
5 bulan lalu
104 dibaca

Apa yang Dapat Dilakukan AI Selanjutnya?

Mengapa Adopsi AI Perusahaan Akhirnya Mencapai Titik Balik: Panduan untuk Pemimpin KorporatForbes
Teknologi
5 bulan lalu
189 dibaca

Mengapa Adopsi AI Perusahaan Akhirnya Mencapai Titik Balik: Panduan untuk Pemimpin Korporat

Survei: 68% Eksekutif Berencana Menginvestasikan Hingga Rp 4.11 triliun ($250 Juta)  ke Dalam AI Dalam Setahun Ke DepanForbes
Teknologi
6 bulan lalu
135 dibaca

Survei: 68% Eksekutif Berencana Menginvestasikan Hingga Rp 4.11 triliun ($250 Juta) ke Dalam AI Dalam Setahun Ke Depan

Survei: 67% Eksekutif Menginvestasikan Rp 4.11 triliun ($250 Juta)  ke Dalam AI untuk Mempercepat TransformasiForbes
Teknologi
6 bulan lalu
189 dibaca

Survei: 67% Eksekutif Menginvestasikan Rp 4.11 triliun ($250 Juta) ke Dalam AI untuk Mempercepat Transformasi

AI Untuk Era Selanjutnya: Prediksi Untuk 2025 Dan SeterusnyaForbes
Teknologi
6 bulan lalu
227 dibaca

AI Untuk Era Selanjutnya: Prediksi Untuk 2025 Dan Seterusnya