Courtesy of InterestingEngineering
Inovasi Buffer Suara Dongkrak Perjalanan Maglev Super Cepat di China
Menyajikan terobosan inovatif dalam mengatasi ledakan terowongan pada kereta maglev ultra-cepat dengan teknologi buffer penyerap suara, yang dapat memungkinkan perjalanan kereta super cepat lebih ramah lingkungan, nyaman, dan efisien.
07 Agt 2025, 20.23 WIB
26 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Penemuan buffer suara dapat mengurangi gelombang kejut hingga 96%, meningkatkan kenyamanan perjalanan.
- Kereta maglev dapat menjadi alternatif yang lebih cepat dan lebih bersih dibandingkan penerbangan domestik.
- China berusaha untuk mengembangkan jaringan kereta maglev yang lebih luas setelah menunda proyek sebelumnya.
Beijing dan Shanghai, China - China mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi masalah suara keras yang muncul saat kereta maglev berkecepatan tinggi keluar dari terowongan. Gelombang tekanan udara yang dihasilkan oleh kereta melaju dengan kecepatan hingga 600 km/jam ini sering disebut ledakan terowongan, yang mengganggu sekitar dan lingkungan.
Solusi yang dikembangkan adalah memasang buffer sepanjang 100 meter di mulut terowongan yang terbuat dari bahan pori-pori ringan serta lapisan berpori tambahan di dinding terowongan. Teknologi ini mampu menyerap tekanan udara dan mengurangi gelombang suara hingga 96%.
Teknologi ini sudah diuji di laboratorium dan lapangan dengan hasil yang menjanjikan tanpa menambah biaya konstruksi besar. Buffer ini diperkirakan menjadi bagian dari prototipe maglev terbaru China yang dirancang untuk beroperasi pada kecepatan 600 km/jam.
China memimpin dalam perlombaan maglev global, meskipun ada proyek lain seperti di Jepang dan Korea Selatan. Maglev menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat dibanding kereta api konvensional serta potensi pengurangan emisi gas rumah kaca yang signifikan jika menggantikan penerbangan jarak pendek.
Jika teknologi ini berhasil diimplementasikan dan didukung oleh proyek pilot yang disetujui, perjalanan kereta yang lebih cepat, tenang, dan ramah lingkungan dapat menjadi kenyataan dalam beberapa tahun ke depan, mempercepat perubahan besar di sektor transportasi.
--------------------
Analisis Kami: Terobosan ini sangat menjanjikan karena fokus pada masalah praktis yang selama ini menjadi kendala utama maglev berkecepatan sangat tinggi. Jika benar-benar berhasil, teknologi ini tidak hanya mengurangi polusi suara tapi juga dapat mempercepat transisi dunia transportasi menuju solusi yang lebih hijau dan terjangkau.
--------------------
Analisis Ahli:
Dr. Hiroshi Tanaka: Pendekatan China dalam menangani masalah ledakan terowongan dengan material pori adalah inovasi yang dapat menjadi tolok ukur global bagi pengembangan maglev.
Prof. Lin Wei: Buffer suara sepanjang 100 meter adalah langkah penting untuk mewujudkan Maglev 600 km/jam dan membuka peluang investasi dan infrastruktur baru.
--------------------
What's Next: Jika teknologi buffer ini berhasil dalam uji skala besar, maglev berkecepatan ultra tinggi dapat segera diadopsi secara luas di China dan negara lain sehingga mengakselerasi era kereta api super cepat yang lebih bersih dan efisien.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/new-chinese-maglev-silencer
[1] https://interestingengineering.com/transportation/new-chinese-maglev-silencer
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diusulkan oleh peneliti kereta api China untuk mengurangi gelombang kejut?A
Peneliti kereta api China mengusulkan buffer suara sepanjang 100 meter untuk mengurangi gelombang kejut saat kereta maglev keluar dari terowongan.Q
Bagaimana cara kerja buffer suara yang baru dikembangkan?A
Buffer suara bekerja dengan membiarkan udara terperangkap keluar sebelum kereta mencapai portal, mirip dengan baffle dalam peredam suara.Q
Apa kecepatan maksimum kereta maglev yang direncanakan di China?A
Kecepatan maksimum kereta maglev yang direncanakan di China adalah 373 mph (600 km/h).Q
Mengapa China kembali mendorong pengembangan kereta maglev?A
China kembali mendorong pengembangan kereta maglev karena potensi untuk menarik penumpang dari penerbangan domestik dan mengurangi emisi karbon.Q
Apa yang terjadi dengan proyek maglev di Amerika Serikat?A
Proyek maglev di Amerika Serikat dibatalkan oleh Menteri Transportasi Sean Duffy karena perencanaan yang buruk dan penolakan dari masyarakat.