Robot Anjing ANYmal dari Swiss Bisa Bermain Badminton Seperti Anak 7 Tahun
Courtesy of InterestingEngineering

Robot Anjing ANYmal dari Swiss Bisa Bermain Badminton Seperti Anak 7 Tahun

Mengembangkan robot quadruped yang dapat bermain badminton dengan kemampuan serupa anak manusia berumur tujuh tahun, menunjukkan kemajuan robotika dalam interaksi dinamis dan kontrol motorik kompleks sehingga dapat digunakan sebagai sparring partner dalam olahraga dan aplikasi lainnya.

27 Agt 2025, 19.48 WIB
139 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • ANYmal menunjukkan kemampuan robotik yang canggih dalam bermain bulu tangkis.
  • Penggunaan teknologi reinforcement learning memungkinkan robot ini untuk berlatih dan meningkatkan keterampilannya.
  • Versatilitas ANYmal dalam berbagai aplikasi menyoroti potensi masa depan robotika di berbagai bidang.
Zurich, Swiss - Para peneliti di ETH Zurich, Swiss, berhasil mengembangkan robot berkaki empat bernama ANYmal yang bisa bermain badminton seperti anak manusia berusia tujuh tahun. Robot ini dapat melacak shuttlecock dengan kamera khusus, memprediksi arah gerakannya, dan memukul shuttlecock dengan presisi menggunakan raket yang dipegangnya.
ANYmal menggunakan sistem kontrol khusus yang didukung oleh dua kamera dan lengan multi-sumbu untuk memukul shuttlecock tepat saat waktunya. Data dari kamera digunakan untuk menghitung posisi shuttlecock sehingga robot bisa merespon dengan cepat dan akurat.
Teknologi pembelajaran penguatan memungkinkan ANYmal berlatih ribuan kali dalam simulasi digital sebelum bertanding nyata. Dengan latihan virtual ini, robot bisa belajar menyeimbangkan posisi tubuh dan memukul shuttlecock dengan tepat, bahkan saat menghadapi lawan manusia.
Salah satu tantangan terbesar adalah menjaga keseimbangan saat bergerak cepat dan melakukan pukulan, karena sensor tidak cukup untuk mencegah robot terjatuh. Namun, algoritma pembelajaran membuat ANYmal mampu berkoordinasi dengan baik dan tetap stabil saat bermain.
Meskipun awalnya dikembangkan untuk inspeksi industri dan navigasi di medan sulit, kemampuan ANYmal kini digunakan untuk bermain badminton. Dengan harga sekitar USRp 2.47 miliar ($150,000) , robot ini masih belum tersedia secara luas dan lebih cocok untuk fasilitas pelatihan elit dan penelitian robotika canggih.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/innovation/robot-dog-plays-badminton

Analisis Kami

"Penggabungan teknologi pembelajaran penguatan dengan kemampuan mekanik ANYmal membuka era baru dalam robotika yang tidak hanya fokus pada mobilitas tetapi juga interaksi kompleks yang dibutuhkan dalam aktivitas manusia sehari-hari. Walaupun harga masih sangat mahal, peningkatan ini menjadi bukti bahwa batasan robotika semakin mendekati kemampuan manusia dalam hal kecepatan, keseimbangan, dan adaptasi lingkungan."

Analisis Ahli

Dr. Hiroshi Ishiguro
"Pengembangan ANYmal menandai titik penting di mana robot quadruped memasuki ranah interaksi sosial dan olahraga, menggabungkan berbagai disiplin ilmu dari mekanika hingga AI yang membuat robot lebih adaptif dan responsif."
Prof. Daniela Rus
"Kemampuan robot dalam merencanakan dan mengantisipasi pergerakan di lingkungan dinamis seperti badminton menunjukkan tingkat kemajuan luar biasa di bidang pembelajaran mesin dan kontrol robotik yang dapat ditransfer ke aplikasi lain."

Prediksi Kami

Di masa depan, teknologi ini akan berkembang menjadi robot pelatih olahraga yang dapat membantu atlet berlatih dengan ketepatan dan ketahanan tinggi, serta aplikasi robot di lingkungan yang memerlukan respons cepat dan presisi di luar bidang olahraga.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dapat dilakukan robot ANYmal?
A
Robot ANYmal dapat bermain bulu tangkis dengan akurasi seperti anak berusia tujuh tahun.
Q
Bagaimana robot ANYmal melacak shuttlecock?
A
Robot ANYmal melacak shuttlecock menggunakan dua kamera yang memprediksi arah dan trajektori shuttlecock.
Q
Apa itu reinforcement learning dalam konteks robot ini?
A
Reinforcement learning adalah metode yang digunakan ANYmal untuk melatih dirinya dalam lingkungan virtual sebelum bermain di lapangan nyata.
Q
Mengapa keseimbangan penting bagi robot ANYmal saat bermain bulu tangkis?
A
Keseimbangan penting agar robot dapat tetap tegak dan bergerak saat mengejar shuttlecock yang cepat.
Q
Di mana robot ANYmal biasanya digunakan?
A
Robot ANYmal biasanya digunakan di fasilitas pelatihan elit dan laboratorium penelitian.

Artikel Serupa

Robot Berkaki Empat di ETH Zurich Bisa Main Bulutangkis Melawan ManusiaInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
200 dibaca

Robot Berkaki Empat di ETH Zurich Bisa Main Bulutangkis Melawan Manusia

Tenniix: Robot Pelatih Tenis Bertenaga AI Bawa Latihan Jadi Lebih PintarInterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
166 dibaca

Tenniix: Robot Pelatih Tenis Bertenaga AI Bawa Latihan Jadi Lebih Pintar

Robot MIT Cepat dan Presisi, Bisa Main Tenis Meja Seperti ProfesionalInterestingEngineering
Teknologi
4 bulan lalu
127 dibaca

Robot MIT Cepat dan Presisi, Bisa Main Tenis Meja Seperti Profesional

Robot Quadruped Tanpa Motor Mengadopsi Sinergi Gerak Anjing untuk Adaptasi MaksimalInterestingEngineering
Teknologi
5 bulan lalu
300 dibaca

Robot Quadruped Tanpa Motor Mengadopsi Sinergi Gerak Anjing untuk Adaptasi Maksimal

AI ASAP: Robot Humanoid Bisa Tiru Gerakan Atletik Ikonik dengan LincahInterestingEngineering
Teknologi
7 bulan lalu
82 dibaca

AI ASAP: Robot Humanoid Bisa Tiru Gerakan Atletik Ikonik dengan Lincah

Robot Anjing Berkaki Enam Tangguh Tahan Dingin Antartika Bawa Beban BeratInterestingEngineering
Teknologi
7 bulan lalu
224 dibaca

Robot Anjing Berkaki Enam Tangguh Tahan Dingin Antartika Bawa Beban Berat