Polarstern Jerman Dilengkapi Sistem Propulsi Ramah Lingkungan Terbaru untuk Penelitian Kutub
Courtesy of InterestingEngineering

Polarstern Jerman Dilengkapi Sistem Propulsi Ramah Lingkungan Terbaru untuk Penelitian Kutub

Mengembangkan sistem propulsi kapal pemecah es Polarstern yang lebih ramah lingkungan, berteknologi tinggi, dan mampu menjalankan operasi kompleks di kutub sekaligus mengurangi emisi karbon, sebagai langkah maju penting dalam eksplorasi kutub yang berkelanjutan.

17 Sep 2025, 23.18 WIB
276 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Polarstern akan dilengkapi dengan sistem propulsi canggih yang mendukung eksplorasi polar berkelanjutan.
  • Sistem propulsi baru memiliki kemampuan dual-fuel yang mengurangi emisi dan mendukung penggunaan energi hijau.
  • Kolaborasi antara institusi dan perusahaan teknologi meningkatkan inovasi dalam desain kapal penelitian.
Jerman - Kapal pemecah es Jerman, Polarstern, sedang dalam tahap upgrade dengan sistem propulsi generasi terbaru yang sangat canggih. Ini akan membantu kapal untuk melakukan ekspedisi ke Kutub Utara dan Selatan dengan lebih efektif dan ramah lingkungan.
Teknologi barunya mencakup dua unit propulsi azimuth yang dapat berputar 360 derajat dan memiliki propeller besar yang mampu menghasilkan tenaga sangat kuat. Selain itu, ada juga propeller stainless steel lima bilah sebagai pelengkap sistem ini.
Mesin kapal akan menggunakan bahan bakar dual-fuel yang mendukung diesel dan metanol hijau, sehingga mengurangi emisi karbon secara signifikan dan mendukung operasional yang lebih bersih di area sensitif lingkungan kutub.
Untuk mengurangi suara dan polusi partikel, kapal juga dilengkapi sistem filtrasi gas buang modern dan catalytic converter yang memastikan standar emisi terpenuhi sesuai ICES 209, perlindungan penting bagi lingkungan kutub.
Kapal ini juga memiliki baterai onboard yang memungkinkan operasional makin ramah lingkungan dengan cara berjalan tanpa generator selama beberapa jam, menjadikan Polarstern alat penelitian yang sangat inovatif dan berkelanjutan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/germanys-icebreaker-gets-largest-propulsion-system

Analisis Ahli

Maarten Boersma
"Pemilihan sistem propulsi ini adalah tonggak penting yang menjawab tuntutan ketat riset dan perlindungan lingkungan di kutub, mempertegas komitmen Jerman terhadap keberlanjutan penelitian."
Oliver Burkhard
"Investasi dalam teknologi yang dapat diandalkan dan ramah lingkungan akan mengubah cara kapal riset beroperasi, mendorong inovasi lebih jauh dalam bidang maritime engineering."
Yngvar Frodell
"Memastikan kapal memenuhi standar emisi dan akustik sangat penting tidak hanya untuk lingkungan, tapi juga untuk keberhasilan ilmiah tanpa gangguan dari kebisingan mesin."

Analisis Kami

"Pembaruan teknologi pada Polarstern menunjukkan kemajuan nyata dalam menggabungkan kekuatan teknis dengan kesadaran lingkungan, sebuah langkah yang sangat penting bagi masa depan eksplorasi laut kutub. Namun, integrasi teknologi canggih ini harus diimbangi dengan pelatihan kru dan evaluasi kondisi ekstrem polar yang bisa jadi menantang untuk sistem baru tersebut."

Prediksi Kami

Dengan penerapan teknologi propulsi hibrida dual-fuel dan sistem emisi rendah, kapal Polarstern generasi baru akan menjadi pionir dalam riset kutub yang ramah lingkungan dan mungkin memicu adopsi teknologi hijau serupa di kapal-kapal penelitian polar lainnya di masa depan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi tujuan utama dari upgrade sistem propulsi Polarstern?
A
Tujuan utama dari upgrade sistem propulsi Polarstern adalah untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan dalam penjelajahan polar.
Q
Siapa yang mendanai proyek pembaruan Polarstern?
A
Proyek pembaruan Polarstern didanai oleh Kementerian Federal untuk Riset, Teknologi, dan Ruang Angkasa Jerman (BMFTR).
Q
Apa keuntungan dari sistem propulsi azimuth yang baru?
A
Keuntungan dari sistem propulsi azimuth yang baru adalah kemampuan untuk berputar 360 derajat, yang meningkatkan manuverabilitas kapal.
Q
Bagaimana sistem propulsi baru membantu mengurangi jejak karbon kapal?
A
Sistem propulsi baru dirancang untuk menggunakan bahan bakar hijau seperti metanol, yang secara signifikan mengurangi jejak karbon kapal.
Q
Kapan konstruksi dari Polarstern yang baru diharapkan dimulai?
A
Konstruksi dari Polarstern yang baru diharapkan dimulai pada bulan April 2027.